Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam Jenis Domain

Dalam artikel ini akan dijelaskan macam-macam domain secara lengkap namun singkat. Diharapkan setelah membaca artikel ini, Anda lebih memahami apa saja jenis-jenis domain beserta fungsinya. 

  • Domain adalah alamat yang akan membawa seseorang untuk membuka suatu website, landing page atau laman internet. Dalam kasus ini, contoh domain adalah Catatanadi.com.
  • Subdomain adalah suatu domain yang merupakan bagian dari domain lainnya. Biasanya digunakan oleh pemilik website yang punya banyak topik, misalkan bola.kompas.com yang membahas mengenai sepakbola. Jika anda masih menggunakan alamat blogspot, maka sebenarnya domain Anda adalah subdomain dari blogspot. Misal, catatanadiwriter.blogspot.com adalah masih memakai domain blogspot. 
  • TLD atau top level domain adalah ekstensi domain berbayar yang dibeli dari penyedia domain, misal dot com, dot id, dot co dot id dan seterusnya.
  • SLD adalah nama utama dari domain. Dalam kasus blog ini, maka Catatanadi merupakan SLD.
  • Third Level Domain adalah awalan suatu url atau domain, pada umumnya yaitu wwww
  • Country Code Domain, suatu ekstensi yang terkait dengan negara atau wilayah tertentu. Misal dot id untuk Indonesia, dot dw untuk Jerman dan dot jp untuk Jepang. 
jenis-jenis domain
Nama-nama domain


Demikianlah penjelasan singkat namun lengkap tentang nama domain beserta jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat untuk Anda semua, khususnya para pemilik blog ataupun website. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Macam-macam Jenis Domain"

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pilihan Hari Ini