Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Macam-macam Jenis Domain

Dalam artikel ini akan dijelaskan macam-macam domain secara lengkap namun singkat. Diharapkan setelah membaca artikel ini, Anda lebih memahami apa saja jenis-jenis domain beserta fungsinya. 

  • Domain adalah alamat yang akan membawa seseorang untuk membuka suatu website, landing page atau laman internet. Dalam kasus ini, contoh domain adalah Catatanadi.com.
  • Subdomain adalah suatu domain yang merupakan bagian dari domain lainnya. Biasanya digunakan oleh pemilik website yang punya banyak topik, misalkan bola.kompas.com yang membahas mengenai sepakbola. Jika anda masih menggunakan alamat blogspot, maka sebenarnya domain Anda adalah subdomain dari blogspot. Misal, catatanadiwriter.blogspot.com adalah masih memakai domain blogspot. 
  • TLD atau top level domain adalah ekstensi domain berbayar yang dibeli dari penyedia domain, misal dot com, dot id, dot co dot id dan seterusnya.
  • SLD adalah nama utama dari domain. Dalam kasus blog ini, maka Catatanadi merupakan SLD.
  • Third Level Domain adalah awalan suatu url atau domain, pada umumnya yaitu wwww
  • Country Code Domain, suatu ekstensi yang terkait dengan negara atau wilayah tertentu. Misal dot id untuk Indonesia, dot dw untuk Jerman dan dot jp untuk Jepang. 
jenis-jenis domain
Nama-nama domain


Demikianlah penjelasan singkat namun lengkap tentang nama domain beserta jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat untuk Anda semua, khususnya para pemilik blog ataupun website. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Macam-macam Jenis Domain"