Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Popok Sekali Pakai Yang Aman Untuk Bayi

Bayi baru lahir biasanya sangat sering buang air kecil dan besar. Moms mungkin sering kelelahan harus mengganti popok kain setiap saat dan mencucinya. Moms bisa meringankan beban tersebut dengan menggunakan popok bayi baru lahir sekali pakai. Meskipun kulit bayi baru lahir sangat sensitif, tetapi penggunaan popok cukup aman. Moms bisa mencari popok yang aman dengan kriteria berikut:

1.  Bahan lapisan luar popok bayi

Lapisan luar biasanya dilapisi dengan plastik yang terbuat dari film polietilena atau bioplastik. Sementara itu, bagian dalam popok yang bersentuhan dengan kulit terbuat dari polipropilena. Kedua bahan tersebut dianggap aman untuk kulit bayi.

2.  Bahan penyerap pada popok bayi

Popok bayi baru lahir yang bagus memiliki daya serap yang baik. Bagian tengah popok mengandung olahan ampas kayu yang diberi pemutih dan penyerap polimer. Bahan-bahan tersebut memiliki daya serap tinggi.

Akan tetapi, beberapa popok bayi ada yang mengandung senyawa kimia dioksin atau klorin untuk memutihkan ampas kayu. Bahan kimia tersebut sempat menjadi perhatian karena dikhawatirkan dapat menyebabkan kanker.

Meski demikian, kadar senyawa dioksin yang terdapat pada popok bayi umumnya sangat rendah, sehingga dianggap aman untuk bayi.

Popok bayi sekali pakai terbaik
Popok bayi sekali pakai terbaik


3.  Pewarna

Zat pewarna yang digunakan pada popok sekali pakai biasanya terdapat di bagian luar yang ditandai dengan gambar karakter atau kartun. Zat pewarna juga bisa ditemukan pada bagian belakang popok bayi yang elastis.

Zat pewarna yang umumnya digunakan adalah pewarna kimia disperse blue 106, disperse blue 124, disperse yellow 3, dan disperse orange yang aman untuk bayi. Namun, zat pewarna tersebut terkadang bisa memicu reaksi alergi pada bayi, terutama bayi yang memiliki kulit sensitif.

4.  Parfum

Popok sekali pakai ada yang mengandung bahan pewangi atau parfum. Reaksi alergi terhadap bahan pewangi jarang terjadi, namun mungkin saja dialami oleh beberapa bayi yang kulitnya sensitif terhadap parfum.

Sebagai alternatif, Bunda dapat menggunakan popok sekali pakai yang terbukti bebas klorin atau menggunakan kapas organik. Selain itu, Bunda juga bisa memilih popok sekali pakai yang bebas lateks, parfum, dan pewarna.

Moms bisa menggunakan popok yang aman untuk si Kecil dari Merries. Popok Merries telah dipercaya dan menjadi pilihan No.1 para ibu di Jepang. Selain aman, popok Merries tentunya juga aman untuk si Kecil.

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Ciri Popok Sekali Pakai Yang Aman Untuk Bayi"

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pilihan Hari Ini