Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Berdasarkan Beberapa Segi

Sebelum memulai penelitian, ada berbagai hal yang meski dipahami. Salah satunya adalah perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Baik penelitian untuk tugas akhir di S1, S2, atau kebutuhan jurnal, mutlak untuk mengetahui arti dari dua jenis penelitian itu. 

Dengan mengetahui perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif, tentu akan sangat membantu peneliti dalam menentukan metodologi penelitian. Karena antara jenis penelitian dan metodologi penelitian dapat diibaratkan sebagai satu kesatuan yang utuh. 

Materi mengenai jenis penelitian, apakah itu kualitatif ataupun kuantitatif biasanya sudah dimasukkan ke dalam salah satu atau beberapa mata kuliah. 

Meskipun demikian, tetap masih lumayan banyak yang belum benar-benar memahami perbedaan penelitian kuanlitatif dan kuantitatif. Hal ini mungkin karena jumlah SKS yang kurang, atau malah kurangnya minat membaca dan memahami dari mahasiswanya sendiri. 

Dan sampai saat ini, banyak yang masih menafsirkan, penelitian kualitatif adalah penelitian kata-kata, sementara kuantitatif merupakan penelitian yang berputar tentang angka belaka. Tentu tidak sesederhana itu. Maka, untuk mengetahui lebih lanjut terkait perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif, kamu bisa mengikuti penjelasannya berikut ini yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Pengertian Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Secara Garis Besar


penelitian kuantitatif dan kualitatif
penelitian kuantitatif dan kualitatif

Secara sederhana, atau secara garis besar, kita dapat mengatakan, bahwasanya penelitian kualitatif adalah salah satu metode penelitian dengan menekankan aspek pemahaman terhadap sebuah masalah. Sementara kuantitatif merupakan penelitian yang memiliki sifat analisis mendalam, dan memperlihatkan makna dari hasil penelitian itu sendiri.

Pengertian Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Nah, jika belum paham terkait pengertiannya secara umum, tenang saja, karena kamu bisa mencoba memahaminya lagi dengan menggunakan atau mengacu pada pengertian ataupun definisi yang sudah dipaparkan oleh para ahli. Dan salah satu ahlinya adalah Sugiyono. Dimana, ketika sedang membaca skripsi ataupun penelitian, maka kamu akan menemukan nama ‘Sugiyono’ di bagian catatan kaki atau foot note. Karena memang, buku-buku beliau yang terkait dengan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif sangat banyak digunakan sebagai referensi, laku keras di pasaran. Untuk jumlah halamannya sendiri terbilang sangat tebal.

Menurut Sugiyono, metode penelitian kualitatif merupakan metode penelitian dengan berlandaskan oleh filsafat positivisme. Dan bisa dipakai oleh kamu yang akan meneliti kondisi objek yang alamiah. Dan kamu, sebagai peneliti berperan sebagai instrument kunci. Dan penelitian ini bisa dikatakan sebagai penelitian yang tidak membutuhkan ekperimen. Hasilnya akan lebih menekan makna dari generalisasi.

Sementara penelitian kuantitatif merupakan metode yang biasa digunakan untuk meneliti sampel dan juga populasi penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah memanfaatkan instrument penelitian dengan cara random sampling. Teknik dalam menganalisas data bersifat kuantitatif atau dapat diukur, agar dapat menguji hipotesa awal.

Selain menurut Sugiyono, ada juga pendapat dari Creswell yang telah dikutip oleh Gunawan. Bahwa, penelitian kualititatif sifatnya lebih subjektif. Hal ini karena ketika akan melakukan penelitian, kamu sebagai peneliti akan langsung berinteraksi dengan objek penelitian kamu. Dengan menggunakan bahasa yang informal ataupun kalimat yang personal.

Sementara yang kuantitatif adalah penelitian yang sifatnya objektif, kamu dapat memilih apa saja yang akan diteliti dengan menggunakan bahasa yang formal, bersadarkan teori yang ada dan juga kata-kata kuantitatif.

Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Agar lebih jelasnya lagi, kamu dapat memperhatikan perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif berikut ini yang akan kita bagi menjadi beberapa segi. Keduanya tentu tidak akan selamanya berbeda, karena ternyata, masih ada beberapa persamaan ataupun kemirpan antara satu dengan yang lainnya.

Anaslisi Data

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang pertama berasal dari metode analisis data. Jika yang kualittatif, maka kamu dapat menganalisis datanya ketika penelitian tengah berlangsung. Sementara kuantitatif tidak. Kamu tidak akan bisa melakukan analisis data sebelum semua selesai. dalam artian, kamu baru bisa menganalisis jika sudah berada di tahap akhir.

Desain Penelitian

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang kedua ialah desain penelitian. Kuantitatif memiliki desain yang terbilang lebih umum, dinamis, dan juga fleksibel. Hal ini tentu sangat berbeda dengan penelitian kuantitatif yang sifatnya lebih khusus, statis, dan detail. Sehingga, kamu harus sudah menentukan rencana dari awal, ataupun jauh-jauh hari alur penelitiannya, dan tidak bisa diubah.

Pengumpulan Data

Dalam melakukan penelitian, tentu ada berbagai data yang harus kamu kumpulkan. Nah, jika kamu menggunakan kualitatif, maka penelitian yang kamu lakukan akan focus terhadap sesuatu yang tidak dapat kamu ukur dengan hitam putihnya kebenaran, karena kamu akan mengorek benar-benar data yang ada. Sementara yang kuantitatif, kamu dapat mengumpulkan data hanya dengan memberikan kuesioner ataupun tes.

Representasi Data

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif selanjutnya adalah hasil akhir. Hasil akhir dari penelitian kualitatif ialah menemukan fenomena, tak heran jika kemudian hasil dari penelitiannya mengandung banyak deskripsi. Sementara kuantitatif, bentuknya adalah hitungan sistematif, dan hasil hitungan inilah yang nantinya akan dianggap sebagai data terkonfirmasi.

Memandang Fakta

Yang namanya penelitian, tentu ada berbagai fakta yang akan kamu temukan, dan ternyata, ketika menemukan fakta, kedua jenis penelitian memiliki caranya sendiri dalam memandang fakta yang ada. Jika penelitian kualitatif, maka akan memandang fakta sesuai dengan cara penelitinya dalam menginterpretasikan data yang ada. Karena bagaimanapun, ada banyak sekali hal komplek yang memang tidak dapat dijelaskan menggunakna angka. Perasaan misalnya.

Sementara penelitian kuantitatif akan memandang fakta pada objek penelitiannya. Dan sebagai peneliti, kamu ahrus bisa berlaku adil, ataupun netral, tidak memihak manapun.

Implikasi Hasil Penelitian

Setelah melakukan penelitian, tentu, ada dampak yang terjadi. Jika penelitian kamu adalah penelitian kualitatif, maka implikasinya berupa dampak yang dibatasi ataupun terbatas pada kondisi terstentu. Sehingga, dapat kita katakana bahwa hasil penelitian yang kamu dapatkan tidak bisa disimpulkan ke pengaturan lainnya atau penelitian lainnya.

Sementara implikasi dari penelitian kuantitatif ialah teori tertentu, sehingga, bisa digunakan atau bahkan berlaku kapanpun dan kapanpun, karena teori inilah yang nantinya akan digunakan orang lain dalam melakukan penelitian kembali dengan memanfaatkan objek yang bereda.

Jadi, itulah dia perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Tentu, dengan mengetahui perbedaan dari berbagai segi akan lebih mempermudah kamu dalam memahami perbedaan peneltiian kualitatif dan kuantitatifnya. Sehingga, akan memudahkan kamu dalam memilh penelitian, apakah akan mengacu kepada penelitian kualitatif atau ke penelitian kuantitatif.

Kedua jenis penelitian ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Jika kamu sudah mengetahui dan memahami perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif, tentu akan sangat membantu kamu dalam melakukan langkah demi langkah penelitian. 

Adi
Adi Saya adalah seorang penulis dan blogger yang sudah mendalami dunia blog sejak 2010. Saya menulis tentang banyak hal, seperti games, teknologi, filsafat, pendidikan, politik, fashion, olahraga, buku, kuliner, dll. Pernah mengikuti berbagai pelatihan dan kursus dari NGO maupun pemerintah.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Berdasarkan Beberapa Segi"