Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Lulus Kuliah Tepat Waktu

Lulus kuliah tepat waktu adalah idaman banyak mahasiswa meskipun lebih banyak lagi yang gagal melakukannya. 

Dalam artikel ini akan dibagikan tips untus wisuda tepat waktu, baik untuk level S-1, S-2, S-3 maupun Diploma. 

Harus diperhatikan pula bahwa premis atau masalah yang diulas adalah bisa lulus di waktu yang tepat, bukan lulus dengan nilai yang bagus atau dapat banyak pengalaman.

Mengapa memahami premis di atas penting? Karena sering kali seseorang tidak bisa mendapatkan semuanya sekaligus. Untuk bisa benar-benar mencapai tujuan, seseorang harus membuat skala prioritas yang memuat urutan hal yang paling penting yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. Dan dalam skala tersebut, lulus sesuai dengan waktu yang ditentukan ada di urutan pertama. 

Lantas bagaimana atau apa yang harus dilakukan agar nanti bisa cepat lulus dari bangku kuliah? Simak beberapa tips berikut!

1. Fokus Kuliah, Jangan Sambil Bekerja

cara cepat lulus kuliah
cara cepat lulus kuliah

Maaf harus menulis ini tapi jelas ada hal-hal yang perlu diprioritaskan jika ingin segera mendapatkan gelar sarjana. Salah satunya adalah fokus kuliah dan tidak sambil bekerja.

Kenapa ini penting? Mudahnya, kuliah sambil bekerja akan membuat konsentrasi mahasiswa terpecah. Terlebih mereka yang memiliki durasi kerja panjang, tanggung jawab besar dan sulit bertukar shift. Pasti sedikit banyak semua itu akan berpengaruh dalam kuliah. 

2. Hindari Sibuk dalam Organisasi 

jangan sibuk dalam organisasi
jangan sibuk dalam organisasi

Organisasi, entah itu level BEM atau lembaga ekstra kampus tentu menawarkan keuntungan tersendiri, misal jaringan yang luas dan kesempatan mengenal banyak orang. 

Namun, jika memang tujuan utama adalah segera menamatkan pendidikan, sudah sewajibnya untuk tidak terlalu melibatkan diri dalam organisasi.

Ketika anda ikut organisasi tetapi punya prioritas lulus dengan cepat, maka pasti akan ada yang dikorbankan. Bisa jadi tugas Anda di organisasi terbengkalai, atau lebih buruknya, waktu studi Anda di kampus jadi molor. 

3. Cari Circle yang Tepat

cari teman yang tepat di kampus
cari teman yang tepat di kampus

Jennifer Cohen dalam artikelnya di Forbes mengungkapkan denga lugas untuk berteman dengan mereka yang paham cita-cita dan tujuan hidup Anda.

Ini tentu akan sangat penting, setidaknya mereka tidak akan memaksa Anda melakukan banyak hal yang membuat mimpi Anda buyar.

Justru sebaliknya, hindari mereka yang memiliki visi, habit atau mimpi yang berbeda dengan yang Anda miliki. Ini semata-mata hanyalah soal persepsi, dimana setiap orang punya cara pandang yang berbeda. Namun berada di tengah-tengah orang yang mengerti Anda pasti akan sangat membantu.

4. Jangan Terdistraksi dengan Kegiatan Pacaran

pacaran dan kuliah
pacaran dan kuliah

Pacaran juga bisa membuat Anda membuang-buang waktu atau terdistraksi. Terlebih jika Anda memang punya potensi untuk jadi bucin

Untuk itu, nasehat berikut ini harus Anda lakukan: sebisa mungkin hindari berpacaran dengan orang yang tidak mengerti tujuan Anda, khususnya agar bisa cepat lulus. 

5. Tidak Perlu Banyak Drama dengan Dosen

jangan berdebat dengan dosen
jangan berdebat dengan dosen

Hubungan antara mahasisa dan dosen bisa jadi penuh drama yang tidak ada gunanya. Jauhi drama dan tekunilah peran Anda sebagai mahasiswa.

Jika memang ternyata bertemu dosen yang kurang kompeten, tidak bisa mengajar dengan baik, ataupun berpotensi mempersulit Anda, tidak masalah selama Anda bisa tetap dapat nilai B. Jika semua terlalu buruk untuk didiamkan, ganti saja segera mata kuliah di lain waktu dengan yang tidak diampu olehnya.

6. Selalu Dapatkan Nilai B

dapatkan nilai yang baik di kampus
dapatkan nilai yang baik di kampus

Ingat, premis awal dari ini semua adalah lulus dengan cepat, bukan? Jadi lakukan saja. Ikuti semua mata kuliah dan usahakan dapat setidaknya nilai B. 

Tidak perlu A, tapi jangan sampai C. Kenapa? Nilai B itu standard dan Anda tidak perlu mengulang untuk memperbaikinya. 

7. Jangan Tunda Mengerjakan Tugas

kerjakan tugas kuliah tepat waktu
kerjakan tugas kuliah tepat waktu

Ini juga sangat penting. Jangan ambil cuti apalagi menunda mengerjakan tugas dan kewajiban. Lakukan dengan segera, bahkan sebelum deadline pengumpulan. 

Selain itu usahakan untuk mengikuti berbagai program wajib seperti KKN, Praktek Kerja, Magang Wajib, ataupun program lainnya. 

Satu hal lagi adalah skripsi atau tugas akhir. Selesaikan dengan semangat dan konsisten. Jangan mengeluh dan menyerah. Ada banyak sumber yang akan membantu Anda, misal ketika Anda susah mencari daftar judul skripsi yang harus ditulis. Ketahui cara menyelesaikan skripsi dengan cepat

8. Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

jadilah mahasiswa yang sehat fisik dan mental
jadilah mahasiswa yang sehat fisik dan mental

Andaikan kompetisi, maka kuliah dengan visi seperti ini adalah bagai ikut lomba lari. Tujuan Anda adalah mencapai garis finish secepatnya.

Untuk itu, perlu sekali menjaga kesehatan tubuh. Hindari begadang, nongkrong larut malam, pola makan tidak teratur dan lainnya. 

Itulah tips singkat dan lugas yang bisa kamu lakukan. Intinya, setiap orang punya jalan dan cita-citanya sendiri. Tidak perlu ragu jika memang harus fokus untuk lulus lebih cepat, tetapi jangan menghina mereka yang memang hobi berlama-lama kuliah. Mungkin ada hal lain yang ingin mereka dapatkan, misalkan pengalaman yang baik, jaringan yang luas atau karir di organisasi. 

Suka dengan konten di atas? Silahkan bagikan ke media sosial Anda. Jangan lupa untuk menulis pendapat Anda di kolom komentar. Selanjutnya baca juga artikel tentang Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Tips Lulus Kuliah Tepat Waktu"