Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membeli Saham untuk Pemula

Membeli saham bukanlah hal yang sulit dewasa ini. Ada banyak sekali cara dan metode yang bisa dipilih. Salah satu yang termudah dan paling populer adalah dengan menggunakan aplikasi investasi saham. 

Saya sudah terjun ke dunia investasi saham sejak tahun 2017. Awalnya menggunakan jasa sekuritas bank namun kemudian saya memilih membeli saham secara online dengan berbagai pertimbangan.

Sebelum saya menjelaskan cara membeli saham untuk pemula dengan metode yang paling mudah, aman dan tetap punya prospek menguntungkan, ijinkan saya menjelaskan prinsip dasar untuk berinvetasi di instrumen ini sesuai dengan apa yang saya alami dan pelajari.

Prinsip pertama, tidak ada hal yang instan. Saya mengenal orang yang bisa untuk jutaan rupiah dalam sehari melalui metode scalping dan itu memang legal serta sudah umum digunakan. 

Namun metode yang sama bisa membuat orang yang berbeda rugi belasan juta. Bahkan andaikanpun hari ini untung, besok bisa jadi boncos alias nyangkut alias rugi.

Jadi, buang jauh-jauh jadi kaya lewat pasar saham secara instan dan cepat. Kenapa? Karena seperti mayoritas bisnis lainnya, para pemula harus melewati banyak tahapan pembelajaran dan proses tersebut tidak mudah. 

Jadi jika ada yang untung dari investasi saham, bisa jadi memang ia sudah mempelajari dunia stock exchange cukup lama dan telah melewati fase-fase belajar yang cukup panjang.

Prinsip kedua, tidak ada prediksi mutlak. Ini sudah saya amini dan rasakan sendiri dan saya harap pembaca yang budiman yang ingin tahu cara jual beli saham level pemula bisa berhati-hati.

Ingat, tidak ada makan siang gratis. Mungkin Anda punya pikiran seperti ini :

  1. Menyiapkan modal
  2. Mendaftar di sekuritas atau aplikasi jual beli saham
  3. Melihat Youtube, ikut kursus berbayar dan mengikuti saran dari influencer untuk mengetahui saham mana yang layak dibeli hari itu.

Percayalah, saya sudah melakukannya. Saya sudah menjadi subscriber puluhan channel Youtube yang dengan rutin menayangkan video saham mana yang harus dibeli supaya untung. Hasilnya, lebih banyak rugi daripada cuan.

Jadi prinsip kedua, tidak ada prediksi mutlak yang benar-benar bisa menuntun pada margin yang besar. Kalau memang ada orang yang bisa melakukan itu, mereka pasti akan menyimpan untuk diri mereka sendiri.

Ingat, cara untuk jadi kaya di dunia saham, selain menjadi broker juga menjadi influencer yang mendapatkan trafik dari orang-orang seperti Anda. Mereka memonetisasi channel Youtube mereka dan membuat konten yang berpotensi viral atau dilihat banyak orang. 

Prinsip ketiga, gunakan uang dingin. Ada dua istilah di dunia investasi dan pasar modal, yakni uang dingin dan uang panas.

Uang panas adalah dana yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan penting, misal membayar kuliah, angsuran KPR ataupun biaya hidup sehari-hari. Jangan gunakan dana ini untuk investasi.

Uang dingin adalah dana yang memang sengaja dialokasikan bukan untuk kebutuhan mendesak, sehingga cocok dipakai investasi.

Jika sudah memahami tiga prinsip di atas, maka saatnya kita menuju pembahasan selanjutnya, yakni cara membeli saham untuk pemula. Pada umumnya ada tiga cara, yakni melalui online dan offline.

Cara Beli Saham Konvensional

investasi saham untuk pemula
investasi saham untuk pemula

Berikut ini adalah cara membeli saham secara offline tanpa aplikasi. Cara ini umum digunakan sebelum era digital, mungkin sekitar tahun 2015 ke bawah.

  1. Memilih perusahaan sekuritas
  2. Mendatangi kantor cabang perusahaan sekuritas. Biasanya ada yang jadi satu dengan kantor bank tertentu.
  3. Membawa dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP, Kartu Keluarga dan buku rekening.
  4. Mengisi form pengajuan, biasanya terdiri dari identitas dan ahli waris.

Selanjutnya Anda akan terhubung dengan broker saham untuk melakukan jual beli. Aktivitas jual beli ini bisa dilakukan dengan telepon atau yang lainnya. 

Cara Beli Saham Online

Cara di atas sangat ribet dan mulai ditinggalkan. Sekarang semua orang bisa jadi investor di pasar modal hanya dengan aplikasi, gadget dan internet. Tentu saja juga harus menyiapkan modal.

Dengan investasi saham online, Anda bisa melakukan jual beli dengan mudah kapanpun selama bursa dibuka (jam kerja bursa saham adalah Senin - Jumat pukul 9.00-11.30. WIB, dilanjutkan pukul 13.30-14.49 WIB).

Untuk keperluan jual beli saham online, maka Anda harus memilih salah satu platform yang ada. Saya pribadi memilih Ajaib, sebuah platform jual beli saham online yang terpercaya dan memiliki reputasi yang sangat baik. 

cara investasi saham pemula di Ajaib
investasi saham di Ajaib

Jika Anda memang ingin membuka akun di Ajaib, maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu di platformt tersebut. 

Berikut adalah cara membuka Rekening Dana Nasabah (RDN)  untuk keperluan investasi saham di Ajaib.

  1. Unduh aplikasi Ajaib di Playstore
  2. Pilih Daftar
  3. Isi email dan Password
  4. Konfirmasi dengan cara klik tautan yang dikirim ke email
  5. Isi kode referral, yaitu guri515 supaya Anda bisa dapat saham gratis hadiah dari Ajaib.
  6. Isi data diri dan unggah dokumen
Untuk mempersingkat Anda juga bisa langsung klik link berikut : Mendaftar di Ajaib dan Anda akan langsung diarahkan ke form pendaftaran aplikasi Ajaib. 

Jika semau dokumen sudah terunggah dengan benar, maka dalam waktu 1x24 jam Anda sudah punya akun di Ajaib. Paling lama menurut pengalaman saya pribadi adalah 4 hari. Lalu lakukan top up sebagai modal awal. 

Setelah itu segeralah coba dengan cara membeli saham yang paling kecil dengan nominal kecil terlebih dahulu.

Ingatlah bahwa jika Anda memasukkan kode guri515 maka Anda akan mendapatkan saham gratis setelah melakukan pembelian saham untuk pertama kalinya. Jadi jangan lupa menuliskan kodenya. 

Mengapa Berinvestasi di Ajaib?

Ada banyak sekali alasan kenapa saya memilih dan merekomendasikan platform investasi Ajaib untuk Anda sebagai investor pemula. 

  • Ajaib adalah platform legal dan terpercaya, sudah dibawah pengawasan pemerintah.
  • Ajaib digunakan jutaan orang di seluruh Indonesia.
  • Platform Ajaib memiliki performa baik dan jarang terjadi gangguan.
  • Cara pendaftarannya mudah.
  • Ada hadiah saham gratis asalkan menuliskan kode guri515 saat pendaftaran.
  • Interface atau tampilannya menarik dan mudah dipahami.
  • Top up untuk modal investasi mudah.
  • Pencairan dana juga sangat mudah dan cepat.

Itulah alasan kenapa pemula yang baru pertama ingin beraktivitas di pasar saham harus memakai platform Ajaib. Selain itu biaya adminnya sangat kecil. 

fee admin ajaib
biaya admin Ajaib

Dengan segala kelebihan itu, maka Anda harus mencoba platform tersebut. Selanjutnya silahkan pelajari metode dan teknik memilih saham untuk mengetahui kapan harus membeli dan menjual saham yang Anda miliki supaya untung.

Artikel kali ini memang hanya membahas seputar cara membeli saham untuk pemula, baik dengan offline maupun online menggunakan platform Ajaib.

Jika Anda tertarik, di postingan yang lain saya akan mengulas sedikit tentang prinsip dan panduan investasi saham secara lebih mendetail untuk Anda.

Selain itu saya juga akan membuat postingan tentang tutorial menggunakan aplikasi Ajaib dengan terperinci untuk Anda. Intinya jangan ragu berinvestasi dan teruslah belajar. Doa saya untuk kesuksesan Anda. 

Adi
Adi Saya adalah seorang blogger yang sudah menulis di blog sejak 2010. Blog ini terbuka untuk berbagai kerjasama, seperti sewa banner, content placement ataupun review produk.

Posting Komentar untuk "Cara Membeli Saham untuk Pemula"