Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ide Peluang Bisnis yang Evergreen

Berbicara mengenai peluang bisnis, pasti ada banyak hal yang muncul dalam benak kita. Tentu sebelum menentukan mana bidang yang ingin digeluti, seyogyanya perlu untuk melakukan analisa mendalam terkait banyak hal, seperti modal, pangsa pasar, passion hingga keterampilan yang dimiliki.

Tidak bisa dipungkiri bahwa ada dua jenis peluang bisnis, yakni yang bersifat evergreen atau 'tahan lama' serta yang cenderung hanya menjadi trend sesaat.

Peluang bisnis yang cenderung trend sesaat misalnya adalah ternak love bird, menjadi pedagang batu akik, berjualan adenium dan bisnis sejenisnya.

Meski sempat ngetrend serta diminati banyak orang, tetapi kenyataannya hanya hype sesaat saja, lalu kemudian seperti hilang ditelan bumi. Gaungnya sempat nyaring tetapi sepi kembali.

Lalu bagaimana dengan peluang bisnis yang bersifat evergreen? Seperti namanya, bisnis yang satu ini meski juga trend-nya naik turun tetapi tetap bisa bertahan lama. 

Beberapa contoh bisnis jenis ini antara lain adalah sektor riil seperti perumahan, sembako, tambang hingga pertanian. 

Daftar Isi:

Mana Bisnis yang Baik?

Ide Peluang Bisnis yang Evergreen
Ide Peluang Bisnis yang Evergreen

Tentu jika ditanya manakah yang terbaik antara evergreen dan trend sesaat, maka jawabannya berpulang kembali kepada diri kita masing-masing.

Jika kita punya jiwa oportunis dan mampu membaca peluang dengan cermat, maka bisnis yang hype sesaat juga tidak ada salahnya untuk dicoba.

Meski begitu perlu diingat, walau terlihat mampu memberikan keuntungan besar dengan jangka waktu yang sangat pendek, bisnis ini juga beresiko.

Sebaliknya, meski terkesan kuno, tetap bisnis yang konvensional nyatanya juga mampu bertahan dan memberikan hasil yang cukup signifikan, walau terlihat flat.

Beberapa Contoh Peluang Bisnis Evergreen

Sebenarnya ada banyak sekali contoh bisnis konvensional yang tetap bertahan hingga saat ini, seperti antara lain: 

  • Makanan dan minuman.
  • Fashion.
  • Peternakan.
  • Bengkel.
  • Apotek.
  • Properti.

Namun apakah bisnis seperti itu akan terus bertahan? Jawabannya tergantung dari owner masing-masing, apakah mampu beradaptasi, khususnya dengan teknologi.

Para pebisnis harus punya insting yang tajam serta mampu bersikap dinamis. Ide Peluang Bisnis sebagus apapun apabila tidak dirawat dan dieksekusi dengan baik juga akan percuma saja. 

Bagaimana dengan Bisnis Digital?

Tentu salah satu yang sedang naik daun adalah bisnis berbau digital. Namun pada dasarnya, bisnis ini hanyalah kepanjangan tangan dari bisnis konvensional semata.

Contoh Gojek dan Grab yang sebetulnya merupakan evolusi dari bisnis transportasi, namun digabung dengan kecanggihan teknologi berbasis Data Science, aplikasi dan marketing yang luar biasa.

Juga Traveloka, Pegipegi maupun bisnis sejenis yang adalah versi terbaru kekinian dari usaha travel agency

Kesimpulannya, bisnis evergreen bisa saja hancur berkeping-keping apabila tidak dirawat dengan baik. Khususnya dalam era teknologi seperti sekarang ini, mau tidak mau para pemilik usaha harus belajar banyak hal, khususnya e-marketing, branding menggunakan media sosial ataupun berpartner dengan start-up pendukung yang tepat. 

Manfaatkan fitur Grabfood, Shoopeefood ataupun Gofood untuk bisa menjangkau konsumen yang tinggal di tempat yang jauh dari lokasi usaha.

Gunakan juga Google Bisnisku, GMaps ataupun alat pendukung lainnya dari Google untuk bisa memperkenalkan bisnis kepada masyarakat luas. 

Terakhir, manfaatkan pembayaran berbasis dompet digital yang tentu saja hal ini akan mempermudah customer untuk bertransaksi dengan Anda. 

Intinya adalah mengetahui peluang bisnis evergreen yang potensial saja tidak cukup. Harus ada paradigma yang tepat, khususnya dalam menyusun strategi pengembangan bisnis dengan cara memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat dewasa ini. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Ide Peluang Bisnis yang Evergreen"