Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ini 5 Skill Komunikasi untuk Sukses di Tahun 2024

Saya pernah berpikir, apa faktor pembeda utama manusia dengan makhluk lainnya. Jawabannya salah satunya adalah kemampuan berkomunikasi.

Manusia mampu berkomunikasi dengan cara yang jauh lebih kompleks dari hewan terlebih tumbuhan. Bahkan budaya dan peradaban di bangun dengan kemampuan komunikasi ini.

Di tahun 2024, kemampuan berkomunikasi dengan sesama manusia tetap dibutuhkan. Lebih dari itu, ada 5 hal terkait komunikasi yang perlu untuk terus dikembangkan demi mencapai sukses.

skill komunikasi untuk menunjang kesuksesan
skill komunikasi untuk menunjang kesuksesan

1. Menyampaikan Pendapat

Tidak semua orang mampu menyampaikan pendapat dengan baik. Ada orang yang sebenarnya punya poin-poin bagus dalam pendapatnya tetapi gagal untuk mengutarakannya.

Untuk itu sangat penting melatih kemampuan yang satu ini. Kita akan dipandang sebagai orang yang cerdas dan mumpuni ketika mampu mengutarakan dengan baik pesan yang ada dalam pemikiran kita. 

2. Memotivasi

Bagian skill komunikasi yang penting selanjutnya untuk bisa sukses di tahun 2023 adalah kemampuan untuk menjadi motivator bagi orang lain.

Ini memang tidak mudah, karena kita harus bisa melatihnya setiap saat. Lebih dari itu untuk apa benar kita butuh motivator? Jawabannya bisa iya bisa juga tidak, namun jadilah pemberi semangat yang baik melalui pemililhan kata, menjadi suri tauladan di lapangan serta menjaga kredibilitas. 

3. Komunikasi Digital

Dunia serba digital. Maka tak heran bila skill komunikasi digital juga penting, khususnya bagaimana kita menyampaikan sesuatu melalui platform digital agar pesan yang ingin diutarakan bisa didengar dengan baik oleh mereka yang kita maksudkan. 

4. Mendengar dan Memahami Masalah

Berkomunikasi bukan hanya sekedar berbicara, tetapi juga mendengar. Ketika seseorang menyampaikan keluhan, pertanyaan atau kritik, kita diuji untuk bisa menelisik, apa latar belakang dari itu semua. Lebih tegas lagi, apa masalah sebenarnya.

Memang khusus untuk yang ini, bukan hanya terkait dengan masalah komunikasi semata, tetapi juga analisa dan logika yang berujung pada skill problem solving.

Namun untuk menentukan langkah apa yang perlu diambil, kita wajib mengetahui apa akar masalah sebenarnya dan itu semua dimulai dari mendengar. 

5. Melakukan Persuasi Positif

Ini tidak mudah. Bukan semata pemilihan kata, tetapi kemampuan untuk bisa mengajak seseorang melakukan sesuatu agar berjalan dengan baik juga didasari beberapa faktor penting lainnya.

Pernahkan kita melihat seorang bos dengan lantang menyuruh anak buahnya melakukan sesuatu. Perintah itu mungkin dikerjakan tetapi dengan ogah-ogahan.

Berhenti untuk memposisikan diri sebagai seorang atasan yang otoriter, cobalah dalam memberi arahan, melakukannya dengan bahasa asertif termasuk disertai alasan kenapa orang harus melakukan hal itu.

Ketika manusia sadar bahwa dengan melakukan sesuatu dirinya juga diuntungkan, dibantu atau dibimbing, mereka akan melakukannya dengan jauh lebih ikhlas. 

Itulah uraian singkat lima skill komunikasi untuk membantu kita agar lebih sukses lagi ke depannya, khususnya di tahun 2024 nanti. Semoga Tuhan selalu menyertai Anda!

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

11 komentar untuk "Ini 5 Skill Komunikasi untuk Sukses di Tahun 2024"

  1. Tips yang menarik. Yang jelas jika orang yang berbicara ini terbiasa banyak membaca dan menonton, biasanya kosa katanya lebih banyak dan itu juga jadi nilai plus dalam berkomunikasi. Apalagi kalau banyak mengikuti isu-isu sosial yang berkembang. Gak asbun alias asal bunyi. Obrolan juga lebih berbobot :)

    BalasHapus
  2. Skill Komunikasi ini pada dasarnya harus punya skill baca yang baik dan skil pendengar yang baik supaya nanti kan bisa memilih diksi kata yang masuk akal dan enak didengar tanpa menjatuhkan pihak atau orang di luar dirinya. Baru deh jadi komunikator sukses. Tapi kadang orang sebagian besar baru punya skill baca saja udah berani omong setinggi gunung akhirnya pening yang denger wkwkw

    BalasHapus
  3. Menarik sekali pembahasannya. Kadang kita bisa terapkan cara berkomunikasi dengan baik pada orang asing, tapi sama keluarga malah susah. Kenapa, ya?

    BalasHapus
  4. Komunikasi Digital memang bakal diprediksi banyak pihak menjadi keunggulan di tahun depan. Mungkin karena sekarang jamannya sudah serba digitalisasi ya... Jadinya komunikasi digital sudah akan jadi kebutuhan lagi nantinya

    BalasHapus
  5. Kayanya harus memasukkan matpel komunikasi di sekolah2 ya?
    Karena penting banget skill komunikasi, baik sebagai pemimpin maupun sebagai anak buah/karyawan

    BalasHapus
  6. Skill komunikasi adalah salah satu skill yang sangat penting untuk dimiliki ya kak
    Apapun bidangnya, pasti butuh skill komunikasi yang baik

    BalasHapus
  7. Komunikasi memang menjadi akar dari semua interaksi yang kita lakukan yaa..
    Semua bisa jadi bertambah baik atau buruk, bener-bener kudu diasah dan semoga ketika kita berada di posisi yang di atas, bisa membimbing serta memberi arahan yang baik untuk junior.

    BalasHapus
  8. Komunikasi digital ini bis jadi rutinitas nih terlebih buat yang bekerjanya di bidang digital, sehingga perlu terus diasah dan pemahaman yang lebih

    BalasHapus
  9. Komunikasi ini krusial banget. Miris membaca banyak keluhan di linimasa media sosial tentang adik-adik kita, Gen Z, yang kemampuan komunikasi interpersonalnya sangat kurang. Selain perlu menyampaikan pesan dengan benar, kita juga bisa tetap memosisikan diri kita dan lawan bicara kita.

    BalasHapus
  10. Terima kasih tips nya kak, emang komunikasi digital penting banget yah, didukung dengan sklil digital yang mumpuni, apalagi sekarang di dunia serba digital. bagaimana kita menyampaikan sesuatu melalui platform digital agar pesan yang ingin diutarakan bisa didengar dengan baik yah kak

    BalasHapus
  11. Komunikasi emang sangat penting untuk membangun hubungan dengan orang lain ya. Orang yang bisa berkomunikasi dengan baik sesuai situasi dan kondisi, menyampaikan ide, baik lisan maupun digital, akan mendapat kesempatan lebih bagus dalam menjalankan karir, pertemanan, percintaan, bisnis, dll, daripada yang tidak.

    BalasHapus