Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sinopsis Lengkap (Spoiler Alert) Film Korea Parasite 2019

Sebenarnya saya mau bikin sinopsis panjang mendekati full spoiler tentang film berjudul Save Me 2, yang bisa dibilang tidak ada hubungannya dengan versi yang pertama, Save Me 2017. Namun saya tersadar ada satu film hebat yang belum saya review, yaitu Parasite 2019.

Bagi saya ini adalah salah satu film korea terbaik hingga detik ini. Wajar saya ngomong seperti itu karena nyatanya karya besutan maha guru dibidang sinema, Bong Joon Ho itu mendulan 4 piala Oscar di tahun 2020. 

Jadi rasa-rasanya ga dosa kalau saya skip mereview Save Me 2 dan menggantinya sekarang dengan review lengkap dan sinopsis Film Parasite 2019.

Film Parasite 2019 menceritakan tentang stigma mengenai kemiskinan ekstrim yang mengerikan, yang membuat orang yang mengalaminya tega melakukan tindakan keji demi lolos dari lumpur penderitaan.

Ada kesadisan, keluguan, trik licik hingga tindakan tega di luar nurani yang dipertontonkan, membuktikan bahwa manusia bisa menjadi malaikat yang baik hati atau iblis tanpa belas kasih.

sinopsis film Korea Parasite (2019)
sinopsis film Korea Parasite (2019)

Sinopsis Lengkap Film Parasite 2019

Inti dari cerita film Parasite adalah upaya Kim Ki-woo dan keluarga untuk menguasai harta milik keluarga Park yang sudah berbaik hati mempekerjakan mereka. 

Kim Ki-woo adalah remaja dari keluarga sangat miskin yang layak dapat KIP, jamkesmas serta bantuan beras jatah bulanan dari pemerintah. Kerjaan mereka adalah melipat kardus kotak pizza.

Suatu saat, Ki-woo kedatangan temannya Min-hyuk yang memintanya menjadi guru les dari Park Da-hye, murid lesnya yang justru digebet.

Biadabnya, Ki-woo malah berhasil mengembat si gadis lugu dan mendapatkan banyak keuntungan dari hubungan ini.

Tuan dan Nyonya Park juga begitu tololnya mempercayai Ki-woo merawat puteri mereka padahal Ki-woo memalsukan sertifikat diplomanya agar bisa diakui dan layak menjadi guru les putri keluarga kaya raya ini.

Ki-woo lalu memperdaya Nyonya Park untuk mempercayakan Da-song, adik Da-hye, agar diajari oleh Kim Ki-jung yang dengan tanpa ragu-ragu ngaku sebagai seorang terapis anak.

Da-song menggambar sosok aneh yang disebutnya hantu. Ini nanti ada hubungannya dengan cerita selanjutnya. Oleh Ki-jung, yang tak lain adalah adik Ki-woo, Da-song dianggap menderita schizophrenia dan meminta bayaran tinggi untuk jasanya jika mereka ingin memintanya mengajari Da-song. 

Setelah dua bersaudara itu berhasil menyusup ke rumah Park, mereka berniat menginfeksi keluarga itu lebih dalam lagi.

Kali ini mereka menyingkirkan sopir keluarga Park yang setia. Ki-woo lalu memasukkan ayahnya, Kim Ki-taek sebagai sopir pribadi. 

Tidak berhenti sampai situ, keluarga tak tahu malu ini juga kemudian menyingkirkan Moon Gwang, seorang pembantu keluarga tersebut dan memasukkan ibu mereka, Nyonya Kim sebagai pembantu baru.

Masalah mulai timbul saat keluarga Park berniat pergi berkemah ke luar kota. Mereka awalnya menguasai rumah tersebut dan berfoya-foya dengan harta Tuan Park. Tapi Moon Gwang masuk ke rumah tersebut dan mengatakan jika selama ini dirinya punya rahasia.

Ya, ia menyembunyikan suaminya di ruang bawah tanah keluarga tersebut dan memberinya makan secara rutin. Itulah hantu yang dilihat oleh Do-song. Jadi hipotesa terapis abal-abal dari Ki-jung jelas ngawur.

Terjadi perkelahian dan Moon Gwang berserta suaminya berhasil disekap oleh Ki-woo. Sayangnya, keluarga Park kembali. Mereka kemudian bersembunyi. Keluarga Kim mendengar bahwa Tuan dan Nyonya Park ngerasani mereka. Kuping kaum miskin yang sensitif ini tentu saja baper. Sejak saat itu ada niat berbuat jahat pada keluarga ini. 

Pada saat tuan Park merayakan ulang tahun Da-song, ada keributan. Moon Gwang meninggal. Suaminya berhasil lolos dan berencana membunuh orang-orang. Ki-taek juga melampiaskan dendamnya dengan membunuh Nyonya Park. Ki-jung, suami Moon Gwang, Nyonya Park meninggal dalam peristiwa itu. 

Kim Ki-taek tidak tertangkap. Ia terus bersembunyi di rumah itu hingga pemilik baru, yakni orang-orang asing dari Jerman datang dan tinggal di sana. 

Pemain Film Parasite 2019

  • Song Kang-ho as Kim Ki-taek.
  • Lee Sun-kyun as Park Dong-ik
  • Cho Yeo-jeong as Choi Yeon-gyo (Madame; 최연교; Choe Yeongyo), the mother of the Park family.
  • Choi Woo-shik as Kim Ki-woo.
  • Park So-dam as Kim Ki-jung.
  • Jang Hye-jin as Chung-sook.
  • Lee Jung-eun as Gook Moon-gwang.
  • Park Myung-hoon as Oh Geun-sae.
  • Jung Ji-so as Park Da-hye.
  • Jung Hyeon-jun as Park Da-song.
  • Park Keun-rok as Yoon (윤; Yun).
  • Park Seo-joon as Min-hyuk.
  • Jung Yi-seo as Pizza parlour owner.

Membedah Film Parasite 2019

Film Parasite mempertontonkan perbedaan yang cukup mencolok antara kaum proletar yang menderita di bawah tekanan hidup dan orang-orang kaya yang hidup enak.

Park tidak mau susah-susah mikir siapa itu Ki-woo karena bagi mereka, hal itu tidak penting. Ki-woo adalah rekomendasi Min-hyuk, seseorang yang sudah mereka kenal. Di sini koneksi memainkan peranan penting, mengajarkan kita bahwa kecerdasan dan ijasah tidak berguna jika lawanmu punya orang dalam.

Loyalitas Ki-woo pada keluarganya juga menunjukkan bahwa kaum miskin punya rasa kekeluargaan yang tinggi yang membuat mereka saling menghargai dalam upaya naik kelas, memanjat ke tangga-tangga kehidupan untuk pindah kuadran.

Namun keluarga Kim juga menunjukkan bahwa siapapun bisa berkhianat, termasuk mereka yang sudah mendapatkan rejeki dari orang yang mereka khianati. Di sini watak manusia apa adanya dipertontonkan tanpa repot-repot memilah siapa antagonis, siapa protagonis.

Pada akhirnya mari melakukan dua hal: 

  • Pertama, menyadari, seperti quotes dalam film Parasite, bahwa hiduplah tanpa mematikan kehidupan orang lain atau kau juga akan mengalaminya.
  • Kedua, rajin-rajinlah membaca konten dari Blog Catatan Adi agar terus membuat postingan bermutu yang bisa kami nikmati.

Oke, itu dia alur film dan sinopsis dari Parasite 2019. Sekarang baca juga alur film korea The Vanished

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Sinopsis Lengkap (Spoiler Alert) Film Korea Parasite 2019"