Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Vixion NVL Boros Oli - Kok Bisa?

Ngeri, ini baru horor yang sebenarnya. Bahwasannya Yamaha Vixion generasi NVL alias 1PA boros oli saya rasakan dengan nyata.

Kasus bermula saat abang mekanik selalu mengeluh oli saya tinggal sedikit ketiga akan diganti, padahal saya rutin.

Tiga kali ganti oli terakhir, saya lakukan sendiri dan memang benar. Kuantitas oli yang ada di mesin berkurang drastis menjadi sekitar 15-20% saja dari total 1 liter. 

Padahal jarak tempuh kurang dari 1000 km yang mana normalnya ganti oli adalah 1500 km - 2000 km. Persoalan ini ternyata juga dialami banyak sekali rider Yamaha Vixion NVL.

Akhirnya setelah tahu kejadian ini, saya bertekad sebelum habis 500km akan langsung ganti. Sayang banget kalau merembet ke seker, pengapian ataupun kampas kopling. Harga suku cadang Vixion, khususnya ori, mahal.

Oli Vixion cepat habis
Oli Vixion cepat habis

Dugaan Sementara Vixion Boros Oli

Ada beberapa faktor yang saya duga menjadi penyebab oli cepat habis. Pertama, mesin panas. Ini karena ketika saya cek seal dan tutup oli, semuanya aman. Tapi mesin memang sering panas. Hal serupa juga saya dapatkan dari curhatan ataupun penjelasan beberapa pihak terkait hal ini di internet.

Anehnya saya bukan tipe yang suka geber motor atau ugal-ugalan di jalan. Tetapi memang diakui jalanan di tempat saya super macet, sehingga terpaksa main kopling + gas dan rasa-rasanya mesin cepet banget panas.

Inilah salah satu kekurangan Yamaha Vixion, terlebih generasi NVL, yakni mesin mudah panas. Tapi mau bagaimana lagi, masak orang-orang saya suruh minggir untuk kasih saya jalan dengan alasan motor kepanasan? 

Dugaan kedua, bisa jadi memang ini takdir yang harus dialami oleh para pemilik Yamaha 1PA yang memang keren secara tampilan tetapi boros oli.

Sudah sejak lama, saya turunkan standard, ganti oli tiap 1000km. Sekarang lagi-lagi harus melakukan hal serupa, yakni menurunkan standard ganti oli tiap capai 500 km.

Faktor Vixion Mulai Ditinggalkan

Kabar beredar, entah masih desas-desus atau sudah pasti, merk Vixion akan segera disuntik mati alias tidak lagi dijual. Entah kalah saing dengan matic atau CBR, tetapi bisa jadi juga kondisi motor yang haus oli menjadi pertimbangan masyarakat yang ingin membelinya.

Seperti diketahui, fungsi oli dalam mesin sangat penting. Jika oli cepat habis dan pengendara tidak merasakannya, maka permasalahan akan menjalar ke bagian lain yang cukup menguras isi kantong. Mulai dari gir-gir dalam mesin yang baret, kampas cepat aus hingga knalpot mengeluarkan asap putih.

Mau tidak mau ini memaksa saya untuk kerja lebih keras dan menabung supaya bisa membeli satu motor lagi sebagai pendamping si hitam Vixion kesayangan. Atau malah terpaksa akan menjualnya. Kira-kira berapa ya pasaran Yamaha Vixion NVL sekarang? 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Vixion NVL Boros Oli - Kok Bisa?"