9 Cara Menjadi Lebih Kreatif



Hello guys, what’s up!

Banyak orang mengira kreatifitas adalah sebuah hadiah. Sebuah anugerah yang turun dari langit. Is it true? Big no! Itu semua salah besar. Lalu bagaimana cara menjadi kreatif?

Orang-orang kreatif sebenarnya sama seperti kita semua. Mereka lahir, makan, bernafas, boker,  dan bergerak sama seperti orang pada umumnya. Tidak ada gen yang membedakan antara orang kreatif dan tidak. Faktornya hanya satu: cara mereka menghadapi masalah!

A Creativity comes as a solution in a hard situation!

Kreatifitas adalah hasil dari sebuah proses berfikir dan bertindak seseorang dalam mencari jalan keluar dari masalah yang ia hadapi. Duh, ribet banget sih. Intinya, kreatifitas itu justru muncul saat kita menghadapi masalah.

9 Cara Menjadi Lebih Kreatif
sumber : @thjperry / unsplash


Contohnya, Si Agus ingin agar warungnya laku. Ia kemudian pergi dukun, beli kembang tujuh rupa dan selalu menutup warungnya tiap hari Jum’at Kliwon ketika ada angin sepoi-sepoi dari arah barat daya.

Sedang Si Joko, yang juga pengusaha warung mengambil langkah yang berbeda. Ia memberi diskon khusus kepada berbagai komunitas yang makan diwarungnya, dengan syarat, mereka memberi komentar pendek tentang menu di warungnya  di medsos dan diberi tagar nama warung tersebut.

Dua orang tersebut sebenarnya juga sama-sama kreatif. Yang membedakan, selain aroma mistis, adalah cara yang paling tepat yang berpotensi menggaet konsumen. Jika anda bukan pengikut aliran perdukunan, tentu akan memilih Si Joko sebagai yang lebih kreatif. (dan logis....#plak). 

And guess what, kita semua juga berpotensi menjadi kreatif.

Ada beberapa langkah dan tips sederhana yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari yang ternyata dapat meningkatkan kadar kreatifitas kita! Oke, tanpa berlama-lama mari kita lihat tips-tips sederhana yang bisa membuat kita menjadi lebih kreatif!

1. Berkhayal


Ini adalah tips pertama untuk menjadi kreatif. Semua berawal dari khayalan, guys. Lampu listrik, komputer, mobil, perjalanan ke bulan, film AADC, hingga bisnis menjual air putih dalam botol, semua dimulai dari khayalan. Berkhayal juga butuh keberanian, guys! Dan tidak semua khayalan atau mimpi akan membuat kalian kreatif!

Jikalau kalian hanya menghabiskan energi untuk bermimpi mencelakakan orang lain, maka lebih baik kalian tidak usah bermimpi sama sekali, atau kalian akan menjadi seorang psikopat! Dan itu tsadist! Hahahaha....

Berkhayallah dengan benar. Mimpikanlah sebuah visi yang unik, berbeda dan bermanfaat bagi banyak orang. Itulah awal untuk membuka pintu gerbang kreatifitas.

Yes, that’s rite! Dreaming is the first step. Tapi jangan sampai kamu cuma berhenti pada langkah pertama, kamu harus bergerak!

2. Membaca cerita-cerita detektif


Cara menjadi kreatif lainnya adalah dengan membaca cerita detektif. Ini adalah tips kedua yang harus kalian lakukan supaya menjadi lebih kreatif. Ada banyak detektif fiksi yang bisa kalian pilih. Conan, Sinichi Kudo (sama aja ya?), Black Note,  Sherlock Holmes, Hercule Poirot, atau bahkan sosok detektif khayalan produk dalam negeri seperti Imung.

Cerita detektif yang misterius, penuh intrik dan kejutan akan memberikan stimulus positif bagi otak kita untuk terus menajamkan insting! Ya, insting adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang yang kreatif! Tapi inget, jangan sampai kalian justru malah jadi psikopat gara-gara membaca cerita detektif ya. It tsadist, hahahaha.....

Selain cerita detektif, kalian juga bisa membaca kisah-kisah petualangan klasik yang tak lekang oleh zaman, seperti Oddysey, Tom Sawyer, Kara Ben Nemsi, atau Little House in the Big Woods.

3. Memainkan games-games asah otak


Sediakan mainan kesukaan kalian di meja belajar atau meja kerja kalian. Atau kalian juga bisa mulai belajar menjadi penggemar rubic, lego, catur atau monopoli. Siapa tau kalian ternyata berbakat jadi detektif cerdas, insinyur brilian, ahli strategi atau bisnisman hebat.

4. Menggambar


Ada anggapan menggambar adalah aktfitas untuk para pelukis dan anak-anak. Apakah itu benar? Salah besar gaess. Justru menggambar sebenarnya adalah aktifitas yang sangat menyenangkan yang harusnya disukai dan dilsayakan semua orang.

Menggambar bukan hanya menggoreskan pensil di atas kertas, lalu menghubungkan garis dan titik untuk menjadi sebuah objek. Lebih dari itu, menggambar adalah sebuah aktualisasi alam bawah sadar kita sekaligus sebuah media yang tepat untuk meningkatkan selera seni, mengembangkan imajinasi sekaligus menanamkan keberanian. Ya, menggambar juga butuh keberanian, bukan. Menghapus, bahkan menyobek kertas gambar kita sendiri, ketika kita menyadari ternyata apa yang kita gambar jauh dari bayangan kita.

5. Menulis diary


Ini sebenarnya sudah disadari oleh banyak orang, tapi hanya sedikit yang mampu melaksanakannya secara kontinyu. Menulis diary banyak sekali manfaatnya. Setidaknya kita bisa mengukur sejauh mana progres kita setiap hari. 

Jangan berfikir para penulis diary hanya cocok mengisi lowongan sebagai penulis roman picisan. Ahli intelejen, wartawan bahkan para filsuf hebat banyak juga yang hobi menulis diary. 

Dan jika kalian merasa risih dengan buku diary ortodoks yang pink blink-blink, kalian bisa menulis diary di medsos. Bikinlah blog dan jangan lupa, subscribe di Catatan Adi ya, hehehe.

6. Mengubah rutinitas


Sekali-kali, ambilah rute yang berbeda. Daftarlah juga ke kursus yang sebelumnya tidak pernah kalian bayangkan. Belilah buku yang membahas sesuatu yang asing bagi kalian. Cobalah makan di restoran atau warteg yang berbeda dengan menu yang berbeda. Itu semua akan memancing rasa kreatifitas kita, bahkan mungkin manfaatnya lebih dari itu. 

7. Mempelajari bahasa baru


Yap, that’s it! Pelajarilah bahasa baru, bahasa Kenya umpama. Atau bahasa Sansekerta. Bukan untuk gaya-gayaan, tetapi dengan mempelajari bahasa baru, mau tidak mau otak kita akan terasah untuk mempelajari vocabs, grammar dan pronunciation yang baru. 

Jangan malas untuk mempelajari bahasa baru, siapa tahu nanti kalian bisa menciptakan bahasa baru yang lebih efektif dari bahasa umat manusia sekarang ini. Bahasa tanpa suara misalnya (?)

8. Berorganisasi


Dengan berorganisasi, secara langsung kita akan bertemu dengan manusia-manusia berbagai tipe. Inilah kesempatan. Tidak melulu asyik dengan brainstorming privat, kalian juga butuh berorganisasi. 

Ini adalah kesempatan untuk mengasah keterampilan sosial dan menjadi kreatif dalam hal sesungguhnya. Karena pasti kalian akan bertemu dengan orang-orang kreatif lainnya dari berbagai backgrounds.

9. Mengambil tantangan baru


The last but not least, kalian harus berani mengambil tantangan baru. Berusahalah untuk berkata, “Yes, this is me, I’m ready, boss!”

Kenapa?

Karena justru dengan tantangan kalian akan dipaksa untuk menemukan jalan keluar. Kalian akan dipaksa untuk keluar dari comfort zone dan berpikir out of the box.

Itu dia sembilantips seru supaya bisa menjadi kreatif buat kalian semua. Semoga setelah membaca artikel ini, kalian bisa mengubah hidup kalian yang monoton, hampa dan menyedihkan menjadi berwarna, kreatif dan menyenangkan seperti saya. Just kidding! Let’s move and be creative guys. 

May your days always be awesome and God bless u!

Baca terus artikel bermutu lainnya dari Catatan Adi. Bisa bikin kamu tambah kreatif juga, lho! 



0 Response to "9 Cara Menjadi Lebih Kreatif"

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel