Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab Dan Cara Mengatasi Writer’s Block.

Writer's Block adalah gangguan yang bisa datang dan menyerang para penulis, baik profesional maupun amatir. Bagaimana cara menghadapinya? Apa yang harus dilakukan ketika pikiran buntu dan ide tidak muncul saat menulis?

Hai manusia budiman, kali ini saya akan berbagi pengalaman saya melawan writer’s block.

Writers block adalah suatu kondisi dimana seorang penulis merasa tidak mempunyai ide apapun untuk menulis. Saya sering mengalaminya, apakah Anda juga?

Memang sebagai seorang penulis, ide adalah segalanya. Dengan ide maka seorang penulis bisa menghasilkan karya. Namun ada kalanya ide dan inspirasi seakan buntu. Atau ada banyak gagasan namun terasa sulit untuk dituangkan menjadi tulisan. Itulah writer’s block. Memaksakan untuk menulispun rasanya percuma.

Penyebab Writer’s Block

Cara mengatasi writer's block terbaik dan termudah.
Mengatasi Writer's Block

Lalu apa sebenarnya penyebab writer’s block? Dari hasil pengalaman saya sendiri serta artikel-artikel yang saya baca, maka ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Beberapa diantaranya adalah :

Sifat Perfeksionis

Ada sebagian penulis yang memiliki karakter perfeksionis, yakni terlalu mengejar kesempurnaan. Sifat ini sebenarnya memiliki kelebihan namun juga sekaligus kekurangan.

Banyak kasus dimana sifat ini justru menjadi penyebab buntunya inspirasi dan ide. Terlalu mengejar kesempurnaan dan terobsesi untuk membuat karya yang tanpa cacat akhirnya malah membuat ketakutan dalam diri seorang penulis untuk mulai penulis.

Apakah karya saya sudah baik? Bagaimana jika ternyata karya saya jelek? Apa pendapat orang tentag tulisan saya?

Kalimat-kalimat tersebut pada akhirnya justru membuat seseorang menjadi bingung dan takut untuk melangkah.

Kelelahan Fisik

Banyak penulis yang sering mengacuhkan masalah kelelahan fisik, padahal hal ini juga berpotensi mempengaruhi performa mereka dalam menulis.

Sudah bukan rahasia lagi jika para penulis memiliki kebiasaan yang tidak terlalu baik, semisal terlalu banyak mengkonsumsi kafein, merokok hingga jam tidur yang sangat tidak teratur. Pada akhirnya hal-hal tersebut akan berpengaruh pada kondisi tubuh mereka.

Topik

Topik yang terlalu sulit, rumit, tidak familiar juga menjadi salah satu penyebab munculnya kebuntuan ide. Hal ini biasanya dihadapi oleh penulis yang berprofesi sebagai content writer, copy writer, wartawan, reviewer, hingga content marketer.

Selain karena tidak familiar dengan topik, kurangnya bahan pendukung juga dapat membuat seseorang menjadi sulit dalam menyusun ide dan gagasannya menjadi sebuah tulisan.

Kondisi Emosional

Penulis, sehebat apapun dia, jugalah seorang manusia biasa. Maka pasti adakalanya mengalami konflik batin, semisal galau, patah hati, merasa tersakiti, dll. Hal ini juga pada akhirnya menjadi alasan penyebab munculnya writer’s block.

Terlebih seorang penulis yang memiliki sifat perfeksionis biasanya memiliki kondisi emosional yang lebih tidak stabil.

Yang sering dilupakan juga adalah hubungan antara kelelahan fisik dan kondisi mental. Rasa capek yang luar biasa memiliki kontribusi pada kondisi mental dan psikologis seseorang.

Terlalu mengejar kesempurnaan dan terobsesi untuk membuat karya yang tanpa cacat akhirnya malah membuat ketakutan dalam diri seorang penulis untuk mulai penulis.

Tekanan Lingkungan

Sebagai makhluk sosial, manusia pasti bersosialisasi dengan sesamanya. Pun demikian dengan seorang penulis, ia pasti juga butuh untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Tekanan dari lingkungan, entah itu keluarga maupun rekan kerja dapat pula menyebabkan terjadinya writer’s block.

Ohya, apakah Anda masih rutin menulis di diary? Jika iya, ketahui beberapa tips menulis di diary agar memiliki dampak pada karir kepenulisan Anda.

Jika Anda ingin menjadi penulis, lakukan dua hal ini : banyak membaca dan banyak menulis.

Stephen King.

Cara Mengatasi Writer’s Block

Lalu bagaimana cara mengatasi writer’s block? Apakah seorang penulis harus berdiam diri saja dan menyerah? Tentu tidak.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi writer’s block.  

1. Berhenti Sejenak

Jangan terlalu fokus pada writer’s block yang sedang Anda alami. Ingat bahwa hal ini bisa terjadi pada siapa saja. Maka dari itu, mari lemaskan otot sejenak dan letakkan puplen Anda untuk sementara waktu. Pergi ke restoran terdekat, mengunjungi teman atau menelpon saudara yang jauh mungkin bisa membantu Anda menyegarkan pikiran.

2. Membuat Outline

Mungkin topik yang ingin Anda tulis terlalu rumit sehingga Anda bahkan tidak tahu harus mulai darimana? Oke, mengapa tidak membuat outline terlebih dahulu.

Memang terdengar klise, khususnya bagi penulis yang mengandalkan insting. Namun tidak ada salahnya untuk membuat kerangka tulisan sebelum mengembangkannya lebih jauh.

3. Berbagi

Hal ini jarang dilakukan padahal sangat efektif. Saya sendiri selalu melakukan hal ini. Berteman dengan sesama penulis adalah keuntungan tersendiri. Lalu mengapa tidak berbagai dengan teman Anda? Siapa tahu ada dari mereka yang bisa membantu Anda untuk mengatasi writer’s block.

4. Berolahraga

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Berolah raga sangat penting bagi tubuh. Mungkin ketika serius dan sibuk menulis, Anda jarang berolah raga. Maka tubuh Andapun menjadi lemah dan mudah sakit.

Ketika kebuntuan datang, mengapa tidak melakukan hal lain sebagai variasi, berolah raga ringan misalnya. Selain tubuh sehat, pikiranpun bisa jadi lebih segar.

5. Melakukan Hobi

Setiap orang pasti memiliki hobi. Pun demikian dengan seorang penulis. Bahkan bisa jadi hobi seseorang sangat berlainan dengan pekerjaannya. Maka jangan heran bila ada penulis yang memiliki hobi berenang, berkebun, bermain anggar atau memanjat tebing.

Maka ketika writer’s block datang, Anda bisa berhenti sejenak dan mulai berpikir untuk melakukan hobi Anda. Segarkan pikiran dan jiwa Anda untuk kemudian bersiap menulis kembali.

6. Sudut Pandang

Jangan terlalu serius. Ketika kebuntuan datang dan ide serasa kering, Anda bisa mencoba hal lain, seperti menulis dengan sudut pandang berbeda.

Atau Anda bisa mencoba menulis bebas (free writing). Tulis saja semau Anda tanpa mempedulikan hal-hal yang selama ini membatasi Anda, seperti jumlah kata, SEO, dll. Dengan melakukan free writing ini, Anda tidak hanya berpotensi untuk menaklukan writer’s block saja, lebih dari itu, Anda bisa menggali potensi lain yang mungkin tidak pernah Anda sadari sebelumnya.

Baca juga macam-macam ukuran kertas.

7. Membaca Literatur

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika mengalami kebuntuan ide. Salah satunya adalah dengan berburu ide segar. Dahulu, toko buku dan perpustakaan merupakan dua tempat favorit para penulis dalam berburu ide.

Sekarang, dengan semakin majunya teknologi informasi, dari dalam kamarpun Anda bisa berselancar di dunia maya untuk berburu ide-ide menarik.

Buku, majalah, koran dan artikel lawas bisa menjadi sarana Anda untuk mendapatkan inspirasi.

8. Penyegaran

Sangat penting bagi seorang penulis untuk mendapatkan suasana yang tepat ketika menulis. Maka salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari suasana baru yang mungkin akan membuat Anda memiliki lebih banyak ide.

Hal yang bisa dilakukan antara lain pergi ke taman, café atau perpustakaan untuk mencari suasana yang lebih hening. Atau dengan membeli CD baru berisi musik-musik yang cocok untuk Anda, hingga menata ulang kamar.

Penyegaran ini penting karena bisa menambah ide menulis dan meningkatkan semangat berkarya. Jika ada waktu silahkan baca perjalananku menulis 200 artikel hanya dalam waktu 6 bulan yang mungkin bisa membantu Anda. 

Penulis profesional adalah para amatir yang tidak pernah menyerah.

Richard Bach.

Konklusi

Ada banyak penyebab writer’s block. Walau begitu, sebagai seorang penulis, hal ini tidaklah boleh membuat kita menyerah. Masih banyak solusi yang bisa kita lakukan.

Memang writer's block adalah sebuah tantangan tetapi jika mampu mengatasi hal tersebut dengan baik, pasti skill dan kemampuan menulis kita akan senantiasa meningkat. Teruslah menulis karena seiring dengan berjalannya waktu Anda akan menikmatinya. 

Demikianlah artikel dari kami seputar penyebab dan cara mengatasi writer’s block. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

2 komentar untuk "Penyebab Dan Cara Mengatasi Writer’s Block."

  1. saya lagi males nulis gara ditolak adsense lagi gan...haha
    yang bikin semangat itu kalau ada komentar pembaca...
    walaupun ga ada adsense jadi nulis lagi...
    kalau ide bisa dari mana saja... keresahan dan kegelisahan kita itu adalah ide menulis...
    mampir gan kalau berkenan...

    BalasHapus
  2. nice tips. sy juga sering mengalami writter's block

    BalasHapus