11 Tips Agar Tidak Menjadi Korban Begal Motor



Tutorial – Tips ini sangat penting agar Anda tidak jadi korban para begal. Selain merampas harta dan motor, para begal tak segan membunuh korbannya. Semoga tutorial ini bermanfaat.

tips supaya tidak dibegal


Begal merupakan makhluk hina yang seharusnya dimusnahkan dari muka bumi. Satu-satunya tempat yang paling cocok untuk mereka tentu saja neraka dan penjara. Walau banyak begal berhasil di seret ke hotel prodeo maupun dibakar hidup-hidup, nampaknya profesi yang satu ini masih banyak peminatnya.

Sebagai bentuk perhatian dari Catatan Adi pada para pembaca, maka kali ini kami akan memberikan tutorial agar tidak menjadi korban para begal motor.

korban begal dibunuh
salah satu korban dari para begal laknat 

Kebiasaan Para Begal


Sebelum kita membahas tipsnya satu persatu, maka ada baiknya kita pelajari dahulu kebiasaan para begal jahanam tersebut.

1. Berkelompok.

Kebanyakan dari mereka berkelompok. Jadi Anda harus waspada. Ada geng begal yang dalam operasi jahatnya itu terdiri dari puluhan orang.

Mahasiswi korban begal di Bandung
Tega, mahasiswi cantik ini tewas di tangan begal


2. Bersenjata.

Para begal ini juga selalu bersenjata. Ada yang menggunakan sajam atau senjata api. Anda harus benar-benar waspada.

3. Tak Mengenal Ampun.

Mereka hanya mengenal uang. Ketika ditangkap mereka akan protes karena berdalih membegal sebagai tuntutan keluarga untuk mencari sesuap nasi bagi anak dan istri. Ini serius. Mereka selain tak punya hati juga tak punya malu. Tak segan untuk melukai bahkan membunuh korbannya.

tangan putus dipotong begal
Cacat permanen, akibat ulah jahanam para begal.


Tips Supaya Tidak Jadi Korban Begal


1. Hindari Jalan Yang Sepi

Ini adalah tips pertama yang super penting. Jangan pernah coba-coba lewat jalan sepi, terlebih jalan tersebut punya karakter sebagai berikut : lurus dan panjang, kiri dan kanan masih areal  perladangan/persawahan/perkebunan, tidak ada warung atau pusat keramaian dan mempunya sejarah jadi markas begal.

Tidak perlu ambil resiko. Anda bisa pamer keberanian di tempat lain, tapi jangan di sini. Jalan yang sepi adalah kegemaran pada begal.
Akan lebih baik jika Anda mengambil jalan alternatif walau nampaknya lebih jauh dari seharusnya.

2. Jangan Berkendara Sendiri

Ini juga adalah hal yang patut Anda ingat. Jika terpaksa harus pulang malam atau melewati jalan yang sepi nan mencurigakan, lebih baik ajak pacar, teman, saudara atau orang lain yang Anda percaya.
Begal akan berpikir beberapa kali jika Anda pergi bergerombol.

Jika Anda wanita, jangan hanya mengajak sesama teman wanita. Ajak banyak orang. Setidaknya cukup banyak orang hingga para begal tidak akan berani macam-macam.

Korban begal dibuang mati
Setelah dibunuh begal, bapak ini dibuang ke sungai


3. Gunakan Motor Yang Jelek

Tujuan utama begal adalah merampas motor. Ada juga yang memang ingin merampas handphone, tas, dll. Tetapi pintu masuk pertama mereka adalah sepeda motor Anda.

Para penjahat itu sangat menyukai motor-motor mahal seperti motor sport. Sangat jarang begal merampas motor Yahama 75,  Honda 80 atau sebangsanya. Motor butut juga mereka tidak mau.

Jadi formula utama yang bisa kita ambil adalah, begal anti motor burik. Anda bisa mengambil celah ini. Silahkan simpan Ninja, NMax atau Scopy Anda dirumah. Rendah hatilah dan gunakan motor yang lebih jelek. Makin busuk makin aman.

Para perampas kurang ajar itu juga tidak akan mengambil resiko terlalu jauh disate hidup-hidup demi sepeda motor burik.

4. Jangan Gunakan Perhiasan Menyolok

Gunakan jaket dan masker. Jangan perlihatkan kalung atau perhiasan lainnya. Hindari juga menenteng tas mahal import branded Anda di pundak atau punggung. Lebih baik taruh diantara kaki Anda di leher motor.

Beberapa benda menyolok bisa merangsang para begal untuk kambuh dan menjadi tergoda menjahati Anda. Ini juga pentingnya pelajaran PPKN untuk hidup sederhana.

korban begal di Madura
motor dirampas dan badannya dibacok


5. Jangan Berkendara Larut Malam / Subuh

Jika kebanyakan orang bekerja di siang hari dan molor di malam hari, begal motor sebaliknya. Kawanan tak punya hati ini gemar mencari mangsa di malam hingga subuh.

Untuk itu lebih baik Anda menginap di tempat teman atau mencari motel jika bepergian dari luar kota. Terlebih Anda tidak tahu medan jelajah Anda dengan cukup jelas. Jangan ambil resiko.

Ini juga bukan berarti Anda tidak waspada ketika siang atau sore hari. Kriminalitas bisa terjadi kapan saja. Tetaplah waspada.

6. Fokus

Dalam berkendara Anda harus fokus, jangan sambil maen hp apalagi makan kuaci. Fokus adalah kunci utama. Selalu perhatikan keadaan sekitar. Lihat juga pengendara lain dari kaca spion Anda. Yang lebih penting adalah bersiaplah untuk mengerem atau menaikkan kecepatan jika sesuatu terjadi.

pelaku begal dibakar
rakyat bertindak, begal dibakar

7. Ambil Jalur Tengah

Ketika di jalan lurus dan sepi, ambil jalur tengah. Bega suka memepet dari kanan. Jika Anda sudah di jalur tengah, ini menyulitkan para penjahat itu untuk beraksi. Mengambil jalur tengah juga memungkinkan Anda untuk berbelok, baik ke kiri maupun ke kanan.

8. Langsung Gas Jika Dibuntuti

Jika ada yang mencurigakan, jangan ragu, langsung ngacirlah secepat mungkin. Terlebih jika ada sekelompok orang yang membuntuti Anda. Lajukan motor Anda secepat-cepatnya namun jangan sampai terjatuh.

begal nyaris mati
karma seorang begal


9. Klakson Keras Dan Terus
Sambil ngacir atau lari, klakson sekencang-kencangnya. Tarik perhatian orang-orang. Menjeritlah minta tolong.

10. Cari tempat ramai.

Jika Anda sudah menemukan tempat ramai, semacam warung kopi, supermarket atau SPBU, berhentilah dan cari pertolongan. Jangan mencoba melawan sendirian.

11. Jangan Mudah Terkecoh

Ada banyak modus licik para begal yang memanfaatkan anak atau wanita yang berpura-pura butuh tumpangan. Jika kondisi tidak memungkinkan dan Anda ragu-ragu lebih baik panggil polisi atau acuhkan saja. Ingat, bukan hanya motor, namun nyawa Anda taruhannya.

begal dihajar massa
Begal dihajar massa, Tuhan tidak tidur


Tips lainnya :

Selalu perhatikan kondisi motor Anda sebelum bepergian.

Naiklah kendaran umum, itu lebih aman dari begal. Walau tetap harus 
waspada terhadap copet dan para penjahat lainnya.

Pastikan hp Anda nyala dan siap digunakan ketika darurat.

Hafalkan ciri-ciri orang yang mencurigakan jika bisa.

Usahakan untuk memiliki teknik beladiri praktis.

Jangan melawan jika tak mampu dan tak yakin.

begal modar
akhirnya : nasib penjahat pencabut nyawa pengendara motor


Call For Action!

Demikianlah tips penting untuk menangkal serangan begal supaya tidak jadi korban. Share artikel ini di media sosial dan whatssapp atau Line agar lebih banyak orang yang waspada dan terhindar dari upaya begal. Share Anda bisa menyelamatkan nyawa orang lain. 

Jika Anda punya tips atau pengalaman menjadi korban begal, silahkan berbagi di komentar. 

Baca juga artikel bermutu lainnya dari Catatan Adi yang selalu di hati.


0 Response to "11 Tips Agar Tidak Menjadi Korban Begal Motor"

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel