Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Menyiksa Diri

Menurut penelitan, mayoritas orang yang terkena masalah obesitas maupun perut buncit akan mengambil langkah ekstrim yakni diet ketat maupun bergantung pada obat-obatan medis. Padahal ada cara alami untuk mengecilkan perut dengan lebih aman serta efisien.

Lalu bagaimana caranya? Penasaran kan? Yuk kita bahas cara untuk menghilangkan perut buncit agar lebih indah dan seksi.

Menjadi (maaf) gendut atau gemuk sebenarnya tidak menunjukkan apakah kamu sehat atau tidak. Sudah terbukti lho, kalau ada banyak orang yang berat badannya berlebih alias gemuk ternyata sehat-sehat saja. Uniknya, orang yang berat badannya terlihat normal ternyata justru memiliki permasalahan metabolisme.

tips membuat perut rata tanpa obat dan diet
sumber : Harapan Rakyat Online

Semua ini teryata adalah kesalahpahaman. Sejatinya, lemak yang ada di bawah lapisan kulit biasa bukanlah sebuah masalah besar.

Justru masalah besarnya adalah lemak yang ada di rongga perut. Secara kasat mata, kita melihatnya sebagai perut yang buncit.

Tapi, jangan khawatir kalau memang perutmu buncit. Kali ini Catatan Adi akan berbagi tips akan memberikanmu informasi tentang makanan-makanan yang ternyata bisa membasmi lemak di perutmu. Apa saja sih kira-kira?

1. Alpukat, lezat dan sehat.

Alpukat bisa jadi jawaban yang tepat. Pasalnya, alpukat adalah sumber vitamin A, B-6, dan C. Selain itu, buah eksotis ini juga kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, dan zat besi. 

Lalu apakah benar alpukat bagus untuk diet?  Anda tak perlu khawatir dengan kandungan lemak dalam alpukat. Karena jenis lemak dalam alpukat adalah lemak nabati tak jenuh tunggal. Jenis lemak ini disebut lemak baik karena sifatnya yang sangat mudah dibakar dan diubah menjadi energi. Berbeda dengan lemak jenuh (saturated fat) yang cenderung mengendap dalam tubuh.

Karena kandungan lemak baik dan kalori yang padat, mengonsumsi alpukat bisa membuat anda kenyang lebih lama. Anda pun mampu mengendalikan hasrat untuk mencari camilan atau makan dalam porsi banyak. Sehingga alpukat merupakan pilihan yang pas bagi anda yang tengah diet.

Tergantung cara anda mengkonsumsinya

Alpukat adalah buah eksotis yang baik untuk mengendalikan berat badan. Baik untuk menguruskan  atau menambah berat badan. Kuncinya terletak pada cara anda mengkonsumsinya.

Kalau anda ingin menambah angka timbangan, sebaiknya tambahkan alpukat dalam menu harian anda. Misalnya sebagai snack di sore hari. Anda juga bisa mengganti makanan tinggi kalori yang tidak sehat seperti gorengan dengan alpukat. Di pagi hari, anda bisa minum jus alpukat untuk menambah energi dan asupan gizi.

Sementara kalau anda ingin menguruskan badan, jangan makan alpukat secara berlebihan. Pasalnya, makan alpukat tidak sekejap membuat anda kurus.

Gantilah menu makan siang anda, dengan salad buah alpukat. Anda juga bisa sarapan dengan yogurt dan irisan alpukat daripada makan bubur ayam atau nasi uduk. Untuk hasil maksimal imbangi dengan aktivitas fisik dan olahraga teratur. Baca juga artikel penting lainnya tentang tips sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

2. Beberapa jenis sayuran hijau yang manjur.

Sawi, bayam, dan sejenisnya merupakan sumber makanan dengan bakteri baik yang paling oke, termasuk untuk meratakan perut yang buncit. Inget ya, bakteri baik. Karena itu, usahakan untuk selalu mengkonsumsi sayur-sayuran ini dalam berbagai jenis masakanmu. Popeye aja tiap saat maksn bayam, khan.

Mulailah biasakan untuk mengkonsumsi sayuran hijau secara rutin. Tubuh sehat, perut buncitpun pergi.

3. Yoghurt bisa juga lho!

Sumber probiotik alami paling besar adalah yoghurt yang mengandung lactobacillus. Penelitian dalam British Journal of Nutrition menunjukkan kalau perempuan yang mengonsumsi probiotik berat badannya turun dua kali lebih cepat. Artinya, perutmu bakal lebih rata kalau rutin mengkonsumsi ini 🙂

4. Air lemon minuman ajaib

Biasakan untuk mium ini setiap bangun tidur dan setelah makan

Lemak perut berlebih yang ditandai dengan perut buncit memang harus segera diatasi. Salah satunya dengan mengatur pola makan sehat, seperti rutin minum air lemon. Ini manjur lho.

Mengkonsumsi air lemon jadi salah satu cara mudah untuk mengecilkan perut buncit. Memang sih hasilnya tidak instan, tapi bisa jadi salah satu cara efektif untuk menjaga kesehatan tubuh.

Supaya hasilnya yang maksimal, air lemon perlu diminum pada pagi hari dengan perut yang masih dalam keadaan kosong.

Hah???

Yap, kamu enggak salah baca. Asal kamu tahu, selama kamu enggak memiliki masalah atau gangguan lambung, minum segelas air hangat yang dicampur dengan air perasan jeruk lemon di pagi hari bisa jadi cara sehat mengecilkan perut buncit.

Buah lemon tak hanya mengandung vitamin C, tapi juga bisa membantu meningkatkan sistem pencernaan sekaligus membantu fungsi hati. Untuk membakar lemak perut berlebih, kunci utamanya adalah sistem pencernaan dan hati kita harus dalam keadaan sehat.

Buah lemon yang kaya serat, bebas lemak, rendah sodium dan rendah kolesterol pun dinilai sangat tepat untuk membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit. Mengonsumsi buah lemon juga bisa membantu tubuh mengeluarkan racun dan menjaga keseimbangan hormon.

5. Mungkin kurang vitamin D. Jamur solusinya. 

Jamur mengandung vitamin D yang sangat baik untuk mencegah obesitas di area perut, karena kekurangan vitamin D dapat menyebabkan perutmu jadi buncit. Jamur yang tumbuh di bawah sinar matahari ini dapat melawan lemak-lemak yang berniat akan bersarang di perutmu. Wih, keren, ya!

6. Hanya dua telur dan rasakan manfaatnya. 

Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Obesity menunjukkan bahwa orang yang sarapan dengan makan 2 telur akan berkurang lingkar perutnya hingga 34 %. Wah lumayan tuh!

7. Cabai sahabat terbaik membakar lemak,

Cabai mengandung capsaicin, senyawa yang dapat meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan konsumsi kalori. Senyawa ini juga bisa membakar lemak, termasuk yang ada dalam perutmu. Kamu yang suka pedas beruntung banget nih!

8. Susu rendah lemak memang mantap!

Susu, khususunya susu rendah lemak menghubungkan kalsium dan suplementasi vitamin D untuk menurunkan kadar lemak perut selama 12 minggu. Ini adalah hasil studi yang dipublikasikan dalam Nutrition Journal.

Minumlah susu rendah lemak dengan rutin agar bisa mempercepat meratakan perut buncit.

9. Coba brokoli, bro!

Jurnal The Academy of Nutrition and Dietetics menunjukkan bahwa sayuran dengan warna hijau gelap seperti brokoli dapat menurunkan kadar lemak di dalam perutmu. Selain itu juga bisa mengurangi resiko diabetes tipe 2.

Ini karena brokoli mengandung vitamin C dan selenium yang sudah terbukti membersihkan usus kita dari lemak jahat. Brokoli juga rendah kalori serta mengandung antioksidan dan berbagai jenis mineral yang penting untuk kesehatan.

10. Buncis dan kacang-kacangan? Oke!

Makanan buncis-buncisan memiliki komposisi makronutrisi (rasio serat dan protein yang sempurna) untuk meningkatkan rasa kenyang, sehingga bahan makanan ini selalu jadi menu utama dalam diet. Sementara kacang-kacangan dapat membantu metabolisme tubuh yang lebih cepat, sehingga otomatis akan mengurangi kadar perut buncitmu.

11. Rempah-rempah memang wah!

Bagi kita orang Indonesia, rempah-rempah adalah nyawa setiap masakan. Tanpa rempah-rempah rasa dan bau masakan nggak akan ada apa-apanya. Manfaat lain rempah-rempah ternyata bisa mengurangi inflamasi tubuh juga, lho! Selamat tinggal deh perut buncit 🙂

12. Coba juga minyak kelapa.

Meski mengandung lemak, minyak kelapa tidak akan menyimpan lemak itu dalam tubuhmu. Bahkan sebuah penelitian justru memperlihatkan hal sebaliknya, minyak kelapa bisa menurunkan kadar lemak dalam perut.

13. Bawang-bawangan juga mantul!

Bawang-bawangan termasuk daun bawang adalah makanan prebiotik yang dapat membantu menumbuhkan bakteri baik. Bakteri ini akan memproduksi butyrate, yang akan melancarkan metabolisme dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan memperbanyak jumlah lemak yang terbakar.

Kesimpulan : Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu sahabat untuk mengurangi perut buncit. Semoga artikel ini bisa membantu sahabat Catatan Adi.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda juga harus melakukan olahraga dan aktivitas fisik lainnya. Baca artikel tentanng bagaimana bersepeda ternyata dapat memberikan banyak sekali manfaat.

Lalu baca juga bagaimana cara bersepeda yang baik dan benar agar terhindar dari hal-hal yang bisa mengancam keselamatan dan kesehatan Anda. 

Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya tentang kesehatan dan topik lainnya. Share juga artikel ini ke medsos atau WA grup agar makin banyak orang terbantu untuk mengatasi permasalahan perut buncit.
Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

1 komentar untuk "Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Menyiksa Diri"