10 Buah Nusantara Yang Jarang Dikenal

Indonesia adalah surganya buah. Ada beragam buah nusantara yang lezat dan menarik hati. Tetapi sayang banyak diantaranya jarang dikenal.

Dalam artikel kali ini, Catatan Adi akan membahas 10 buah khas Indonesia yang belum banyak dikenal. Padahal banyak buah tersebut sangat bermanfaat dan lezat. Bahkan buah-buah yang tidak terkenal itu beberapa juga diekspor ke luar negeri.

Apa saja 10 buah nusantara tersebut? Catatan Adi akan menyajikannya untuk Anda.

1. Buah Ciplukan 

Buah ciplukan / catatan adi
Buah Ciplukan

Buah ciplukan sempat tenar kembali pada 2010-2016. Kabarnya buah mungil ini menjadi salah satu favorit orang-orang Jepang dan Eropa sehingga menjadi komoditas ekspor.

Terlepas dari kasak-kusuk tersebut, buah yang kini justru nangkring cantik di supermarket tersebut memang sempat terlupakan.

Umumnya ciplukan tumbuh di semak lainnya di kebun, tegalan, sawah yang mengering, tepi jalan, tepi hutan dan bagian-bagian hutan yang terbuka disinari terik matahari.

Buahnya digemari anak-anak. Seluruh bagian tumbuhan, dari daun sampai akar dan biasanya dikeringkan lebih dulu, digunakan sebagai bahan ramuan obat tradisional.

Buah ini tersebar luas di Jawa, Sumatera dan beberapa wilayah Indonesia lainnya. Ciplukan memiliki beberapa nama lain, seperti nyunyuran, kopok-kopokan dan cemplukan.

2. Buah Gambir 

Buah Gambir / Catatan Adi
Buah Gambir
Gambir banyak tumbuh di wilayah Sumatera, dan sudah sejak lama dipercaya masyarakat dapat mengatasi pelbagai masalah kesehatan, pun merawat dan meningkatkan stamina tubuh. Manfaat gambir untuk kesehatan ini tidak lepas dari sejumlah kandungan zat yang ada di dalamnya yang bersifat antioksidan dan antibakteri.

Walau sudah mulai terlupakan, gambir memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Beberapa manfaat buah khas nusantara ini antara lain : mengurangi plak gigi, mengobati diare dan membantu meredakan sakit lambung. 

3. Buah Gandaria 


Buah Gandaria
Gandaria nampaknya semakin terlupakan dan jarang dilirik masyarakat. Buah ini tumbuh subur di berbagai wilayah Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Sulawesi.

Saking penyebarannya yang sedemikian luas, maka gandaria memiliki banyak nama lain, seperti : jatake (Sunda), pao gandari (Madura), gandaria (Maluku), remieu (Gayo), barania (Dayak ngaju), asam djanar, kedjauw lepang; kundang rumania; ramania hutan; ramania pipit; rengas; tampusu; tolok burung; umpas(Kalimantan) dandoriah (Minangkabau), wetes (Sulawesi Utara), kalawasa, rapo-rapo kebo (Makasar), buwa melawe (Bugis)

4. Buah Keledang 

Buah Keledang
Buah Keledang termasuk buah langka yang berasal dari Kalimantan. Bentuknya mirip nangka hanya saja ukurannya mini.

Keledang merupakan buah yang mulai terlupakan seiring dengan habisnya hutan-hutan alami. Pohonnya dapat menjulang tinggi mencapai 30 meter dan berdaun lebar dan sedikit berbulu. Pohon keledang dapat berbuah sejak 5 tahun setelah tanam.

Tumbuh diberbagai jenis tanah dan umumnya dihutan tropis dan penuh dengan humus.


Buah Keledang rasanya manis dan daging buahnya terpisah dari bijinya seperti nangka. Rasanya nikmat dan merupakan kombinasi antara nangka dan manggis. Warna kulit buahnya jingga kemerahan dan bentuk buahnya seperti cempedak.

5. Buah Manecu


Buah Manecu

Buah ini dahulu sangat populer di kalangan anak-anak. Pohonnya mudah ditemui di pinggir jalan, di tengah sawah maupun di ladang.

Nama lain dari manecu adalah genitu, kenitu atau manutu. Buahnya berwarna hijau di luar dan putih di dalam. Beberapa orang tidak menyuki genitu karena getahnya yang banyak. Buah ini tersebar Jawa dan beberapa bagian Sumatera.

6. Buah Matoa


Buah Matoa

Ini adalah rajanya buah. Matoa adalah salah satu buah yang paling nikmat yang pernah ada. Rasanya manis menyegarkan, mirip dengan leci.

Buah asli tanah Papua ini mulai terkenal kembali. Harga jualnyapun melesat dan makin mahal.


7. Buah Merah 


Buah Merah Papua
Satu lagi buah nikmat dari Tanah Papua. Namanya buah merah. Bentuknya mirip pepaya atau jantung pisang dengan warna merah yang khas. 

Di tempat asalnya, buah ini umum dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau dipotong-potong, lalu direbus atau dipanggang. Biji dan daging buah merah pun bisa ditumbuk, dicampur dengan air, dan disaring untuk menghasilkan semacam saus merah kental yang berfungsi sebagai bumbu masakan. 

8. Buah Rambusa 


Buah Rambusa
Buah rambusa biasa ditemukan di semak-semak belukar di sawah atau ladang. Buah  ini dimitoskan sebagai makanan ular. 

Bentuk buah rambusa mungil dan mirip markisa. Jika masih muda, warnanya hijau, bisa sudah matang menjadi kuning segar. 

Buah Rambusa juga merupakan buah-buahan liar. Ia sering disebut buah yang terbungkus jaring. Saat ini, nampaknya semakin sulit menemukan buah rambusa. 
Baca Juga :

Ladies, Ini Cara Mengetahui Seberapa Besar Cinta Pasanganmu

Pengalaman Makan Bakmi Jogja Jalan Adityawarman

Cara Merawat Smartphone Agar Awet

9. Buah Wanyi


Buah Wanyi
Buah Wanyi berasal dari Kalimantan. Bentuknya mirip mangga dengan warna kulit hijau namun daging buahnya berwarna putih. Aroma buah ini menyengat seperti buah nangka. 

Dahulu buah ini sering ditemui di pasar. Namun sekarang nampaknya keberadaan buah wanyi semakin langka. Apakah ini ada hubungannya dengan hutan di Kalimantan yang semakin menyempit?

10. Buah Maja


Buah Maja

Buah ini sering disebut-sebut dalam kisah pendirian kerajaan Majapahit. Konon salah satu pasukan Raden Wijaya tewas karena memakan buah ini. Apakah maja memang seberbahaya itu? Ternyata ada asumsi bahwa buah yang ada dikisah tersebut kemungkinan adalah buah berenuk.

Maja termasuk tumbuhan tahan banting karena mampu beradaptasi pada suhu ekstrem yang sangat panas (hingga 49 derajat celcius) atau sangat dingin (hingga -7 derajat celcius). Ia juga mampu beradaptasi pada berbagai jenis lahan seperti tanah kering, tanah agak basa, atau tanah rawa.

Selain rasanya yang agak manis buah maja juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, riboflavin, niasin, thiamin, karoten, lemak, protein, karbohidrat, alkaloida, steroid, kumarin, minyak alami, limonene, dan marmelosina. 

Demikianlah artikel kali ini tentang 10 buah nusantara yang jarang dikenal. Semoga buah-buahan nusantara khas Indonesia semakin mendapat perhatian dari semua kalangan.

0 Response to "10 Buah Nusantara Yang Jarang Dikenal"

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel