Bingung Harus Menulis Apa? Baca Ini!

Apa Anda bercita-cita jadi penulis? Menghasilkan banyak artikel dan postingan lalu terkenal, kaya raya dan hidup bahagia? Pasti semua bisa tercapai, namun mulailah dengan membuat suatu karya nyata.

bingung menulis apa?
Apa yang harus ditulis?

Sejak dari jaman Mpu Tantular hingga Eka Kurniawan, menulis merupakan sesuatu yang menyenangkan, namun juga tidak pernah mudah. Banyak orang ingin menjadi penulis, blogger, esais, wartawan atau novelis, namun tidak tahu apa yang harus ditulis. Pikiran mereka buntu dan ide serasa lenyap. Cita-citapun perlahan memudar.

Jangan tertawa, ini  fakta. Sungguh menggelikan memang, tetapi ini kenyataan. Banyak orang ingin jadi penulis tetapi tidak tahu harus menulis apa.

Sayapun awalnya begitu. Sejak jaman gandrung menulis di atas kertas hingga memencet-mencet keyboard, menulis tidak pernah menjadi hal yang sepele, remeh dan gampang. Menulis itu susah, namun menyenangkan. Buktinya, setiap hari banyak bermunculan artikel-artikel segar di blog, media sosial maupun majalah. Kursus-kursus menulis juga makin ramai.

Maka dari itu, jika Anda ingin menjadi  penulis namun tak tahu apa yang harus ditulis, jangan khawatir. Dalam artikel kali ini, saya akan berbagai tips apa yang bisa Anda tulis, termasuk jika sekarang tidak tahu sama sekali hendak menulis tentang apa.

Semua ide dan opini disini telah saya alami sendiri alias berdasarkan kisah nyata. Mungkin berbeda dengan banyak orang, namun secara garis besar tetaplah sama, karena menulis adalah menciptakan tulisan. Benar, itu hal pertama yang harus Anda ingat, menulis adalah menciptakan tulisan.

Lalu apa yang harus Anda tulis? Berikut adalah beberapa ide untuk menulis yang mungkin bisa membantu menemukan passion menulis Anda.

Sesuatu yang disukai


Lalu darimana kita mulai? Apa yang harus Anda tulis? Ternyata rahasianya mudah. Sangat mudah.

Mengapa tidak menulis sesuatu yang Anda sukai? Sesuatu yang Anda gemari? Hobi atau hal yang menurut Anda menarik?

Ini dia salah satu tips menulis terbaik, terkuno sekaligus termudah dan masih digunakan sampai sekarang. Sayapun juga memulai semuanya dari sini. Tulis sesuatu yang Anda sukai.

Ada beberapa hal yang membuat rahasia menulis yang satu ini masih menjadi yang terbaik. Dengan menulis sesuatu yang disukai maka seseorang akan :

Pertama, merasa senang. Ini adalah pintu gerbang pertama menuju kesuksesan. Tidak hanya di bidang tulis menulis atau blogging, namun segalanya. Tulis sesuatu yang Anda sukai.

Ketika Anda sudah mencintai dunia tulis-menulis, maka sebenarnya untuk menjadi penulis profesional tinggal menunggu waktu saja.

Jika seseorang menulis sesuatu karena ia menyukainya, maka besar kemungkinan untuk tetap konsisten dan tahan banting ketika cobaan atau kesulitan datang. Jangan salah, menulispun juga memiliki tantangan dan godaanya tersendiri. Bahkan kadang lebih berat dari yang Anda duga, yakni mengalami writers' block. 

Setidak-tidaknya jika menulis adalah sebuah beban, jika Anda membuat suatu tulisan tentang hal yang disukai, maka beban itu akan berkurang.

Menulis sesuatu yang disukai juga akan mempermudah para calon penulis menggali ide. Mereka akan dengan sukarela memeras otak dan menggali makna lalu mengkaitkannya menjadi untaian kalimat. Bukankah ini tentang sesuatu yang Anda suka?

Sesuatu yang dikuasai


Selain menulis hal yang Anda suka, cobalah untuk menulis sesuatu yang Anda kuasai. Bisa bidang pekerjaan, hobi, maupun latar belakang pendidikan Anda.

Semua bisa dijadikan tulisan atau ide menulis. Jangan salah, selalu ada orang yang akan membutuhkan panduan atau bantuan dan siapa tahu tulisan Anda adalah jawaban dari apa yang mereka cari.

Dalam menulis sesuatu yang Anda sukai, ada beberapa nilai tambah yang mungkin tidak disadari. Beberapa diantaranya adalah :

Anda berkesempatan membagi pengetahuan dan kemampuan yang Anda miliki. Tenang saja, Anda tidak akan menjadi miskin dengan membagi semuanya itu.

Bahkan jikalau ternyata orang yang merasa tertolong oleh artikel Anda berjodoh dengan Anda, ia bisa saja menjadi sumber rejeki baru.

Dengan menulis hal yang Anda kuasai, juga akan mempertajam analisa berpikir sekaligus menghindarkan diri dari kepikunan. Ini karena Anda dituntut untuk menulis dengan penuh perhatian dan pengetahuan Anda akan makin tertancap dalam memori.

Jangan salah, banyak blogger dan penulis menjadi kaya raya ketika mampu menuangkan pengalaman mereka menjadi sebuah tulisan. Mereka

Sesuatu yang sedang trend


Sesuatu yang sedang trend juga merupakan ide untuk menulis. Beberapa belas tahun lalu, Indonesia terkena wabah demam ikan Louhan.

Makhluk nonong yang hobi berlenggak-lenggok dalam air tersebut seakan-akan menguasai jagat dunia maya Indonesia. Para blogger dan penulis artikel pada masa itu tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Louhan dibahas secara detail, mulai dari sejarah, jenis, hingga kebiasaan kawinnya.

Anda tak perlu menulis Louhan lagi, karena sudah bukan trend. Sebaliknya, carilah sesuatu yang sekarang sedang trend atau menjadi buah bibir banyak orang.

Dulu keterampilan ini membantu banyak orang menjadi kaya raya lewat majalah gosip ataupun tayangan infotainment. Anda bisa meniru jejaknya, bahkan lebih mudah lagi. Tulis artikel sebagus mungkin dan kirim lewat email ke surat kabar atau media online. Syukur-syukur bisa bikin dompet makin tebel. Andai tak ada yang mau menerima, buatlah blog dan tulis di sana.

Sesuatu yang menantang


Sesuatu yang menantang bisa apa saja, apapun yang menurut Anda tidak mudah namun membantu meningkatkan kemampuan menulis. Bukankah justru dengan tantangan, kemampuan sesorang dapat meningkat dengan baik bahkan melonak drastis.

Memang pasti tidak mudah, karena bisa bisa hal ini bukanlah sesuatu yang Anda suka, gemari, kuasai maupun bahkan tidak trend.

Tetapi percayalah suatu saat nanti, Anda harus menghadapi banyak tantangan, khususnya jika ingin menjadi seorang penulis profesional. Kenapa tidak melatih dari sekarang?

Sesuatu yang berkesan


Tentu ada banyak hal yang bisa Anda tulis. Dan ini adalah salah satu ide yang bisa Anda gunakan untuk menulis. Tulislah sebuah pengalaman yang berkesan bagi Anda. Bisa pengalama baik yang indah-indah maupun mencekam atau buruk.

Khusus untuk yang satu ini, Anda harus benar-benar memahami teknik-teknik story telling. Jika ingin menjadi penulis profesional tentu saja.

Jangan salah, banyak blogger dan penulis menjadi kaya raya ketika mampu menuangkan pengalaman mereka menjadi sebuah tulisan. Mereka kemudian mendapat proyek dari perusahaan tertentu. Tidak hanya uang tetapi juga barang. Tentu saja Anda harus menggabungkan teknik storytelling dengan marketing yang efektif.

Selain sesuatu yang menyenangkan, pengalaman buruk memakai bedak, dikejar babi atau ditipu kustomer bisa menjadi sumber tulisan yang seru. Orang-orang butuh kesaksian seperti itu agar tidak apes seperti Anda. Setidak-tidaknya mereka akan sangat terbantu.

Sesuatu yang berkesan bukan hanya perihal pengalaan Anda. Apa yang Anda baca, lihat dan dengar bisa menjadi suatu ide bila itu memang berkesan.

Itulah lima hal yang bisa Anda tulis. Anda tak akan menjadi penulis jika hanya melulu mencari teori kepenulisan. Segera buka laptop dan mulailah mengetik.

Jika memang butuh artikel-artikel dan panduan tentang menulis, silahkan baca-baca postingan Catatan Adi lainnya yang akan membantu meningkatkan kemampuan menulis Anda.

0 Response to "Bingung Harus Menulis Apa? Baca Ini!"

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel