Keep Writing, Keep Blogging

Tips Menulis Blog - Sejak serius ngeblog tahun 2019 lalu, ada banyak target yang sudah aku canangkan. Sayang kebanyakan dari terget itu rasanya impossible untuk bisa diwujudkan. Namun aku yakin tetap ada yang bisa dicapai.

menulis blog personal - catatanadi.com
Keep writing, keep blogging

Bulan Maret ini datang dengan semangat baru, namun tentu juga tantangan baru. Berbagai upaya sudah kulakukan namun traffic blog Catatan Adi belum juga membaik paska update algoritma Google besar-besaran awal tahun 2020 ini dan bahkan iklan adsense sempat hilang. 

Lalu tersirat sebuah hal di anganku : menyerah. Ya, mengurus blog itu melelahkan. Optimasi SEO yang mampu melejitkan banyak situsku di tahun 2019 nampaknya tak terlalu signifikan perannya di awal 2020 ini. Apa artinya? Aku harus belajar lagi.

Ya ini sangat melelahkan. Membangun link, menata template, hingga meraba-raba aturan terbaru dari Search Engine. Semua memang sudah terencana secara sistematis tetapi hasilnya sangat jauh dari target.

Ya, aku sempat berniat menyerah. Beberapa blog kupindah-tangankan kepada mereka yang benar-benar serius. Sedang sisanya juga akan kulepas segera.

Percayalah, tak akan ada yang sia-sia jika sebuah tindakan dilandasi niat yang tulus dan usaha yang konsisten. 

Namun ternyata aku tak bisa. Aku tak mampu. Tanganku gatal selalu ingin menari di atas tuts keyboard laptop jadulku. Oh, inikah panggilan alam selain berak dan bercinta?

Akhirnya kusadari ada dorongan kuat dalam diriku yang tak bisa dibendung. Mungkin aku lelah melakukan optimasi sana-sini. Aku bosan membaca panduan dari si botak Neil Patel ataupun tutorial para mastah. Tetapi aku tak bisa berhenti menulis. Aku harus menulis.

Pada tahap selanjutnya aku mengalihkan targetku. Mungkin aku akan berhenti sejenak dari dunia per-SEO-an dan akan fokus menulis. Benar, menulis apa adanya tanpa harus bingung menyebar keywords atau menata struktur. Aku akan menulis seperti bernafas, seperti sebuah keharusan. Aku baca-baca lagi semua tips menulis dari internet. Persetan dengan SEO.

Jikalau kalian sedang ingin menyerah dari aktivitas blogging yang rasa-rasanya makin berat saja, mungkin silahkan pertimbangkan ulang. Jangan-jangan panggilan hidup kalian adalah seorang penulis, bukan blogger.

Jikalau demikian, tulis saja apa yang terlintas. Buat target yang relevan serta realistis. Kembangkan kemampuan merangkai kata dan menyusun kalimat. Percayalah, tak akan ada yang sia-sia dan pasti ada manfaat dari menulis jika dilandasi niat yang tulus dan usaha yang konsisten.

Jikalau memang kesulitan mencari uang dari blogging melalui Google Adsense yang rasa-rasanya makin hari makin ketat, mungkin Kamu bisa membuat artikel lalu mengirimkan ke situs yang membayar tulisan dari para kontributornya. Lumayan, khan? Aku pernah mencobanya dan memang tidak besar, tetapi selalu melebihi UMR Jakarta.

Target kuubah. Aku ingin di tahun 2020 ini punya setidaknya 300 postingan artikel untuk Aku sudah melampaui 200 artikel dalam waktu hanya 6 bulan saja. Catatan Adi. Semua akan kumulai dari hari ini. Akan kutulis secara konsisten satu demi satu artikel. Aku pernah menulis tentang writer's block. Semua kubahas dengan cukup mendalam. Maka akupun harus melakukan apa yang aku tulis. Itulah integritas.

Aku juga pernah menulis tentang cara mendapatkan ide menulis yang memang masih sangat manjur dalam upaya mempertahankan habit menulisku. Silahkan baca juga bila berminat.

Nah sekarang tinggal satu hal : memunculkan karakter. Apa yang harus aku tulis? Perlukah aku memilah-milah topik mana yang harus dituangkan dalam postingan atau di-skip saja?

Aku menyukai fenomena, entah itu politik, olahraga horor dan bahkan yang berbau-bau perlendiran. Semua menarik bagiku. Jadi kuputuskan, aku akan menulis yang aku suka. Akan kujadikan Catatan Adi kembali menjadi blog personal.

Walau begitu, tetap aku menerima guest post dari para pembaca atau para sahabat blogger lainnya. Silahkan bila tertarik, kunjungi laman contact us atau tulis di formulir di bawah ini. Juga titipan artikel dan pesanan content placement tetap kubuka, hitung-hitung sebagai biaya ngopi dan traktir teman-teman.

Ya, itulah curhatku hari ini. Premisnya adalah, teruslah fokus menulis di blog. Keep writing, keep blogging. Jika nanti ada waktunya, aku akan kembali terjun ke dunia per-SEO-an sebagai pakar seo amatir yang menyedihkan, awkoakoakoa.....

Untuk teman-teman terima kasih sudah mendukung perjalanan blog ini. Silahkan komen bila ada yang ingin dikatakan. Setelah ini kalian akan melihat tulisan-tulisan random yang lebih personal, kecuali tentu saja artikel para penulis tamu dan order content placement. 

Dan aku juga berharap semoga selain bisa melampaui target, semua tulisanku bisa bermanfaat. Aku sangat suka jikalau ada teman yang menuliskan bahwa ia terinspirasi dari blog ini. Akhir kata, Keep Writing, Keep Blogging.

1 Response to "Keep Writing, Keep Blogging"

  1. Mantap mas. Saya terinspirasi bgt dari tulisan ini. Gaboleh putus asa! Karena sesungguhnya perjuangan yg telah kita lalui ini tidak akan sia-sia! Pasti akan ada saatnya dimana kita dapat memetik indahnya bunga setelah kita bersusah payah mencari bunga tersebut 😊🙏

    ReplyDelete

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Tulisan Menarik Lainnya

    Artikel Populer

    Mau Kirim Artikel? Atau Tanya-Tanya? Boleh Kok

    Name

    Email *

    Message *

    Artikel Terbaru

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel