Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Blog untuk Wordpress Melalui Smartphone

Di era modern seperti saat ini, sudah ada banyak cara menulis blog WP pakai hp android maupun iOS yang bisa anda lakukan. Sehingga PC atau laptop kini bukan syarat utama bila anda ingin membuat blog dan mencoba mencari uang melalui Adsense. Sebab bermodalkan HP dan koneksi internet saja anda sudah bisa melakukannya.

Menulis artikel di hp juga tidak harus menggunakan smartphone berspesifikasi tinggi layaknya ketika ingin bermain game atau mengedit foto. Cukup dengan smartphone berspesifikasi low - end saja sudah cukup untuk menulis blog baik melalui aplikasi maupun melalui browser langsung.

2 Cara Menulis Blog WP Pakai HP

Menulis blog wordpress melalui smartphone
Menulis blog wordpress melalui smartphone

Seperti yang sudah dikatakan tadi, ada 2 cara untuk menulis blog wp pakai HP. Yaitu dengan menggunakan aplikasi Wordpress langsung atau dengan menggunakan browser layaknya menulis di PC atau laptop. Nah, berikut ini kita akan membagikan keuda langkah menulis artikel di Wordpress dengan smartphone.

1. Menulis Artikel Menggunakan Aplikasi Wordpress

Untuk menulis blog menggunakan aplikasi Wordpress, sudah pasti langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memasang aplikasi Wordpress di smartphone. Aplikasi ini bisa anda unduh secara gratis di Google Play Store ataupun App Store. Bila sudah, berikutnya anda bisa ikuti langkah - langkah di bawah ini :

  1. Buka aplikasi Wordpress di smartphone
  2. Kemudian, masuk dengan cara klik pada pilihan "Log In" di layar tampilan aplikasi
  3. Masukan Nama Pengguna dan Password akun Wordpress anda atau gunakan pilihan gunakan akun Google
  4. Bila anda ingin menggunakan Username dan Password dalam blog WP Self-hosted, pilih menu "Log In by Entering Your Site Address"
  5. Jika blog anda sudah terhubung dengan aplikasi Wordpress, langkah berikutnya hanya tinggal masuk ke halaman untuk menulis artikel
  6. Klik icon tambah (+) yang ada bawah tengah layar untuk masuk ke halaman menulis artikel. Di sini, anda sudah bisa menulis blog WP pakai hp layaknya menulis di aplikasi notepad

Aplikasi Wordpress juga menyediakan fitur untuk menyimpan draft, memasukan gambar, mengubah font, dan lain - lain. Walaupun bila dibandingkan dengan browser, aplikasi Wordpress masih punya beberapa kekurangan.

2. Menulis Artikel Blog WP Menggunakan Browser Smartphone

Bila anda sudah terbiasa dengan tampilan dashboard dari Wordpress di browser PC atau laptop, maka kami sarankan anda menulis artikel WP menggunakan browser saja. Sebenarnya semua jenis browser bisa digunakan di sini, tapi kami sarankan anda gunakan Google Chrome agar lebih simple. Untuk langkah lengkapnya, ikuti saja cara menulis blog WP pakai hp di browser berikut ini.

  1. Buka aplikasi Google Chrome, kemudian masuk ke Wordpress.com atau langsung ke halaman login admin pada WP Self-hosted
  2. Masukan username dan password seperti ketika anda Log In di browser PC
  3. Jika sudah berhasil masuk ke Dashboard, langkah berikutnya adalah masuk ke halaman Pos dan pilih Tambah Baru
  4. Sampai di sini, anda sudah bisa mulai menulis artikel yang anda inginkan
  5. Bila tampilannya berbeda atau terlalu sempit, anda bisa klik ikon titik tiga di kanan atas Chrome dan pilih tulisan "Request Desktop Site"

Request Desktop Site ini akan membuat tampilan browser di hp anda sama dengan di laptop atau PC. Dan agar layarnya tidak terlalu sempit, anda bisa miringkan smartphone menjadi horizontal.

Itulah 2 cara menulis blog WP pakai HP melalui aplikasi Wordpress dan menggunakan browser secara langsung. Untuk mempernyaman selama menulis, anda juga bisa membeli aksesoris berupa keyboard tambahan untuk smartphone.
Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Blog untuk Wordpress Melalui Smartphone"

Berlangganan via Email