Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menulis Artikel Blog Yang Menarik Dan Disukai Pembaca

Membuat artikel yang menarik terlebih disukai pembaca adalah tujuan dan cita-cita semua blogger. Banyak penulis blog berusaha menggunakan berbagai cara dan teknik menulis untuk bisa menciptakan postingan yang bagus dan mendatangkan trafik tinggi.

cara menulis artikel blog
cara menulis artikel blog

Membuat Artikel yang Menarik

Membuat konten yang bermutu adalah bagian dari SEO On Page. Walau begitu nampaknya menulis artikel yang menarik dan disukai pembaca bukan perkara mudah bagi sebagian orang. Mereka merasa hal itu sangat sulit dan akhirnya menyerah menjadi blogger.

Lalu bagaimana sebenarnya cara untuk menulis postingan blog yang disukai pembaca? Apakah memang membuat artikel yang menarik itu sulit? Jawabannya tidak. Anda sebagai blogger juga bisa menciptakan konten yang disukai pembaca.

Dalam artikel kali ini, Catatan Adi akan berbagi cara menulis artikel blog yang menarik dan bahkan disukai pembaca. Kami akan menyajikannya dengan bahasa yang sederhana dan langkah-langkah yang mudah. Semoga dengan tulisan sederhana ini mampu membantu Anda menciptakan konten yang bagus, menarik dan bermanfaat.

Baiklah, sebelum kita membahas langkah-langkah untuk membuat postingan yang baik dan menarik, mari satukan persepsi terlebih dahulu dengan menjawab pertanyaan di bawah ini?

Seperti apa artikel yang menarik itu? Jawabannya hanya dua : yakni tulisan yang bermanfaat atau menghibur dan yang disajikan dengan cara yang jelas, lengkap, namun enak dibaca. Itu saja dan hanya itu yang merupakan konsep dasar menulis artikel. Jika itu sudah terpenuhi, maka jangan heran pembaca akan berdatangan dan bisa jadi membuat artikel Anda viral dengan luar biasa. 

Maka jika sebuah artikel sudah memenuhi kedua unsur tadi, sudah sah disebut menarik. Walau begitu, dengan semakin ketatnya persaingan dan makin banyaknya blogger handal yang direkrut perusahaan besar, terus eksis sebagai blogger personal memiliki tantangannya sendiri.

Jika memang tujuan Anda adalah menciptakan artikel-artikel yang menarik secara konsisten serta mengelola blog personal menjadi profesional, maka rasanya wajib untuk mengikuti langkah-langkah dalam membuat tulisan yang menarik di bawah ini.

Berbagai Macam Jenis Artikel : Sebagai seorang penulis (atau blogger), Anda pasti sadar bahwa ada berbagai macam jenis artikel. Cobalah lakukan eksperimen dengan mendalami satu atau dua diantaranya sebagai ciri khas blog Anda, misal in-depth article dan featured article. Untuk jenis lain selengkapnya bisa dibaca di 23 jenis artikel blog.

Buat Artikel Yang Berbobot

Ini adalah langkah pertama dan paling utama dalam membuat artikel yang menarik. Ingat, sebuah tulisan harus bermanfaat agar para pembaca mendapat kesan. Jika orang yang membaca suatu postingan merasa mendapat manfaatnya pasti mereka akan menjadi pengunjung yang setia.

Tentu hal tersebut yang Anda inginkan, bukan? Mendapat banyak visitor loyal. Jika iya, maka mari melakukan langkah pertama, yakni membuat artikel yang berbobot.

Tetapkan topik, yakni apa yang sebenarnya ingin Anda bagikan dalam postingan. Apakah ingin memecahkan suatu masalah, menghibur pembaca atau hanya sekedar menulis. Jika alasan yang terakhir yang menjadi motivasi membuat artikel, biasanya konten Anda akan sepi pembaca.

Untuk itulah penting benar-benar memahami diri sendiri sebelum berusaha memahami orang lain. Jangan sampai susah-susah menulis artikel namun tak ada yang membaca. Hal itu pastinya sia-sia dan akan membuat enggan menjadi blogger yang konsisten.

Dalam membantu Anda membuat sebuah artikel yang berbobot, ada baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu. Pastikan ada cukup banyak orang yang mempunya suatu masalah yang akan dibahas oleh postingan Anda.

Untuk bisa membuat artikel yang berbobot, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah : gagasan, struktur, jumlah kata, dan alur logika. Catatan Adi memiliki banyak postingan yang membahas hal tersebut, silahkan Anda eksplorasi artikel tentang bagaimana mendapatkan ide menulis.

Menulis artikel dengan smartphone? Sebenarnya ini bisa saja. Bahkan beberapa smartphone tertentu memiliki kemampuan untuk bisa dijadikan semacam mini komputer yang canggih. Namun hal ini tidak disarankan jika Anda pengguna blogspot. Tetapi jika Anda ngeblog memakai Wordpress, maka menulis artikel lewat smartphone di Wordpress adalah pengalaman yang patut dicoba. WP punya aneka fitur yang membuat penulis dimanjakan untuk berkarya, termasuk walau harus memakai smartphone saja. 

Lengkapi Dengan Gambar Atau Video

Melengkapi sebuah artikel dengan elemen pendukung adalah hal yang wajib. Dengan elemen pendukung ini, postingan Anda akan makin enak dinikmati oleh pembaca.

Bayangkan sebuah artikel panjang dengan hanya diisi tulisan. Apa kesan yang Anda dapatkan? Lalu bandingkan dengan konten yang tidak hanya diisi kalimat, namun juga foto yang menarik, infografis yang baik, video yang tepat atau bahkan podcast yang keren. Pasti para pembaca akan memilih yang kedua.

Maka jadilah demikian. Lengkapi artikel dengan gambar, infografis, foto atau bahkan video maupun podcast. Saingan Anda bukan hanya sesama blogger namun juga youtuber dan content creator visual lainnya.

Jika memang artikel Anda membutuhkan gambar, pastikan untuk mendownload dari sumber yang terpercaya ataupun memang mengijinkan foto tersebut dipakai ulang. Lebih baik lagi jika membuat sendiri.

Dalam memakai gambar, setidaknya Anda sudah membantu para pembaca mengurangi rasa lelah mereka. Mata yang hanya melulu berhadapan dengan kalimat tentu akan mudah lelah, maka selingi dengan foto.

Walau begitu, pastikan bahwa foto dan gambar yang Anda pasang benar-benar cocok dengan permasalahan yang dibahas di artikel. Jangan sampai justru terjadi yang sebaliknya. Bukankah tujuan menyelipkan gambar adalah sebagai pendukung untuk membuat artikel menjadi nampak menarik?

Artikel yang berbobot sangat disukai Google Adsense. Bahkan hal tesebut adalah salah satu syarat mutlak diterima menjadi publisher Google Adsense yang terbaru.

Menulis Rutin = Kunci keberhasilan. Kami dari Catatan Adi sudah berhasil melampaui 200 artikel hanya dalam waktu 6 bulan. Kami juga yakin Anda bisa melakukannya. Jika semua tips yang ada disini Anda lakukan dengan baik, ini akan berdampak langsung bagi pendapatan blog, termasuk dari segi Google AdSense. 

Percantik Dengan Quotes

Seperti apa artikel yang menarik itu? Jawabannya hanya dua : yakni tulisan yang bermanfaat atau menghibur dan yang disajikan dengan cara yang jelas, lengkap, namun enak dibaca.

Banyak orang meremehkan quotes. Padahal ada banyak sekali manfaat dan tujuan dari menuliskan kutipan di tengah, awal atau akhir postingan. Catatan Adi sering melakukannya.

Adapun beberapa alasan mengapa harus menulis kutipan ata quotes dalam postingan adalah :

  • Mempercantik tampilan konten. Artikel akan terlihat lebih menarik dengan adanya quotes yang cocok.
  • Menekankan suatu gagasan. Tulis ide dan opini Anda dalam quotes agar pembaca tahu apa inti dari artikel yang mereka baca.
  • Mempertegas argumentasi. Jika anda ingin berargumentasi, quotes adalah sarana yang tepat untuk membantu Anda.
  • Sangat cocok untuk sarana softselling. Banyak artikel advertorial yang menulis quotes untuk membantu mereka mempersuasi pembaca.

Atau mungkin juga Anda butuh membuat tabel dalam postingan blog? Lakukan itu. Hal tersebut akan membuat informasi yang Anda bagikan tersampaikan dengan jauh lebih baik. 

Teknik Menulis ATM 

Dalam dunia menulis, ada kalanya kita perlu menggunakan teknik tertentu. Salah satu teknik menulis yang cukup populer adalah teknik ATM, yaitu amati - tiru - modifikasi. 

Menulis Berapa Kata? 

Jika tujuannya untuk memenangkan SEO, maka memang harus membuat artikel yang mendalam dan itu tentu tidak mudah. Mungkin Anda harus menulis 2000 atau 4000 kata. Meski demikian, asalkan berhasil melakukan dengan baik, menulis 500 kata juga sudah bagus. Berikan value dan informasi yang padat. Itu jauh lebih penting daripada bertele-tele demi mencapai ribuan kata. 

Buat Listicle Untuk Memudahkan

Jika bahasan Anda terlampau panjang atau kompleks, Catatan Adi sarankan untuk membuat semacam daftar yang akan memecah ide-ide tersebut menjadi poin-poin tersendiri.

Seperti tulisan yang sekarang Anda baca, kami telah memecah langkah-langkahnya menjadi lima, alih-alih menuliskannya secara naratif. Anda juga bisa mencontohnya untuk membuat artikel menjadi lebih enak dibaca dan menarik bagi visitor.

Dalam langkah ini yang terpenting adalah menuliskan sub judul yang tepat. Untuk itu buatlah sebuah rancangan yang memuat struktur artikel sebelum mulai menulis postingan.

Untuk membantu Anda memahami apa itu list-article, silahkan baca artikel sebelumnya definisi dan cara menulis listicle yang memang kami tulis untuk membahas hal tesebut.

Jika memang artikel Anda membutuhkan gambar, pastikan untuk mendownload dari sumber yang terpercaya ataupun memang mengijinkan foto tersebut dipakai ulang. Lebih baik lagi jika membuat sendiri.

Seperti apa artikel yang menarik itu? Jawabannya hanya dua : yakni tulisan yang bermanfaat atau menghibur dan yang disajikan dengan cara yang jelas, lengkap, namun enak dibaca.

Tulis Kesimpulan

Hal ini juga jarang dilakukan oleh para blogger. Ada yang memang mengganggap kesimpulan di akhir artikel tidak terlalu penting. Namun nyatanya dalam beberapa jenis konten, konklusi adalah hal yang penting. Ada beberapa tujuan dan alasan mengapa harus menulis sebuah kesimpulan, yaitu :

  • Mempertegas gagasan
  • Mengingatkan kembali suatu proses
  • Mempersuasi pembaca

Dalam artikel selanjutnya, Catatan Adi akan membahas tuntas semuanya untuk Anda, termasuk formula untuk membuat suatu kesimpulan yang baik bagi sebuah artikel.

Ini adalah langkah pertama dan paling utama dalam membuat artikel yang menarik. Ingat, sebuah tulisan harus bermanfaat agar para pembaca mendapat kesan.

Kesimpulan

Untuk siapa Anda menulis artikel? Ini adalah pertanyaan mendasar yang harus dijawab dengan tepat karena di atasnya Anda akan membangun konsep serta visi menulis yang tepat. 

Jika Anda menulis untuk pembaca, maka muliakanlah mereka. Berikan value dalam artikel Anda dan pastikan itu bermanfaat. 

Jadi bagaimana cara membuat artikel yang menarik dan mendatangkan banyak pembaca? Yakni denga banyak berlatih dan rutin menulis. Lalu :

  1. Membuat artikel yang berbobot.
  2. Memberi gambar, foto, video pendukung.
  3. Mempercantik dengan quotes.
  4. Menulis ide secara listicle.
  5. Membuat kesimpulan.

Demikianlah lima langkah mudah dalam membuat sebuah artikel yang menarik bagi pembaca sehingga blog Anda meningkat trafiknya. Mengalami kebuntuan? Baca artikel kami tentang langkah-langkah mudah membuat artikel yang keren

Dalam mengembangkan karir sebagai penulis, sudah sewajarnya Anda terus menulis. Seberapa sering? Jika bisa, menulislah secara rutin setiap hari karena itu akan memberikan dampak positif yang luar biasa bagi peningkatan skill menulis Anda. 

Apakah Anda memiliki tips menulis yang lain? Punya pendapat dan opini yang berbeda dengan kami? Silahkan bagikan di kolom komentar, dan biarkan pembaca yang lain juga menanggapinya.

Tidak ada tips yang bisa membuat Anda menulis artikel yang baik dan bagus jika tidak pernah dipraktikkan. Selamat berlatih. Para pembaca menanti artikel-artikel menarik Anda.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Artikel Blog Yang Menarik Dan Disukai Pembaca"