Cara Menulis Artikel Blog Yang Menarik Dan Disukai Pembaca

Membuat artikel yang menarik terlebih disukai pembaca adalah tujuan dan cita-cita semua blogger. Banyak penulis blog berusaha menggunakan berbagai cara dan teknik menulis untuk bisa menciptakan postingan yang bagus dan mendatangkan trafik tinggi.

Walau begitu nampaknya menulis artikel yang menarik dan disukai pembaca bukan perkara mudah bagi sebagian orang. Mereka merasa hal itu sangat sulit dan akhirnya menyerah menjadi blogger.

Lalu bagaimana sebenarnya cara untuk menulis postingan blog yang disukai pembaca? Apakah memang membuat artikel yang menarik itu sulit? Jawabannya tidak. Anda sebagai blogger juga bisa menciptakan konten yang disukai pembaca.

membuat artikel yang bagus
Membuat artikel yang menarik

Dalam artikel kali ini, Catatan Adi akan berbagi cara menulis artikel blog yang menarik dan bahkan disukai pembaca. Kami akan menyajikannya dengan bahasa yang sederhana dan langkah-langkah yang mudah. Semoga dengan tulisan sederhana ini mampu membantu Anda menciptakan konten yang bagus, menarik dan bermanfaat.

Baiklah, sebelum kita membahas langkah-langkah untuk membuat postingan yang baik dan menarik, mari satukan persepsi terlebih dahulu dengan menjawab pertanyaan di bawah ini?

Seperti apa artikel yang menarik itu? Jawabannya hanya dua : yakni tulisan yang bermanfaat atau menghibur dan yang disajikan dengan cara yang jelas, lengkap, namun enak dibaca.

Maka jika sebuah artikel sudah memenuhi kedua unsur tadi, sudah sah disebut menarik. Walau begitu, dengan semakin ketatnya persaingan dan makin banyaknya blogger handal yang direkrut perusahaan besar, terus eksis sebagai blogger personal memiliki tantangannya sendiri.

Jika memang tujuan Anda adalah menciptakan artikel-artikel yang menarik secara konsisten serta mengelola blog personal menjadi profesional, maka rasanya wajib untuk mengikuti langkah-langkah dalam membuat tulisan yang menarik di bawah ini.

Buat Artikel Yang Berbobot


Ini adalah langkah pertama dan paling utama dalam membuat artikel yang menarik. Ingat, sebuah tulisan harus bermanfaat agar para pembaca mendapat kesan. Jika orang yang membaca suatu postingan merasa mendapat manfaatnya pasti mereka akan menjadi pengunjung yang setia.

Tentu hal tersebut yang Anda inginkan, bukan? Mendapat banyak visitor loyal. Jika iya, maka mari melakukan langkah pertama, yakni membuat artikel yang berbobot.

Tetapkan topik, yakni apa yang sebenarnya ingin Anda bagikan dalam postingan. Apakah ingin memecahkan suatu masalah, menghibur pembaca atau hanya sekedar menulis. Jika alasan yang terakhir yang menjadi motivasi membuat artikel, biasanya konten Anda akan sepi pembaca.

Untuk itulah penting benar-benar memahami diri sendiri sebelum berusaha memahami orang lain. Jangan sampai susah-susah menulis artikel namun tak ada yang membaca. Hal itu pastinya sia-sia dan akan membuat enggan menjadi blogger yang konsisten.

Dalam membantu Anda membuat sebuah artikel yang berbobot, ada baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu. Pastikan ada cukup banyak orang yang mempunya suatu masalah yang akan dibahas oleh postingan Anda.

Untuk bisa membuat artikel yang berbobot, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah : gagasan, struktur, jumlah kata, dan alur logika. Catatan Adi memiliki banyak postingan yang membahas hal tersebut, silahkan Anda eksplorasi.

Lengkapi Dengan Gambar Atau Video


Melengkapi sebuah artikel dengan elemen pendukung adalah hal yang wajib. Dengan elemen pendukung ini, postingan Anda akan makin enak dinikmati oleh pembaca.

Bayangkan sebuah artikel panjang dengan hanya diisi tulisan. Apa kesan yang Anda dapatkan? Lalu bandingkan dengan konten yang tidak hanya diisi kalimat, namun juga foto yang menarik, infografis yang baik, video yang tepat atau bahkan podcast yang keren. Pasti para pembaca akan memilih yang kedua.

Maka jadilah demikian. Lengkapi artikel dengan gambar, infografis, foto atau bahkan video maupun podcast. Saingan Anda bukan hanya sesama blogger namun juga youtuber dan content creator visual lainnya.

Jika memang artikel Anda membutuhkan gambar, pastikan untuk mendownload dari sumber yang terpercaya ataupun memang mengijinkan foto tersebut dipakai ulang. Lebih baik lagi jika membuat sendiri.

Dalam memakai gambar, setidaknya Anda sudah membantu para pembaca mengurangi rasa lelah mereka. Mata yang hanya melulu berhadapan dengan kalimat tentu akan mudah lelah, maka selingi dengan foto.

Walau begitu, pastikan bahwa foto dan gambar yang Anda pasang benar-benar cocok dengan permasalahan yang dibahas di artikel. Jangan sampai justru terjadi yang sebaliknya. Bukankah tujuan menyelipkan gambar adalah sebagai pendukung untuk membuat artikel menjadi nampak menarik?

Artikel yang berbobot sangat disukai Google Adsense. Bahkan hal tesebut adalah salah satu syarat mutlak diterima menjadi publisher Google Adsense yang terbaru. 

Percantik Dengan Quotes


Banyak orang meremehkan quotes. Padahal ada banyak sekali manfaat dan tujuan dari menuliskan kutipan di tengah, awal atau akhir postingan. Catatan Adi sering melakukannya.

Adapun beberapa alasan mengapa harus menulis kutipan ata quotes dalam postingan adalah :

1. Mempercantik tampilan konten. Artikel akan terlihat lebih menarik dengan adanya quotes yang cocok.

2. Menekankan suatu gagasan. Tulis ide dan opini Anda dalam quotes agar pembaca tahu apa inti dari artikel yang mereka baca.

3. Mempertegas argumentasi. Jika anda ingin berargumentasi, quotes adalah sarana yang tepat untuk membantu Anda.

4. Sangat cocok untuk sarana softselling. Banyak artikel advertorial yang menulis quotes untuk membantu mereka mempersuasi pembaca.

Buat Listicle Untuk Memudahkan


Jika bahasan Anda terlampau panjang atau kompleks, Catatan Adi sarankan untuk membuat semacam daftar yang akan memecah ide-ide tersebut menjadi poin-poin tersendiri.

Seperti tulisan yang sekarang Anda baca, kami telah memecah langkah-langkahnya menjadi lima, alih-alih menuliskannya secara naratif. Anda juga bisa mencontohnya untuk membuat artikel menjadi lebih enak dibaca dan menarik bagi visitor.

Dalam langkah ini yang terpenting adalah menuliskan sub judul yang tepat. Untuk itu buatlah sebuah rancangan yang memuat struktur artikel sebelum mulai menulis postingan.

Untuk membantu Anda memahami apa itu listicle, silahkan baca artikel sebelumnya yang memang kami tulis untuk membahas hal tesebut.

Jika memang artikel Anda membutuhkan gambar, pastikan untuk mendownload dari sumber yang terpercaya ataupun memang mengijinkan foto tersebut dipakai ulang. Lebih baik lagi jika membuat sendiri. 

Tulis Kesimpulan


Hal ini juga jarang dilakukan oleh para blogger. Ada yang memang mengganggap kesimpulan di akhir artikel tidak terlalu penting. Namun nyatanya dalam beberapa jenis konten, konklusi adalah hal yang penting.

Ada beberapa tujuan dan alasan mengapa harus menulis sebuah kesimpulan, yaitu :

Mempertegas gagasan

Mengingatkan kembali suatu proses

Mempersuasi pembaca

Dalam artikel selanjutnya, Catatan Adi akan membahas tuntas semuanya untuk Anda, termasuk formula untuk membuat suatu kesimpulan yang baik bagi sebuah artikel.

Ini adalah langkah pertama dan paling utama dalam membuat artikel yang menarik. Ingat, sebuah tulisan harus bermanfaat agar para pembaca mendapat kesan.

Kesimpulan


Jadi bagaimana cara membuat artikel yang menarik dan mendatangkan banyak pembaca? Yakni dengan :

1. Membuat artikel yang berbobot.

2. Memberi gambar, foto, video pendukung.

3. Mempercantik dengan quotes.

4. Menulis ide secara listicle.

5. Membuat kesimpulan.

Demikianlah lima langkah mudah dalam membuat sebuah artikel yang menarik bagi pembaca sehingga blog Anda meningkat trafiknya. Apakah Anda memiliki tips yang lain? Punya pendapat dan opini yang berbeda dengan kami? Silahkan bagikan di kolom komentar, dan biarkan pembaca yang lain juga menanggapinya.

Tidak ada tips yang bisa membuat Anda menulis artikel yang baik dan bagus jika tidak pernah dipraktikkan. Selamat berlatih. Para pembaca menanti artikel-artikel menarik Anda.

0 Response to "Cara Menulis Artikel Blog Yang Menarik Dan Disukai Pembaca"

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel