Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Rekomendasi Antivirus Android Terbaik

Memasang aplikasi antivirus buat android di smartphone bisa jadi salah satu cara terbaik untuk menghindari peretasan atau kehilangan data karena malware dan virus. Sebab kini ada banyak website - website maupun aplikasi yang dibuat oleh hacker untuk menyebarkan virus yang bisa membuat hp menjadi jadi lemot, hang, bahkan hingga rusak dan mati total.


Antivirus untuk android
Antivirus Android

Tidak sedikit pula aplikasi yang bisa meretas data pribadi di dalam smartphone. Sehingga file penting seperti foto, video, dokumen, bahkan password yang sifatnya privasi diretas dan diketahui oleh sang pembuat aplikasi tersebut. Oleh karena itu, perlu dilakukan pencegahan atas hal ini dengan cara memasang aplikasi antivirus buat android.

4 Rekomendasi Antivirus buat Android Terbaik Sekarang

Tak perlu bingung bagaimana harus memasang aplikasi antivirus yang ada di smartphone android, berikut ini kita punya beberapa rekomendasi antivirus terbaik yang bisa dicoba.

1. 360 Security

Antivirus untuk android 360 Security
360 Security

Pertama ada 360 Security, aplikasi antivirus buat android yang umumnya sudah terpasang di hampir setiap smartphone. Meskipun ukurannya cukup besar, tapi 360 Security terbilang cukup efektif untuk mencegah virus maupun malware yang masuk ke smartphone.

Selain itu, 360 Security juga punya fitur yang bisa melakukan scanning terhadap aplikasi - aplikasi malware yang sudah terpasang di smartphone sebelumnya. Jadi adanya aplikasi 360 security bisa menghapus virus yang ada.

2. AVG Antivirus

Antivirus untuk android AVG
AVG Antivirus 

AVG Antivirus merupakan software antivirus yang ada di PC maupun untuk android. Dan sejak 10 tahun yang lalu, AVG Antivirus menjadi salah satu antivirus paling terpercaya di PC.

Sama seperti 360 Security, AVG Antivirus juga memiliki fitur dimana anda bisa scan aplikasi yang mencurigakan di dalam smartphone. Selain itu tiap kali anda ingin memasang aplikasi baru, AVG juga akan memeriksa aplikasi tersebut dulu dan memberi peringatan bila mana terdapat indikasi virus dan malware.

AVG Antivirus tersedia gratis di Google Play Store. Namun untuk merasakan fitur lengkapnya, anda perlu membayar sekitar 35 ribu per bulan atau 150 ribu per tahun.

3. Norton Mobile Security

Antivirus untuk android Norton Mobile Security
Norton Mobile Security 

Aplikasi antivirus buat android yang berikutnya adalah Norton Mobile Security. Hampir mirip dengan AVG Antivirus, Norton juga merupakan software yang tersedia untuk PC maupun smartphone android.

Di sini, anda akan mendapatkan proteksi dari berbagai macam virus dan malware. Bahkan Norton punya fitur dimana semua dokumen anda akan terlindungi dari spyware atau aplikasi yang bisa membuka file - file pribadi di dalam penyimpanan android.

Tersedia beberapa macam versi Norton Mobile Security. Ada yang gratis dan yang versi berbayar. Selain itu bila anda sudah memiliki software Norton di PC, anda bisa merasakan fitur premiumnya di android tanpa harus membayar lagi.

4. Google Play Protect

Antivirus untuk android Google Play Protect
Google Play Protect 

Dan aplikasi antivirus buat android yang terakhir dan yang terbaik adalah Google Play Protect. Aplikasi ini dibuat resmi oleh Google dan umumnya langsung terpasang di setiap perangkat Android.

Cara kerja Google Play Protect adalah dengan membandingkan aplikasi yang akan dipasang dengan aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Bila keduanya berbeda, maka Google Play Protect akan memberi peringatan dan menyarankan anda untuk menggunakan aplikasi yang tersedia di Google Play Store saja. Bila smartphone android belum memiliki Google Play Protect,  bisa mengunduhnya di Play Store secara gratis dan tanpa harus membayar lagi untuk fitur lengkap.

Tindakan Mencegah Virus Masuk Smartphone

Sebenarnya selain memasang aplikasi antivirus, ada beberapa tindakan yang bisa kita lakukan untuk mencegah supaya smartphone tidak terserang virus. Beberapa adalah : 

  • Jangan memasang aplikasi yang mencurigakan.
  • Jangan mengunduh file yang tidak jelas.
  • Jangan mengunjungi tautan yang mencurigakan yang bisa menjadi jalan masuk virus.
  • Jangan melakukan transfer file yang tidak jelas sumber dan isinya. 

Melakukan tips di atas dan memasang antivirus adalah juga rangkaian cara merawat smartphone agar tetap awet dan performanya optimal. 

*****

Demikianlah 4 rekomendasi aplikasi antivirus buat android terbaik yang bisa digunakan. Demi menjaga privasi dan agar handphone bisa tetap awet, gunakanlah aplikasi - aplikasi yang sudah disebutkan tadi.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Antivirus Android Terbaik"