Cara Merawat Smartphone Agar Lebih Awet [Tips Penting!]

Catatan Adi - Bagi sebagian besar orang dewasa ini, smartphone adalah bagian tak terpisahkan dari hidup. Bahkan menurut penelitian terbaru di Inggris dan Eropa Barat, kehilangan telepon genggam merupakan hal yang paling mengerikan, dibanding dimarahi atasan atau terjebak macet parah.


Hal yang sama pernah diungkapkan oleh para peneliti dari Universitas Michigan, bahwa smartphone adalah salah satu benda yang wajib di bawa kemanapun.

Hal ini wajar mengingat fungsi smartphone yang begitu banyak. Namun banyak orang tidak menyadari bahwa kebiasaan mereka kadang membuat gadget pintar tersebut lebih cepat rusak.

Untuk itu kali ini Catatan Adi sebagai tempat penyedia berbagai tips dan tutorial akan memberikan cara merawat smartpone agar lebih awet, tahan lama dan berumur panjang.

Baca Juga : 

Cara Merawat Computer

Tutorial Terhindar Dari Begal

Cara Mendapat Pekerjaan Dengan Cepat

5 Situs Yang Siap Membayar Tulisan Anda


1. Jangan sampai daya habis total.


Ini sering menjadi perdebatan banyak orang. Ada beberapa ahli yang mengatakan bahwa smatphone jaman sekarang lebih resisten walau ketika daya habis. Tetapi untuk lebih amannya usahkan agar telepon genggam anda tidak sampai mengalami kehabisan baterai hingga nol persen.

Seperti diungkapkan para peneliti dari sebuah lembaga riset industri di California, Amerika Serikat, bahwasanya kerusakan dan gangguan pada smartphone sering diawali dengan kebiasaan menggunakan telepon genggam hingga daya habis total.

Untuk itu, ada baiknya Anda menjaga telepon genggam Anda agar jangan sampai kehabisan baterai dengan cara mengisi daya secukupnya sebelum bepergian. Ini adalah salah satu upaya merawat smartphone agar lebih awet dan berumur panjang.

Cara Merawat Smartphone Agar Lebih Awet [Tips Penting!]
Cara merawat smartphone ala Catatan Adi


2. Jangan terlalu lama mengisi daya.


Walau memang diyakini beberapa ahli, smartphone masa kini lebih baik dalam mencegah kerusakan akibat pengisian daya berlebih, tetap saja hal ini harus dihindari.

Dilansir dari Kompas, tidak mengisi daya terlalu lama adalah juga cara merawat smartphone agar bisa lebih awet dan memiliki usia lebih lama.

3. Gunakan charger berkualitas baik.


Salah satu cara terbaik merawat smartphone Anda adalah dengan menggunakan charger yang asli. Lebih mantap lagi jika menggunakan pengisi daya original buatan pabrik telepon pintar tersebut.
Menurut New York Times, penggunaan charger sembarangan juga salah satu penyebab rusaknya gadget.

Hal yang sama juga diungkapkan para mahasiswa di Universitas Teknologi Guangdong yang menyebutkan bahwa kerusakan karena gonta-ganti charger menempati urutan pertama di negeri tirai bambu itu.


mengisi daya / catatan adi
Gunakan charger yang berkualitas
Berdasarkan hal ini, maka tidak bisa tidak, anda harus menggunakan charger yang asli atau berkualitas baik. Perhatikan kecocokan ampere dan volt dari telepon pintar dan charger yang akan digunakan. Ini juga merupakan salah satu bagian dari cara merawat smartphone yang harus diketahui. 

4. Jaga agar tidak terlalu panas.


Cara merawat smartphone selanjutnya adalah menjaga agar ponsel tidak terlalu panas. Caranya dengan tidak menggunakan ponsel terus menerus dalam jangka waktu lama. Juga hindari melakukan multitasking berlebihan.

5. Jangan suka melakukan root.


Memang untuk alasan tertentu kita terpaksa melakukan root. Hal ini bisa mengembalikan ponsel yang tadinya bermasalah. Namun melakukan ini secara terus menerus dapat merusak software dan sistem dalam handpone.

Seperti diberitakan oleh People Daily, sebaiknya tidak melakukan root kecuali karena terpaksa. Hal ini karena akan membuat umur ponsel menjadi lebih pendek secara keseluruhan.

6. Jauhkan dari suhu yang tinggi.


Hindari menggunakan atau menyimpan ponsel di ruangan bersuhu tinggi. Anda bisa merasakan sendiri bagaimana kinerja ponsel akan menjadi lebih lambat termasuk waktu pengisian menjadi lebih lama ketika suhu ruangan tinggi.

7. Bersihkan rutin dan secukupnya.


Cara merawat handphone berikutnya yang harus Anda tahu adalah dengan membersihkan rutin namun tidak berlebihan. Jangan gunakan sabun, pembersih kimia atau cairan pembersih sembarangan.

Cukup gunakan lap yang lembut, tisu basah atau alat-alat sejenisnya. Bersihkan ponsel di bagian chasis dan tidak perlu membongkarnya. Kecuali Anda mengetahui seluk beluk telepon genggam dengan baik.

8. Gunakan pelindung.


Hal ini seringkali diremehkan. Padahal menurut hasil penelitian dari sebuah organisasi teknologi yang berfokus pada pengembangan teknologi nano di Paris, Perancis, makin hari ukuran komponen smartphone makin kecil. Namun ini tak berarti mereka makin tangguh terhadap ancaman.

Para pengembang hardware di Silicon Valley maupun Korea juga merekomendasikan para pengguna telepon pintar untuk menggunakan pelindung seperti tempered glass atau softcase.

9. Jangan sering melempar smatphone Anda.


Jangan suka melempar gadget Anda, baik itu ke sofa, tempat tidur atau bantal. Guncangan yang keras akan mempengaruhi komponen yang ada di dalamnya. Untuk merawat handpone Anda agar lebih lama, hilangkan kebiasaan ini.

10. Pasang antivirus.


Cara merawat smartphone selanjutnya adalah dengan memasang antivirus. Hal ini penting untuk mencegah masuknya virus, malware atau program jahat lainnya menginfeksi ponsel Anda.

Beberapa sumber referensi terpercaya juga mewajibkan para pengguna untuk melakukan scanning virus secara rutin. Hal ini adalah cara merawat ponsel pintar Anda agar terhindar dari peretasan.

11. Jangan bebani RAM/ROM dengan file yang berlebihan.


Salah satu cara merawat smatphone kita agar lebih tahan lama dan memiliki performa baik adalah dengan tidak memberi beban para RAM / ROM melebihi kapasitas.

Justru usahakan untuk memberi sisa dari batas yang diwajibkan. Menyimpan file di penyimpanan internal ponsel kita dapat menyebabkan kinerja ponsel menjadi lebih lambat.

12. Jangan dekatkan dengan magnet.


Para mahasiswa dari Universiti teknologi Malaysia menemukan bahwa beberapa jenis handpone tertentu lebih rentan rusak jika didekatkan dengan sumber elektromagnet. Hal ini harus jadi perhatian kita semua.

Usahakan untuk tidak meletakkan ponsel pintar di dekat sumber gelombang elektromagnet. Jangan mengambil resiko atau komponen gadget kita menjadi taruhannya.

13. Jangan menaruh barang di atas smartphone.


Orang sering sembrono dengan menaruh banyak barang di atas ponsel mereka. Hal ini dapat membuat telepon genggam menjadi rusak. Bagian yang paling rentan rusak adalah layar handpohne  yang terkena beban secara langsung.

14. Servis smartphone Anda ke tempat yang terpercaya.


Semakin banyak orang yang membuka jasa perbaikan smartphone. Hal ini memang menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Namun demikian Anda wajib waspada.

Selalu gunakan jasa perbaikan ponsel yang terpercaya, baik itu urusan hardware maupun software. Dilansir dailymail, pencurian data dari ponsel merupakan kejahatan serius yang wajib diwaspadai. Karena akibatnya bisa fatal, seperti bobolnya kartu kredit hingga diretasnya akun sosial media pengguna.

15. Selalu lakukan pembaharuan sistem yang dibutuhkan.


Ini juga adalah hal yang terpenting dalam upaya merawat smartphone Anda agar menjadi lebih awet. Selalu download dan upgrade sistem dalam telepon pintar Anda ke versi yang lebih baru.


pembaharuan sistem smartphone / catatan adi
Jangan lupa update sistem operasi Anda


Para ahli teknologi di Swiss baru-baru ini menemukan bahwasanya ada kecenderungan semakin banyaknya malware dan virus yang bertujuan menyerang telepon pintar. Untuk mencegah hal itu, lakukan peningkatan sistem keamanan dan upgrade OS smartphone Anda secara rutin.

Demikianlah artikel kali ini tentang cara merawat smartphone agar awet. Baca juga artikel tentang cara merawat sepeda motor Anda sehingga selalu dalam performa maksimal. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Cara Merawat Smartphone Agar Lebih Awet [Tips Penting!]"

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel