Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

OPERASI VALKYRIE : RENCANA KUDETA MILITER JERMAN

Sejak 1943 dan khususnya semester pertama 1944, perang menjadi cukup memberatkan bagi pihak Jerman. Ketakutan bahwa negeri mereka akan semakin hancur ketika kalah, membuat oknum militer Jerman kalut. Mereka menjadi nekat untuk melakukan sesuatu yang sangat berisiko : membunuh Hitler.

Semakin Terjepit

Ada banyak alasan kenapa Hitler harus mati, setidaknya digulingkan : 

  • Ia seorang maniak yang terobsesi pada filsafat ras. Kebenciannya kepada orang Yahudi sungguh tidak bisa dimaafkan. Hal tersebut membuat masyarakat Eropa terpecah dan jutaan penduduk keturunan Ibrani hidup bak neraka.
  • Ideologi Hitler, yakni Nasionalis-Sosialis tak lebih dari sebuah pandangan fasistik, narsistik dan megalomaniak yang menghancurkan iklim demokrasi.
  • Blunder bertubi-tubi membuat pasukan Jerman terdesak. Blitzkrieg gagal menghancurkan Tentara Merah. Sekutu hampir dipastikan akan tiba di Jerman. Saat itu, maka negara yang juga menjadi pesakitan paska Perang Dunia 1 lalu akan makin merana.

Meski demikian, hingga tahun 1944, Third Reich masih bisa mempertahankan posisi di beberapa front. Setidaknya Uni Soviet masih harus bertahan dari invasi Jerman ke Front Timur. dan belum mampu membangun serangan. Di Italia, Nazi bahkan berhasil membebaskan Mussolini serta membentuk Negara Italia Utara yang sama-sama berideologi fasis. 

Namun sebenarnya semua tinggal menunggu waktu. Amerika sudah turun tangan. Di Afrika, Blok Poros kalah dari Inggris yang makin superior. Sedang Italia benar-benar sudah tak bisa diharapkan.

Daftar Upaya Pembunuhan Atas Hitler

Operasi Valkyrie
Operasi Valkyrie

Ternyata Plot 20 Juli atau yang juga dikenal sebagai Operasi Valkyrie bukan satu-satunya upaya membunuh Sang Fuhrer. Ada banyak percobaan yang sudah dilakukan sebelumnya, dan semuanya memiliki satu kesamaan penting : sama-sama gagal total.

Dari data yang dikumpulkan National Archives, berikut adalah beberapa percobaan pembunuhan dengan Hitler sebagai targetnya : 

  1. Peristiwa Munich 1921. Terjadi penembakan di sebuah bar di Munchen. Kala itu Hitler masih sangat muda dan belum menjadi penguasa Jerman. Ia hanyalah seorang kader radikal yang berpidato secara berapi-api seperti biasa. Tiba-tiba sekelompok orang misterius memulai kekacauan. Mereka menggunakan berbagai senjata tajam dan juga pistol. Peluru ditembakkan ke arah podium, tetapi Adolf tidak terluka sedikitpun. Inilah percobaan pembunuhan Hitler bahkan ketika sebelum menjadi Fuhrer.
  2. Rencana Pembunuhan Oleh Maurice Bavaud. Maurice adalah seorang pemuda Katolik yang taat. Ia memendam kebencian sejak lama kepada sosok Hitler yang berkeliling Jerman sambil menyebarkan ideologi Nasionalis-Sosialis. Maurice menyebut pemimpin Partai Nazi itu sebagai inkarnasi setan dan adalah kewajibannya untuk melenyapkan Adolf. Kesempatan itu akhirnya datang. Pada November 1938, Maurice berkesempatan mengikuti pertemuan para anggota pengagum Hitler. Ia kemudian menemukan momen yang tepat untuk menembak sang calon pendiri Third Reich itu. Sayang pada saat itu, para anggota lainnya melakukan salam khas Nazi - mengangkat tangan mereka ke atas. Hal itu mengganggu pandangannya. Ia kemudian tertangkap saat akan naik kereta. Gestapo menemukan pistol dan barang bukti lainnya. Ia dieksekusi pada bulan Mei 1941 setelah akhirnya mengakui rencana pembunuhannya.
  3. Pemboman Munich, 8 November 1939. Sebuah rencana gila muncul di benak Georg Elser, seorang pria jenius. Sebagai penganut komunis, Elser benar-benar membenci Hitler. Namun ia punya rencana yang sangat matang dan bahkan sangat niat. Tahun Hitler akan berpidato di sebuah gedung di Munich, ia memasang bom di sana. Bukan sembarang bom, tetapi itu adalah bom waktu yang sudah diatur akan meledak 144 jam kemudian. Itu artinya Elser memasang bom itu 144 jam sebelum Hitler. Apa daya, karena perang, Hitler memulai serta mengakhiri pidato lebih cepat. 8 menit sebelum bom meledak, Adolf sudah meninggalkan gedung. Beberapa orang tewas dan lainnya luka-luka karena peristiwa itu. Elser akhirnya tertangkap lalu dihukum mati.
  4. Upaya Peledakan di Udara. Pada 1943, seorang staf militer bernama Henning von Tresckow memberikan paket berisi bom yang disamarkan sebagai botol brandy. Ia menyetel bom itu untuk meledak ketika pesawat sedang di udara. Apa dinyana, kabar menyebutkan pesawat Hitler mendarat dengan selamat tanpa ada kejadian apapun. Ternyata mesin bom itu rusak. 
  5. Rencana Bom Bunuh Diri yang Gagal. Tidak berhenti sampai situ, Tresckow menyiapkan rencana lainnya. Kali ini ia bekerja sama dengan Rudolf von Gertsdorff, seorang petugas militer Jerman untuk melakukan aksi bom bunuh diri. Namun lagi-lagi upaya ini gagal karena Hitler yang pada saat itu mengikuti suatu acara tiba-tiba berada terlalu jauh dari Rudolf.

Selain lima upaya pembunuhan gagal tersebut, ada satu peristiwa lagi yang bahkan menjadi sangat terkenal hingga hari ini, yaitu Rencana 20 Juli.

Rencana Operasi Valkyrie

Apa itu Operasi Valkyrie? Ini merupakan upaya pembunuhan Hitler yang paling dramatis. Para perwira angkatan bersenjata Jerman mengadakan persekongkolan untuk membunuh Sang Fuhrer.

Apa tujuan Plot 20 Juli? Untuk mengambil alih kekuasaan dari Nazi lalu mengadakan perundingan dengan sekutu. Dari kacamata seorang Nazi, tentu rencana itu adalah tindakan pengkhianatan terhadap negara. Sedang bagi Claus, Hitler adalah penyebab Perang Dunia II dan harus bertanggung jawab atas derita yang dialami bangsa Jerman. 

Pada 20 Juli, seorang kolonel cacat bernama Claus von Stauffenberg mengikuti rapat dengan Hitler. Dia adalah seorang prajurit Jerman yang kehilangan salah satu mata serta tangannya saat pertempuran Afrika Utara. 

Claus membawa tas berisi bom yang ia letakkan sedekat mungkin dengan Hitler. Di tengah rapat, ia keluar dan bom meledak. Beberapa orang tewas tapi ajaibnya Hitler tidak. Ternyata seorang staf memindahkan tas Claus sehingga tidak terlalu dekat dengan posisi Adolf. 

Rencana untuk memobilisasi pasukan cadangan agar menangkap semua loyalis Hitler gagal. Claus beserta gerombolannya dihukum mati. Hitler kemudian dikenal sebagai seorang yang abadi. Namun pada akhir perang, ia justru mati bunuh diri. 

Referensi : 

https://www.history.com/news/6-assassination-attempts-on-adolf-hitler

https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_assassination_attempts_on_Adolf_Hitler

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "OPERASI VALKYRIE : RENCANA KUDETA MILITER JERMAN"

Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label

Foto dan Cerita Artis

Recent Posts Label

Berlangganan via Email