Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dewa-Dewa Utama Agama Yunani Kuno

Hampir sama nasibnya dengan mitologi Nordik, agama orang Yunani kuno bisa dikatakan sudah musnah. Meski demikian, nampaknya karakter dan cerita yang ada tetap berkembang lalu diwariskan dari generasi ke generasi. Bahkan beberapa diantaranya tetap hidup melalui budaya populer seperti film.

Agama dan mitologi Yunani tetap hidup karena memang mengandung banyak kisah seru antara dewa, monster dan manusia. Berbeda dengan kisah dari agama Kristen maupun Yahudi, entinitas yang penuh kuasa seperti Zeus bisa berkomunikasi dengan banyak penyembahnya bahkan kemudian menikahi manusia dan menurunkan banyak keturunan manusia setengah dewa.

Berikut adalah daftar dewa-dewa utama mitologi Yunani atau yang sering disebut sebagai Dewa Olimpian. Masing-masing memiliki kekuatan tersendiri yang terkadang mewakili simbolisme kekuatan alam. 

Daftar 12 dewa olimpus
Dewa Yunani


Zeus 

Zeus adalah penguasa Olimpus sekaligus ayah dari para Dewa. Dia bisa disetarakan dengan Odin dalam mitologi Norse. Senjatanya adalah petir, suatu elemen alam yang melambangkan kekuatan dan kegagahan.

Meski merupakan pemimpin para dewa, Zeus kerap berlaku tidak elok. Dia gemar berselingkuh, baik dengan dewa maupun manusia. Salah satu keturunan Zeus yang terkenal adalah Herakles atau Herkules. 

Poseidon

Poseidon adalah dewa penguasa lautan dan samudera. Dia memiliki semacam kerajaan sendiri di laut. Senjatanya adalah trisula dan dia mendapatkan pemujaan yang luar biasa, khususnya dari para pelaut. 

Poseidon juga dikenal sangat tempramental. Meski demikian, karena statusnya sebagai dewa lautan dan sungai, dia tetap ditakuti. Poseidon dikenal juga sebagai pencipta kuda. 

Hades

Hades adalah penguasa kematian dan dunia bawah. Dia merupakan saudara dari Zeus dan dianggap memiliki kekuatan yang nyaris setara dengannya maupun Poseidon.

Hades dikatakan menjadi korban Eros. Dia dipanah lalu jadi jatuh cinta pada Persefone. Hades lalu membawa dewi cantik itu ke kerajaannya yang jelas keadaannya tidak begitu membahagiakan. 

Hera

Hera adalah ibu para dewi sekaligus ratu Olimpus. Walau begitu, nasibnya tidak terlalu baik. Dia memiliki Zeus, suami yang doyan keluyuran dan menikahi manusia. 

Ares 

Ares adalah dewa perang yang dipuja oleh orang Yunani Kuna. Dia memiliki kekuatan yang dahsyat dan sangat ditakuti. Ares punya dua putra, yakni Phobos dan Deimos. 

Athena

Athena adalah dewi kebijaksanaan sekaligus pelindung kota Athena. Dia adalah anak dari Zeus. Ada beberapa anggapan bahwa sebenarnya Athena adalah dewi orang Mesir atau Libya yang dibawa masuk ke dalam mitologi Yunani Kuno. 

Artemis

Artemis adalah dewi perburuan bangsa Yunani. Dia juga disembah oleh masyarakat di Asia Kecil. Kitab suci Kristen juga menyebutkan pertemuan antara Rasul Paulus dan para pemuja Artemis. 

Apollo

Apollo adalah saudara Artemis. Dia memiliki senjata yaitu panah. Keduanya merupakan anak dari Zeus dan Leto. 

Hestia

Hestia adalah dewi penjaga keluarga dan perapian. Perapian sangat penting maknanya untuk orang Eropa, Asia kecil dan Yunani. Hestia mendapatkan pemujaan luar biasa dari orang-orang.

Hestia adalah saudari Zeus dan anak dari Kronos. Itu berarti bahwa Hestia juga saudari dari Aphrodite. Meski demikan, berbeda dengan Aphrodite, Hestia tetap perawan dan berjanji akan menjaga dirinya dari nafsu dan keduniawian. 

Hermes

Hermes adalah anak Zeus dari seorang manusia bernama Maia. Dia merupakan dewa penjaga perbatasan, olahraga dan perdagangan. Dalam kiprah selanjutnya, Hermes sering disebut sebagai dewa pembawa pesan. 

Hephaestus

Hephaestus adalah dewa api dan pertukangan. Dialah yang membuat senjata hebat untuk para dewa. Namun meski demikian nyatanya nasibnya tragis. Berkali-kali dia dikhianati oleh istrinya, Aphrodite. 

Hephaestus memang bukan dewa sempurna. Ia pincang. Karena itulah, meski orang tuanya adalah Zeus dan Hera, nasibnya merana. Dia dibuang oleh Hera dan jatuh ke Pulau Lemnos. Di sana, dia dirawat oleh penduduk setempat. 

Meski demikian, Hephastus bukan dewa sembarangan. Ia menciptakan banyak mesin, salah satunya yang mampu membuat Hera terjebak dan berjanji akan mengembalikannya ke Olimpus jika dibebaskan. Hephaestus juga membuat jaring logam yang menjerat istrinya ketika sedang ena-ena dengan Ares lalu mempermalukan keduanya. 

Aphrodite 

Aphrodite atau Afrodit atau Cypris adalah dewa kesuburan, kecantikan dan gairah. Dia digambarkan sebagai wanita dengan paras yang sangat cantik. 

Aphrodite lahir dari bagian tubuh Titan Kronos yang tercebut ke dalam lautan. Bagian tubuh itu lalu berbuih dan membentuk diri Aphrodite. Itu berarti Aphrodite adalah saudari Zeus.

Sebagai seorang dewi yang masuk golongan Olimpian, Aphrodite menikmati pemujaan yang cukup luas dari para pengikutnya. 

Aphrodite menikah dengan Hephaestus tetapi kisah yang tersebar luas menyebutkan dirinya punya banyak sekali selingkuhan. Dia bahkan menjadi semacam kekasih bagi Ares dan pernah juga berhubungan badan dengan Poseidon.

Selain dengan dewa, Aphrodite juga pernah beberapa kali melakukan hubungan dengan manusia. Dua diantaranya atau mungkin yang paling terkenal, adalah Adonis dan Anchises.

***********

Itulah daftar dewa-dewa Yunani dengan kekuatan dan sekelumit kisah mereka. Meski sempat berkembang dan kemudian bahkan diadopsi menjadi Agama Romawi, namun nasib mitologi Yunani tak ubahnya seperti agama lokal Nusantara. Sebagian punah, sebagian menuju ajal. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Dewa-Dewa Utama Agama Yunani Kuno"

Artikel Pilihan Hari Ini

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label