Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mempertahankan Kebiasaan Menulis Meski Trafik Turun

Berikut ini adalah cara yang sudah aku lakukan untuk terus membuatku menulis artikel meski trafik menurun. Sebagai seorang blogger yang memulai blog Catatan Adi sejak sekitar 2018, ada berbagai macam cobaan yang sudah aku lalui, salah satunya yang terbesar adalah trafik organik yang menurun. 

Meski demikian aku tetap bisa mempertahankan kebiasaan menulis dengan melakukan tiga cara ini : 

  1. Cari tujuan lain selain trafik. Ada beberapa hal yang membuat aku terus menulis selain untuk trafik, misalnya membuat blog menjadi kaya konten, membuat konten baru yang bisa bersaing di SERP, hingga melakukan eksperimen baru dalam menulis. 
  2. Membuat konten yang lebih baik. Turunnya trafik adalah sebuah masalah bagi blogger. Bukannya dihindari, justru hal ini harus diteliti dan dipecahkan. Cara untuk menanggapi turunnya jumlah visitor organik adalah dengan membuat konten baru dengan berbagai jenis, misal membuat evergreen content atau sebaliknya ikut menulis sesuatu yang sedang ngetrend. 
  3. Jadikan menulis sebagai sebuah gaya hidup. Ini adalah level lanjutan dari menulis untuk iseng. Ketika menulis atau dalam hal ini adalah blogging sudah menyatu dengan kehidupan kita, maka akan ada hal yang kurang ketika kita tidak menulis. 
3 Cara Mempertahankan Kebiasaan Menulis Meski Trafik Turun
Terus menulis blog

Itulah tips yang aku lakukan dalam mengelola blog Catatan Adi. Selanjutnya baca juga ulasanku tentang manfaat menulis secara rutin yang ternyata banyak sekali. Semoga juga bermanfaat untuk teman-teman blogger Indonesia semuanya. 

Adi
Adi Saya adalah seorang blogger yang sudah menulis di blog sejak 2010. Blog ini terbuka untuk berbagai kerjasama, seperti sewa banner, content placement ataupun review produk.

Posting Komentar untuk "3 Cara Mempertahankan Kebiasaan Menulis Meski Trafik Turun"