Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pintu Diketuk Tengah Malam, Lakukan Ini!

Belakangan ini santer isu lampor alias hantu keranda terbang. Isu tersebut semakin populer dengan adanya banyak video yang diunggah di media sosial berisi kesaksian orang-orang yang pintu rumahnya diketuk tengah malam. 

Lantas apa yang harus dilakukan ketika kita juga mengalaminya? Pertama-tama ingat bahwa bisa jadi itu ulah orang jahat yang siap menyerang ketika tuan rumah membukakan pintu. Untuk itu, lakukan hal berikut : 

  1. Intiplah dari jendela atau lubang kunci jika memungkinkan. Apabila itu orang yang Anda kenal namun bukan keluarga, tanyakan dahulu keperluannya tanpa membukakan pintu. Jika dirasa keperluannya tidak terlalu penting atau aneh, jangan bukakan dan minta datang besok pagi. 
  2. Jangan sendirian. Bangunkan anggota keluarga yang lain sebanyak mungkin. Termasuk ketika Anda sadar itu adalah kerabat Anda, tetap berjaga-jagalah.
  3. Jika memang mencurigai si pengetuk pintu, telponlah ketua RT atau tetangga terdekat untuk datang membantu. Minimal bisa menjadi tindakan pencegahan. 
  4. Selalu waspadah. Anda bisa memilih untuk menghapiri pintu, mendengarkan dengan seksama bila ada percakapan dan jangan pernah membukakannya sampai si pengetuk pergi. 
tips bila pintu diketuk tengah malam
Isu hantu lampor

Ingatlah bahwa modus kejahatan bisa bermacam-macam. Jangan takut berlebihan apalagi teledor. Tetap waspada agar bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

4 komentar untuk "Pintu Diketuk Tengah Malam, Lakukan Ini!"

  1. Iya ya, kemarin santer isu lampor atau keranda terbang, padahal bisa jadi orang yang berniat jahat. Kalo ada yang ngetuk pintu tengah malam wajib waspada,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bena sekali mas. Ayo tingkatkan kewasadaan.

      Hapus
  2. Serem juga ya bisa terjadi hal seperti itu, untungnya disini orangnya udah paham-paham kalau udah malem adalah waktunya istirahat, apalagi kalau pintu rumah sudah ditutup.Kecuali memang keadaan darurat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Takutnya memang ini adalah cara untuk melakukan kriminalitas. Jadi sengaja.

      Hapus

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pilihan Hari Ini