Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tumbal Proyek, Sejarah dan Fakta Sebenarnya

Tumbal proyek atau tuproy telah berkembang bukan hanya menjadi mitos untuk menakut-nakuti anak kecil agar segera pulang ketika senja menyapa. Banyak konten media sosial yang berisi kisah-kisah seram ataupun urban legend seputar tuproy.

Pada dasarnya, cerita tumbal proyek belum bisa dibuktikan kebenarannya. Justru yang ada hanyalah gosip yang bersumber dari katanya si ini atau si anu. 

Memang harus diakui, pada proyek-proyek tertentu bisa saja ada pekerja yang mati karena kecelakaan kerja. Terkadang juga penduduk sekitar yang jadi korban. Namun semuanya itu belum bisa memvalidasi secara resmi bahwa mitos tumbal proyek memang ada. 

Berbeda seperti misalnya gosip tentang Kuyang yang cenderung adalah kisah lokal di lokasi tertentu, misteri tumbal proyek sudah naik ke level nasional. Hampir semua masyarakat di berbagai lapisan dan tempat pernah mendengar isu ini. 

Tumbal Proyek
Tumbal Proyek

Lantas apa tujuan menumbalkan seseorang untuk jadi tuproy? Pada dasarnya semua itu berawal dari pandangan bahwa suatu bangunan akan kokoh jika ada sosok yang menjaga. Nantinya para tumbal proyek akan dijadikan penjaga dalam bentuk hantu atau mahkluk halus. Sungguh mengenaskan. Sudah ditumbalkan arwahnya masih diperbudak. 

Tumbal Proyek Kepala Kerbau

Ada beberapa bentuk tumbal proyek. Pertama adalah hewan. Kalau bagian yang ini, mungkin juga pernah benar-benar dilakukan. Cerita yang berkembang di masyarakat adalah panitia pembangunan, entah itu gedung, jembatan, bendungan atau semacamnya akan mengorbankan kerbau maupun sapi dan kepalanya di tanam di tanah dekat fondasi.

Tumbal Proyek Perkerja

Selain hewan, justru yang beredar di masyarakat adalah para pekerja atau kulproy (kuli proyek) yang kemudian di jadikan tumbal. Mereka akan dibunuh dengan cara sadis seperti ditimbun adonan semen, dikubur hidup-hidup atau didorong dari lantai atas dan mati. 

Isu kedua yang cukup meresahkan adalah terbunuhnya para kulproy dengan cara yang terlihat wajar padahal itu ulah setan. Bisa saja mereka mati karena kecelakaan kerja atau sakit. 

Tumbal Proyek Anak dan Remaja

Pada media 90an, anak-anak di kota besar dan wilayah urban takut dengan mobol jeep. Mereka menyebutnya mobil penculik. Ini karena isu bahwa penculik akan mengambil anak-anak untuk dijadikan tuproy pada proyek-proyek bangunan. 

Kriminalitas

Tentu ini sangat meresahkan. Isu tuproy terus bergulir, bahkan sempat juga berkembang menjadi gosip adanya Andong Pocong yang menculik anak-anak untuk dijadikan tumbal jembatan Suramadu. Di Jawa Tengah, Andong Pocong berkembang menjadi isu penculikan untuk diambil organ tubuhnya.

Kewaspadaan tinggi memang perlu dilakukan terkait isu-isu seperti ini. Apakah biang keladinya adalah komplotan penculik yang memanfaatkan mitos tumbal proyek? Atau hanyalah buah dari keisengan masyarakat yang memang pintar membuat kisah horor? Tidak ada yang tahu. 

Asal perlu diingat Indonesia adalah gudangnya mitos dan urban legend. Bahkan negeri ini juga kaya akan makhluk halus. Salah satu contohnya bisa dilihat di daftar lengkap hantu di Indonesia

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

2 komentar untuk "Tumbal Proyek, Sejarah dan Fakta Sebenarnya"

  1. tumbal proyek kalo dilihat dari sisi mistisnya mungkin memang ada mas, seperti cerita-cerita jaman dulu penjajahan belanda, yang aku denger pekerja yang di jadikan tumbal

    BalasHapus

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pilihan Hari Ini