Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Riset Keywords Dari Surat Kabar

Ini adalah kunci dan tips untuk mendapatkan keywords dari surat kabar dengan mudah namun bisa berpotensi mendapatkan volume pencarian yang tinggi. 

Seperti diketahui di Indonesia masih ada cukup banyak surat kabar cetak yang bertahan hingga saat ini. Mereka mengandalkan pemasukan dari iklan, biaya berlangganan kustomer dan lainnya. Bisa dikatakan hanya surat kabar dengan fundamental yang kuat dan dipimpin oleh para pemimpin bervisi hebat yang mampu bertahan.

Sebagai blogger Anda bisa memanfaatkan surat kabar untuk mencari keywords, bahkan langsung dalam bentuk frasa dan kalimat mentah tanpa perlu mengubahnya. Ini karena bahasa dari surat kabar biasanya bahasa baku dan sudah sesuai dengan PUEBI.

Lalu bagaimana caranya? Berikut beberapa yang bisa Anda lakukan : 

Headlines. Kepala berita atau headlines bisa langsung dijadikan kata kunci. Mengapa? Karena di surat kabar yang besar, pemilihan kalimat dalam headlinie tidak main-main. Ada serangkaian proses yang harus dilalui. Dengan mendapatkan kata kunci dari headline, Anda sudah selangkah dalam membuat keywords.

Halaman Utama. Carilah kata kunci dari berita-berita yang tampil di halaman utama. Biasanya ini berita yang sedang ngetrend atau hype. Jangan sampai terlambat. Setelah mendapatkannya, langsung saja buat artikel lalu publish.

Featured. Kolom fitur juga bisa menjadi sarana mendapatkan ide menulis artikel. Carilah jenis berita ringan ataupun artikel yang sesuai dengan niche blog Anda lalu ambil dan kembangkan. 

Lowongan Kerja. Kata kunci selanjutnya bisa Anda dapatkan di kolom lowongan kerja. Tidak main-main, lowker adalah niche yang juga termasuk populer di Indonesia.

Local SEO. Kabar-kabar lokal juga biasanya dimunculkan di halaman-halaman khusus. Ini adalah sesuatu yang harus Anda manfaatkan. Pelajari local SEO untuk bisa memaksimalkan kata kunci yang sudah didapatkan. 

mencari keywords dari koran

Bukan hanya mencomot kata atau kalimat penting yang muncul di koran, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan agar riset keywords di surat kabar ini berhasil, efektif serta efisien. Apa saja itu?

  1. Pilih surat kabar yang bonafid.
  2. Pilih artikel yang memang menjelaskan dengan baik kata kunci yang dibidik.
  3. Dapatkan keywords utama serta keywords turunan lain yang digunakan.
  4. Amati dan telaah apakah jika menggunakan keywords ini artikel Anda masih cukup punya waktu untuk bersaing di mesin pencari.
  5. Waspadalah karena pada dasarnya berita di koran bisa jadi menimbulkan polemik dan perdebatan. Meski ini juga modal utama agar artikel bisa viral namun jika tidak siap dengan itu semua Anda bisa kelabakan dan repot sendiri.
  6. Pahami dasar-dasar jurnalistik.
  7. Pastikan yang Anda ambil adalah keyword, bukannya melakukan plagiasi secara utuh dan menyeluruh atas suatu artikel. 
  8. Cobalah untuk melakukan riset dengan menggunakan lebih dari 4 surat kabar agar Anda punya insight yang tepat mengenak kata kunci yang benar-benar sedang viral serta bisa memiliki volume pencarian tinggi di mesin pencari nantinya.
  9. Uji semua kata kunci yang didapatkan dengan tools misal Google Trends atau Ubbersuggest. 
  10. Tidak semua kata kunci layak digunakan. Seleksi kembali mana yang benar-benar berharga mana yang terpaksa harus dibuang.
Itulah tips untuk menemukan keywords yang tepat di surat kabar. Sebagai blogger, kemampuan menganalisa suatu artikel Anda benar-benar diuji. Jika mampu melakukannya maka selamat, setiap hari Anda akan dengan mudah mendapatkan kata kunci untuk menulis artikel blog. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Cara Riset Keywords Dari Surat Kabar"

Artikel Pilihan Hari Ini

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label