23 Macam Artikel Blog

Ada berbagai macam jenis artikel blog. Beberapa diantaranya mungkin sudah familiar bagi Anda, namun pasti ada yang belum pernah dikenal. Adanya aneka jenis artikel tersebut memang merupakan sebuah keniscayaan mengingat bahwa ada jutaan blogger dengan gaya menulis yang berbeda.

Lalu jenis artikel mana yang menjadi favorit Anda? Apakah kita perlu mengetahui semuanya itu? Sebenarnya tidak perlu namun ada baiknya seorang blogger memiliki variasi dalam menulis, sehingga tidak hanya terpaku pada satu jenis gaya tulisan dan jenis saja.

jenis-jenis artikel
Jenis-jenis artikel

Dalam kesempatan kali ini, Catatan Adi sebagai sumber referensi dan konten berkualitas akan berbagai mengenai 23 jenis artikel blog paling populer yang sering ditemui di blog para blogger baik itu dalam maupun luar negeri.

1. Interview

Ini adalah sebuah jenis artikel yang masuk dalam ranah jurnalistik, walau kemudian berkembang menjadi lebih luwes dan ada yang bahkan tak terikat kaidah-kaidah jurnalisme. Di dalam artikel interview, penulis menyajikan hasil diskusi atau tanya jawab dengan seseorang yang dianggap lebih ahli atau mumpuni dalam suatu kasus.

Dahulu, artikel inteview sangat mahal harganya Berbagai majalah, surat kabar dan portal berita akan dengan sukarela membayar penulis dengan cost yang tinggi, bahkan hingga sampai puluhan juta rupiah. Terlebih jika yang ditampilkan adalah tokoh besar kenamaan.

Jika Anda kebetulan mengenal beberapa tokoh terkenal atau publik figur, maka cobalah untuk melakukan interview dan menuliskannya menjadi sebuah artikel, lalu tayangkan di blog Anda. Pembaca akan berdatangan jika merasa postingan Anda menarik dan bermanfaat.

2. Investigasi

Investigasi adalah ibu dari semua jenis artikel dan berita. Tidak banyak wartawan atau penulis yang bersedia melakukan penyelidikan dan riset mendalam untuk menghasilkan sebuah konten investigasi yang menarik,  berbobot dan berhasil mengungkap sebuah kebenaran yang berusaha ditutupi.

Di Indonesia, beberapa portal berita dan media online yang cukup gemar melakukan investigasi adalah Tempo, Tirto dan Remotivi. Sedang sisanya yang lain masih asyik berkutat di ranah copywriter atau studi pustaka / literasi. Padahal investigasi sangat diperlukan bagi masyarakat untuk dapat mengetahui kebenaran sebuah fenomena.

Apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang blogger investigasi? Jika kemampuan menulis Anda mumpuni, memiliki naluri bak detektif, mempunyai kebenaran tingkat dewa serta terusik untuk mengungkap sesuatu yang  dirasa janggal, maka silahkan mencoba membuat tulisan jenis ini.

3. Liputan

Artikel liputan juga masih menjadi andalan dari berbagai media. Banyak event menarik yang terjadi dan sebenarnya menarik, seperti konser musik, perhelatan kesenian, peristiwa kerusuhan, bencana alam hingga tawuran antara emak-emak di sebuah kampung. Sayang media online maupun portal berita tidak memiliki SDM yang mencukupi. Inilah kesempatan bagi Anda.

Untuk bisa menjadi peliput yang handal, setidaknya Anda juga harus belajar membuat artikel berjenis investigasi maupun interview. Ini untuk menunjang konten Anda agar terlihat lebih berkualitas, dalam, menarik dan mampu mengundang pujian masyarakat.

Ada tips untuk Anda yang ingin menjadi blogger dengan fokus artikel liputan. Selalu usahakan untuk menangkap momen unik dalam bentuk gambar atau video. Hal ini bisa menjadi nilai lebih bagi artikel yang nanti Anda tayangkan di blog.

4. Argumentasi / Opini

Argumentasi adalah jenis artikel keempat yang juga cukup populer di kalangan masyarakat dan dunia media online. Selain itu, artikel ini mirip dengan opini. Intinya, Anda sebagai blogger menyajikan beberapa opini atau pendapat dalam bentuk tulisan.

Beberapa tips yang perlu Anda lakukan jika memang ingin menjadi penulis artikel argumentatif / opini adalah belajarlah untuk membuat struktur kalimat dan kerangka artikel yang baik. Latih diri Anda untuk bisa menyusun alur logika yang jernih dan tidak meloncat-loncat.

Tips lainnya, untuk memperkuat argumen, opini, ide, atau gagasan, banyak-banyaklah belajar untuk menghafal sinonim, definisi atau istilah-istilah baik bersifat ilmiah maupun populer. Artikel Anda pasti akan terlihat lebih baik dengan itu semua.

5. Advertorial

Sebenarnya advertorial adalah sebuah artikel titipan, baik itu ditulis oleh sang pemilik blog maupun perusahaan pengiklan. Inti dari artikel ini adalah mengiklankan dan mempersuasi pembaca untuk membeli produk ataupun memakai jasa yang ditampilkan.

Artikel advertorial membutuhkan keterampilan khusus, yang dinamakan softselling. Di sini Anda atau sang penulis artikel diwajibkan tidak hanya mendorong pembaca untuk membeli barang atau jasa, namun juga mengedukasi masyarakat dengan berbagai informasi berguna.

Ada banyak blog yang menyediakan artikel advertorial, salah satunya adalah Catatan Adi. Jika Anda ingin menayangkan artikel advertorial, silahkan hubungi kami di sini. Kami bersedia membantu Anda untuk membuat produk yang Anda iklankan makin dikenal masyarakat.

6. Kisah Inspirasi

Artikel juga bisa berbentuk kisah inspirasi, yang biasanya dikemas dengan sedemikian rupa untuk bisa memotivasi para pembaca. Yang perlu dicatat jika seseorang ingin fokus pada genre artikel ini, maka harus benar-benar terampil merangkai kalimat yang menggugah emosi.

7. Listicle

Ini adalah genre artikel paling mudah ditemui, yaitu listicle. Inti dari artikel listicle adalah membuat suatu tulisan dengan cara membagi gagasan menjadi bagian-bagian lain yang lebih kecil. Anda bisa melihat cara membuat artikel listicle di postingan Catatan Adi sebelumnya.

8. Narasi 

Ini adalah salah satu tipe artikel yang juga cukup banyak ditulis. Artikel narasi biasanya menceritakan sebuah kejadian dengan bahasa yang mengalir. Blogger seperti Raditya Dika, Panji Pragiwaksono, hingga Agus Mulyadi sering membuat banyak artikel narasi yang menarik. Bergurulah pada mereka.

9. Infografis 

Ini adalah tipe artikel jaman now yang paling banyak diminati. Kumparan, Tirto dan Historia mulai melirik talenta-talenta hebat untuk bisa menciptakan narasi berbentuk infografis. Alhasil postingan mereka makin menarik dan kece untuk dinikmati, khususnya oleh para milenial.

10. Tutorial 

Apa saja jenis-jenis artikel populer berikutnya? Tentu saja artikel tutorial atau yang sering disebut how to article. Jenis postingan ini adalah yang paling banyak mendapat trafik dan mengundang pembaca untuk datang dan berkunjung.

Mengapa? Karena akan selalu ada orang yang binggung cara menginstall komputer, menyalakan kompor gas, membeli asuransi hingga membetulkan drone. Tentu ini kabar baik untuk Anda. Walau mungkin bukan spesialisasi Anda, cobalah sesekali membuat artikel how-to.

Artikel tutorial menjadi begitu penting dan bahkan sering berada di top result dari pencarian search engine karena konten jenis inilah yang akan selalu dibutuhkan. Cobalah untuk memberi gambar atau infografis sehingga blog tutorial Anda bisa bersaing dengan kompetitor sejenis.

11. Studi Kasus 

Studi kasus adalah suatu artikel penjelasan yang biasanya lahir untuk menjawab suatu masalah. Ini adalah gabungan dari investigasi, narasi dan tutorial. Beberapa artikel studi kasus yang cukup terkenal salah satunya bisa di baca di tautan ini.

12. Profil

Apa saja jenis artikel populer berikutnya? Tentu saja profil. Mirip dengan biografi, konten jenis profil ini menampilkan identitas, data diri dan kisah beberapa orang. Bukan melulu pesohor, Andapun bisa menjadi subyek dari artikel ini. Lumayan untuk memperindah personal branding.

13. Berita

News Item atau artikel berita juga sedang naik daun. Apalagi kalau bukan hasil dari perdebatan tak berujung paska pemilu kemaren. Untuk itu jika Anda memang menggemari konten jenis ini, langsung saja coba membuat postingan berita.

Sedikit tips untuk Anda, pastikan memberi sumber yang jelas. Hindari berbagai sumber hoax yang nantinya akan memberi kesulitan pada Anda. Untuk diketahui masyarakat dan pemerintah memang agak sedikit sensitif tentang hal ini. Maklum, hoax memang sedang bertebaran.

14. Video Blog 

Ini adalah jenis artikel yang juga sedang naik daun. Bahkan Anda tak perlu menulis, justru yang menjadi fokus utama adalah keterampilan dalam membuat dan mengedit video.

15. Problem Solving

Ini sering muncul di blog-blog yang berurusan sama anak sekolah dan guru. Di sana akan dibahas berbagai soal dan materi sekolah. Blog seperti brainly, ruang guru atau AFL adalah beberapa contoh situs yang memiliki konten jenis ini.

16. Review Produk

Apa saja jenis artikel terkenal berikutnya?Mirip-mirip sama artike Advertorial, namun fokusya adalah mereview sebuah produk. Sayang untuk jaman sekarang, perusahaan nampaknya lebih suka pada para influencer yang berhabitat di youtube, instagram atau tiktok. Maka tak heran banyak blogger pingin pindah jadi youtuber. 

17. Esai 

Sulit untuk bisa membedakan antara artikel dan esai. Keduanya jelas berbeda namun apa bedanya juga tidak ada yang mampu menjawab dengan tegas, kecuali tulisan yang berjudul perbedaan esai dan artikel ini. Seorang esais yang merangkap menjadi blogger sering mendapat tempat terhormat di jajaran para master. Orang yang ahli dalam hal ini salah satunya adalah Eka Kurniawan, penulis terhebat Indonesia sepanjang masa setelah Pramudya Ananta Toer.

18. Catatan Perjalanan

Dari semua jenis artikel, maka yang satu ini yang paling berpotensi untuk membuat bahagia. Para penulisnya bisa diganjar berbagai fasilitas dari perusahaan atau tempat wisata, plus uang ratusan juta rupiah. Maka jangan heran banyak yang mencoba bermain di niche ini.

Jika Anda benar-benar serius menjadi travel blogger, pastikan selain memiliki keterampilan menulis juga punya dasar edit-edit foto agar terlihat menarik. Untuk itu wajib hukumnya membaca artikel berjudul 10 jenis kamera yang perlu diketahui oleh para calon fotografer dan selebgram ini

19. Artikel Ilmiah

Apalagi jenis artikel berikutnya? Blog-blog dari universitas maupun sekolah menengah di beberapa negara maju biasanya rutin mengunggah artikel-artikel ilmiah. Dari artikel jenis inilah, kualitas sebuah institusi bisa dilihat. Jika Anda terampil membuatnya, maka jangan heran kalau penawaran proyek akan melimpah drastis dan besok Anda jadi kaya raya.

20 Klarifikasi 

Biasanya dibuat oleh blogger, staff situs atau owner website untuk mengklarifikasi sesuatu yang berhubungan dengan mereka. Khusus untuk artikel tipe ini, saya doakan kita semua sebagai blogger yang baik tidak pernah perlu untuk membuatnya.

21 Resep

Pernah melihat situs Yummy ID atau Cookpad? Dua situs itu dan lebih dari 9 juta blog sejenis benar-benar mengandalkan artikel berbentuk resep. Memang untuk bermain di area ini, Anda harus memiliki basis pembaca yang tepat. Pastikan resep Anda tidak ngawur agar tidak disamperin emak-emak.

22. Editorial 

Ini adalah salah satu jenis artikel yang harus diketahui. Artikel khusus yang dibuat oleh owner atau staff blog dengan tujuan menyampaikan pesan khusus maupun mengomentari sebuah isu terkini yang sedang hangat di tengah masyarakat. Postingan jenis editorial ini biasanya diunggah secara rutin sekali sebulan atau dalam kurun waktu yang lain.

23. AGC, Spinner, Copas

Adalah jenis artikel yang paling mudah didapat, yakni dengan keterampilan mencuri karya orang lain. Para pelaku diharap tobat sebelum kutukan pada kalian semua dijatuhkan. Dan para blogger mari bersatu untuk melawan kebiasaan yang tidak baik ini.

apa saja jenis jenis artikel?
23 macam artikel blog

Demikianlah postingn kali ini tentang 23 jenis artikel blog paling populer, semoga bermanfaat untuk kita semua. Tetap baca Catatan Adi, sumber referensi dan konten berkualitas.

0 Response to "23 Macam Artikel Blog "

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel