Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Lagu Kebangsaan Terbaik

Salah satu hobiku saat ini adalah mendengarkan lagu-lagu kebangsaan dari berbagai negara di dunia melalui platform Youtube.

Selain menikmati ritme serta membaca lirik, aku juga coba merasakan aura dari lagu tersebut dan keterkaitannya dengan sejarah, ideologi, cita-cita bahkan kenampakan alam dari negara itu. Percaya atau tidak semuanya saling terkait. 

Dalam kesempatan kali ini aku akan membagikan 5 lagu kebangsaan terbaik dari berbagai negara di dunia versi Catatan Adi. Supaya perbendaharaan lagu nasional di pikiranmu bukan coba Soyuz-nya Uni Soviet aja

Perlu diingat, ini adalah versiku sendiri yang tentunya sangat subyektif. Kamu juga boleh kok buat versi kamu sendiri. Ini negara demokrasi, ga ada yang ngelarang. 

Oke, mari kita langsung saja masuk ke dalam daftarnya. 

Hatikvah (Lagu Kebangsaan Israel)

Hatikvah Lagu kebangsaan Israel
Tentara Wanita Israel

Salah satu negara yang paling sering dikutuk, dibakar bederanya dan dimusuhi banyak orang adalah Israel. Negara Yahudi itu memang menjadi favorit bagi sebagian besar insan di bumi untuk dibully. Meski demikian, negeri ini tetap masih berdiri sampai saat ini.

Lagu kebangsaan Israel adalah Hatikvah yang dalam Bahasa Indonesia berarti harapan. Mengapa lagu ini masuk dalam 5 lagu kebangsaan terbaik? Ada banyak alasannya.

Pertama, musiknya sangat unik. Bukan seperti Indonesia Raya, Yiyongjun Jixingqu (lagu kebangsaan Cina) atau mayoritas anthem nasional lain yang berbentuk mars / marching dengan nuansa seperti maju ke medan perang, Hatikvah cenderung lamban dan melow. 

Bukan melow biasa, lagu kebangsaan Israel ini sedikit 'gelap' dengan nuansa gothik dan horror dan malah tidak cocok jika dimainkan oleh band tentara. Malah cocok sebagai lagu pengantar ritual keagamaan. 

Kedua, ada harapan dan doa yang mendalam dari lagu ini. Bayangkan, ternyata lagu ini adalah ungkapan kerinduan selama 2000 tahun akan sebuah tanah air.

Israel sendiri adalah sebuah entinitas politik yang sangat tua. Dua raja Israel adalah Raja Nabi Dawud dan Raja Nabi Sulaiman. Mereka membawa Israel ke masa gilang-gemilang. 

Sayang setelah itu Israel mengalami petaka, seperti kalah dan penduduknya dibuang. Bukan sekali, melainkan dua kali. Pertama oleh Asyur kemudian Babel. 

Belum berhenti sampai di situ, Israel kemudian dijajah dengan luar biasa keras oleh Romawi. Namun bangsa Yahudi yang menolak menyembah selain Tuhan Yang Maha Esa, yang disebut Yahweh, termasuk juga menolak menyembah Kaisar Roma, maka negeri itu sekali lagi dihancur luluh lantahkan. 

Penduduknya menyebar ke seluruh dunia. Mungkin bangsa Ibranilah yang menjadi bangsa diaspora terbesar pertama di muka bumi. Mungkin, lho!

Seiring berjalannya waktu, orang Ibrani beranak pinak di Amerika Serikat, Amerika Latin dan Eropa. Mereka kemudian rindu kisah-kisah di kitab suci dimana ada negara bernama Israel yang diperintah oleh keturunan Raja Nabi Dawud.

Kalau dilihat memang Israel adalah salah satu negara teokrasi paling populer dimana agama Yahudi menjadi satu dengan bangsa Yahudi. 

Dalam mewujudkan kembali negara Yahudi, Israel harus dikeroyok negara-negara Arab dalam Perang Arab-Israel. Uniknya negeri itu menang. 

Tertarik mendengar lagu kebangsaan Israel? Silahkan nikmati di Youtube. Banyak kok versinya, termasuk yang sudah dilengkapi terjemahan Indonesia. 

  • Nama Lagu : Hatikvah 
  • Negara : Israel 
  • Pencipta : Naphtali Herz Imber (lirik) dan Samuel Cohen (musik)
  • Digunakan : sejak 1897 saat Kongres Zionis Dunia I.

Lirik Lagu Kebangsaan Israel : 

Jauh di lubuk hati ini,

Jiwa seorang Yahudi mendamba,

dan sampai ke ufuk timur,

mata tetap memandangi Zion.

Tetapi tidak hilang harapan kami,

Harapan selama dua ribu tahun lamanya,

Menjadi orang merdeka di tanah sendiri,

Di Tanah Zion dan Yerusalem.

Gosudarstvenny gimn SSSR (Lagu Kebangsaan Uni Soviet)

lagu kebangsaan Uni Soviet
Tentara Wanita Rusia

Kalau Anda fanboy Rusia atau pecinta segala yang berbau kiri, maka pasti tidak asing dengan yang satu ini. Benar, lagu kebangsaan terbaikselanjutnya adalah dari Uni Soviet

Perlu diketahui bahwa lagu ini mengalami banyak sekali perubahan dan penggubahan. Paska Uni Soviet bubar, lagu ini sempat tenggelam. Namun kemudian versi yang terbaru lahir dengan akar yang sama dari Gosudarstvenny gimn SSSR yang diadopsi oleh Republik Federasi Rusia.

Benar lagu kebangsaan Rusia adalah Gosudarstvenny gimn Rossiyskoy Federatsii dan merupakan gubahan dari lagu kebangsaan Uni Soviet.

Lagu ini (versi Uni Soviet) menarik karena selain liriknya yang penuh gelora, juga musiknya yang easy listening sekaligus bersifat membakar semangat. 

  • Nama Lagu : Gosudarstvenny gimn SSSR 
  • Negara : Uni Soviet
  • Pencipta : Sergey Mikhalkov (lirik) dan Aleksandr Aleksandrov (musik)
  • Digunakan : sejak 1 Januari 1944 sebagai pengganti dari Internationale

Sekarang kalau dilihat dari liriknya, memang lagu ini sangat patriotik sekali. Seperti yang sudah di bahas sebelumnya, lagu kebangsaan punya kaitan dengan sejarah negeri itu.

Dalam lirik USSR Anthem ini ada pujian kepada komunisme dan Lenin sebagai landasan ideologi dan pemimpin besar bangsa Soviet. 

Bagian terbaik menurutku ada di kalimat "partiya Lenina, sila narodnaya". Serasa kembali ke masa lalu, minum Vodka sambil dengar om Lenin marahin tentara merah setelah mengeksekusi keluarga Romanov. 

Lirik Lagu Kebangsaan Uni Soviet : 

Persatuan republik merdeka yang tak terpisahkan,

Rusia Raya bersatu untuk selamanya!

Dibuat dalam perjuangan dengan kehendak rakyatnya,

Uni Soviet yang bersatu dan kuat!

REFRAIN:

Berjayalah Tanah Air, rumah orang-orang merdeka,

Benteng persahabatan rakyat yang kuat!

Partai Lenin, kekuatan rakyat,

Membawa kita pada kejayaan komunisme!

2.

Melalui badai, matahari kebebasan menyinari kita,

Dan Lenin yang agung menerangi jalannya:

Untuk tujuan yang baik ia semangati orang-orang,

Untuk bekerja keras dan berlaku perwira!

REFRAIN

3.

Dalam kejayaan abadi gagasan komunisme,

Kita melihat masa depan negara kita,

Dan di bawah panji merah Tanah Air kita yang mulia,

Bersama-sama, kita akan senantiasa benar!

Das Lied der Deutschen (Lagu Kebangsaan Jerman)

lagu kebangsaan jerman
tentara wanita Jerman

Tahu istilah Deutschland, Deutschland über alles? Kemungkinan besar istilah yang kamu dengar itu berasal dari lagu kebangsaan Jerman. 

Memang banyak yang menamai lagu ini Uber Alles padahal nama resminya adalah Das Lied der Deutschen.

Lagu ini dipakai oleh bangsa Jerman sejak Republik Weimar sebagai penanda persatuan suku-suku yang mendiami negeri Jermanik setelah pembubaran Kaisar Romawi Suci. 

Arti kata judul lagu itu adalah Nyanyian Bangsa Jerman. Sedang bait pertamanya memang berbunyi Deutschland, Deutschland über alles yang dalam Bahasa Indonesia berarti Jerman berada di atas segalanya. 

Ternyata semboyan uber alles itu sering dianggap sebagai pemicu mengapa Jerman jadi beringas dan memulai Perang Dunia II. 

Selebihnya memang lagu ini enak di dengar. Iramanya sangat klasik dan seperti layaknya menikmati musik era Bach atau Vivaldi. 

  • Nama Lagu : Das Lied der Deutschen.
  • Negara : Jerman
  • Pencipta : August Heinrich Hoffmann von Fallersleben (lirik) dan Haydn (musik)
  • Digunakan : sejak 1922-1949, 1952 - sekarang digunakan sebagai lagu kebangsaan Republik Jerman Barat dan kemudian Negara Jerman Bersatu. 

Untuk Anda yang adalah umat Kristen atau Katholik mungkin terasa familiar dengan lagu ini. Jangan kaget karena penciptanya adalah Joseph Haydn yang juga menulis banyak komposisi enak untuk kitab-kitab musik gerejawi. 

Lirik Lagu Kebangsaan Jerman : 

Jerman, Jerman di atas segalanya,

segala yang ada di dunia,

Apabila tiba masanya, untuk berlindung dan bertahan,

Persaudaraan kita tegakkan bersama.

Dari Maas hingga Memel,

Dari Etsch hingga ke Belt,[3]

Jerman, Jerman di atas segalanya, {brr}Segala yang ada di dunia

Perempuan Jerman, pengabdi Jerman,

Anggur Jerman dan lagu Jerman

Akan bertahan di dunia

(Bersama) suara abadinya yang indah

Dan membawa kita pada tindakan mulia

Sepanjang hayat di badan.

Perempuan Jerman, pengabdi Jerman,

Anggur Jerman dan lagu Jerman

Persatuan dan keadilan dan kebebasan

bagi tanah air Jerman!

Maka marilah kita berjuang

bergotong-royong dengan hati dan lengan![4]

Persatuan dan Keadilan dan Kebebasan

adalah tuntutan dari kebahagiaan (maksudnya 'kesejahteraan').

Mekarlah dalam gemilangnya kebahagiaan ini,

Mekarlah, wahai tanah air Jerman!

La Marseillaise (Lagu Kebangsaan Prancis)

lagu kebangsaan Prancis
tentara wanita Prancis
Masih ingin lanjut? Oke, gaskeun! Sekarang kita akan menuju ke Prancis, tanah air liberalisme. Kenapa? Karena negeri itu punya lagu kebangsaan terbaik di dunia, Le Marseillaise.

Le Marseillaise benar-benar lagu kebangsaan sesungguhnya. Ritmenya cepat, gagah bagai sepasukan pemberani yang menghadapi musuh yang ingin menyerang.

Sejak bagian intro saja, ada nuansa memantik gairah untuk maju bertempur dengan semangat membara. Terlebih ternyata lagu ini memang populer ketika pasukan dari Marseille berbaris untuk menunaikan misinya sambil mengumandangkan lagu tersebut. 

Dalam banyak sudut pandang, lagu ini juga bisa diasosiasikan dengan momen dimana kebebasan dan kemanusiaan menghancurkan Prancis kolot yang penuh dogma agama kaku dan terbelakang. 

  • Nama : La Marseillaise
  • Negara : Prancis
  • Pencipta : Claude Joseph Rouget de Lisle (lirik dan musik)
  • Penggunaan : sejak 1795

Lagu yang sangat nge-beat ini cukup bisa menarik minat banyak kelompok, termasuk diantaranya adalah supporter sepakbola demi menaikkan semangat klub kesayangannya. 

Sayang sekali Catatan Adi belum menemukan terjemahan Bahasa Indonesia untuk lagu indah tersebut. Ohya, ternyata jika diamati, nada awal lagu ini mirip dengan lagu Dari Sabang Sampai Merauke. Apakah ada unsur kesengajaan? 

*****

Itulah daftar lagu kebangsaan terbaik. Sebentar, bukannya kurang satu? Iya benar. Namun yang terakhir tentu saja lagu Indonesia Raya yang memang harus diakui merupakan salah satu himne nasional terbaik yang pernah diciptakan. Setuju? 

Adi
Adi Saya adalah seorang blogger yang sudah menulis di blog sejak 2010. Blog ini terbuka untuk berbagai kerjasama, seperti sewa banner, content placement ataupun review produk.

Posting Komentar untuk "5 Lagu Kebangsaan Terbaik"