Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Arti Lagu Sugali - Iwan Fals

Arti dan makna lagu Sugali dari Iwan Fals. Musik adalah bahasa universal. Terkadang untuk menyampaikan pesan-pesan yang sulit diungkapkan, maka lagu dan musik menjadi jawabannya.

Di berbagai jaman, musik berkembang seturut dengan kondisi dan situasi yang mengiringinya. Pada era Orba alias orde baru dimana Suharto berkuasa, banyak sekali lagu-lagu bernada sentilan yang hidup dan dihidupi oleh masyarakat.

Suharto sendiri dikenal sebagai sosok presiden yang keras dengan kebijakan pembangunan yang terlihat hebat namun mendapat perlawanan rakyat karena ternyata di balik itu semua ada banyak sekali kasus korupsi yang dilakukan oleh kroni-kroninya.

Selain korupsi, Suharto dan orde baru juga dikenal luas karena kebijakan brutalnya namun efektif, misalkan petrus.

Petrus atau penembakan misterius diduga dilakukan oleh alat-alat negara. Tujuannya adalah para penjahat, kriminal dan pelaku tindak kekerasan. 

Para sampah dan korak (kotoran rakyat) ini memang sadis. Rakyat sudah susah masih juga dijahati. Maka tindakan Suharto dengan petrusnya seperti mendapatkan dua jenis reaksi, antara setuju dan tidak.

Pada masa itu mayat para gali jamak ditemui tergeletak begitu saja. Mereka seakan dibuang untuk penanda agar para korak lainnya bertobat atau pelor panas jadi hukumannya.

Tentu tindaan brutal tapi efektif ini tidak akan bisa lagi dilakukan sekarang. Di era demokrasi, menangkap terduga teroris saja media bisa bereaksi macam-macam. Giring opini dan goreng kasus hal yang wajar asal cuan mengalir.

Reaksi Iwan Fals

arti lagu Sugali dari Iwan Fals

Kembali ke masalah musik, pada waktu itu salah satu pendekar musik tanah air, Iwan Fals, juga bereaksi. Tentu saja dengan caranya sendiri.

Ia menelorkan sebuah karya fenomenal berupa lagu berjudul Sugali. Jika dilihat, memang ini seperti nama kebanyakan orang Jawa atau Indonesia. Tetapi jelas, ini tentang para gali atau gabungan anak liar, termasuk juga sampah masyarakat dan kotoran rakyat yang jadi korban timah panas petrus.

Lirik Lagu Sugali

Inilah lirik lagu berjudul Sugali yang dirilis tahun 1984. Iramanya enak khas Bang Iwan yang sangat piawai meramu alunan balad, pop-country dan rock'n roll khas Indonesia. 

Sua-sua-sua-suara berita

Tertulis dalam koran

Tentang seorang lelaki

Yang sering keluar-masuk bui

Jadi buronan polisi

Dar-der-dor suara senapan

Sugali anggap petasan

Tiada rasa ketakutan

Punya ilmu kebal senapan

Semakin lupa daratan

Lihat Sugali menari

Di lokasi WTS kelas teri

Asyik lembur sampai pagi

Usai garong hambur uang

Peduli setan

Di-di-du di-du-da-di-du

Di-di-du di-du-du

Di-di-du di-du-da-di-du

Di-du-da-di-du-di-da-di-du-di-da-du

Ramai gunjing tentang dirimu

Yang tak juga hinggap rasa jemu

Suram hari depanmu

Rasa was-was, mata beringas

Menunggu datang peluru yang panas

Di waktu hari naas

Oh, bisik jangkrik di tengah malam

Tenggelam dalam suara letusan

Kata berita di mana-mana

Tentang Sugali tak tenang lagi

Dan lari sembunyi

Tar-ter-tor suara senapan

Sugali anggap petasan

Tiada rasa ketakutan

Punya ilmu kebal senapan

Sugali makin keranjingan

Lihat Sugali menari

Di lokasi WTS kelas teri

Asyik joget sampai lecet

Genit kitik cewek binal paling busyet

Di-di-du di-du-da-di-du

Di-di-du di-du-du

Di-di-du di-du-da-di-du

Di-du-da-di-du-di-da-di-du-di-da-du

Ramai gunjing tentang dirimu

Yang tak juga hinggap rasa jemu

Suram hari depanmu

Rasa was-was, mata beringas

Menunggu datang peluru yang panas

Di waktu hari naas

Oh bisik jangkrik di tengah malam

Tenggelam dalam suara letusan

Kata berita di mana-mana

Tentang Sugali tak tenang lagi

Dan lari sembunyi

Makna Lagu Sugali

Di atas sudah tertulis lirik lagu Sugali. Tapi apa makna lagu ini? Sebenarnya tidak sulit merangkum atau mengulik makna di balik lagu Sugali. Ini semua memang kehebatan bang Iwan yang mempermudah rakyat mencerna tanpa perlu belajar sastra atau filsafat susah-susah.

Setidaknya ada beberapa poin dalam lagu ini: 

  • Sugali adalah perlambang bagi para bajingan dan kotoran rakyat yang gemar melakukan perbuatan dursila seperti berjinah, merampok, kasar terhadap sesama dan melanggar hukum.
  • Para gali ini kebal. Apakah memang yang dimaksud punya ilmu kebal? Atau punya hubungan tertentu sehingga bebas melakukan aksi dan dianggap kebal?
  • Korban berjatuhan. Media secara massif memberitakan para 'sugali' tewas. Maka sisanya tak punya pilihan lain. Menghadapi rakyat mereka pasti perkasa, tetapi jika musuhnya adalah diduga Suharto, neraka atau kabur, hanya itu pilihannya.

Penasaran seperti apa lagu Sugali ini? Simak dan nikmati lagunya. Sumber diambil dari Youtube dan artis adalah sang maestro, Iwan Fals.


Itulah dia makna dan rahasia di balik lirik lagu Sugali dari Iwan Fals. Sekarang baca juga kumpulan lagu kebangsaan terbaik beserta maknanya. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Arti Lagu Sugali - Iwan Fals"