Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengusir Cicak dari Rumah

Salah satu hal yang membuat cicak dibenci adalah karena kebiasaannya membuang kotoran. Kotoran cicak cukup bau dan ini bisa sangat mengganggu. Terlebih cicak seperti punya semacam misi untuk bisa menembakkan kotorannya ke tubuh manusia. Keberhasilannya ini akan dibarengi dengan kejengkelan bagi pemilik rumah.

Lantas bagaimana cara mengusir cicak dari rumah? Jawabannya tidak mudah. Ada berbagai cara, termasuk cara-cara di bawah ini. Meski demikian, cicak seperti pantang menyerah. Ia akan terus menemukan jalan untuk kembali masuk rumah dan menembakkan kotorannya ke tempat-tempat strategis, seperti meja makan, kasur hingga kepala manusia.

cara mengusir cicak
cara mengusir cicak

Meski begitu beberapa cara mengusir cicak ini patut dicoba: 

1. Gunakan Obat Pengusir Cicak

Ada cukup banyak produsen yang membuat produk pengusir Cicak. Paling mudah Anda bisa mendapatkannya di marketplace. Pastikan Anda juga membaca seluruh panduan yang ada. 

2. Gunakan Bahan-bahan yang Tidak Disukai Cicak

Ada beberapa bahan yang memiliki wangi tertentu yang dipercaya bisa mengusir cicak. Beberapa cicak tidak suka aroma daun jeruk, bawang putih, atau bahan-bahan lainnya. Anda dapat menyebar bahan-bahan tersebut di sekitar rumah untuk mengusir cicak.

Bahan-bahan tersebut bersifat alami dan jelas jauh lebih aman dari bahan kimia. Namun mengenai efektivitasnya bisa Anda coba sendiri.

3. Bersihkan Habitat Cicak

Cicak suka bertelur dimana saja. Di dalam rak meja, di pojok lemari atau bahkan di bawah tempat tidur. Bersihkan tempat-tempat yang menjadi habitat cicak berkembang. 

4. Jangan Biarkan ada Makanan/Minuman yang Mengundang Cicak

Masalahnya cicak doyan banyak hal, termasuk nasi, air putih bahkan sayuran. Tentu ini menjijikkan mengetahui makanan yang harusnya dikonsumsi anggota keluarga Anda sebelumnya sudah dinikmati makhluk pemanjat dinding tersebut. 

Jadi solusi praktisnya adalah jangan biarkan ada makanan atau minuman yang berserakan dan bisa mengundang kehadiran cicak. 

5. Bersihkan Serangga dari Rumah

Cicak suka makan nyamuk. Tetapi masalahnya keberadaan cicak juga tidak cukup ampuh membasmi nyamuk. Maka Anda harus juga berperang terhadap serangga, misalkan nyamuk, agar Cicak tidak punya alasan masuk rumah.

Anda bisa menggunakan obat kimia yang aman digunakan ataupun bahan-bahan herbal. Baca selengkapnya di cara membasmi serangga dari rumah

6. Jangan Biarkan Cicak Masuk Rumah

Cicak bisa masuk dari mana saja. Tapi jika Anda sudah sampai pada level sangat sebal, maka perang terhadap cicak harus diwujudkan dalam berbagai cara, termasuk yang agak ribet.

Gunakan selotif, cairan penambal, papan atau apa saja untuk menutup lubang-lubang yang bisa digunakan cicak untuk masuk. Rute masuk cicak harus Anda tutup rapat. 

7. Bersihkan Rumah Sesering Mungkin

Mulailah untuk sering-sering memberishkan rumah Anda. Dengan aktivitas itu, Anda sama saja dengan membuat cicak menjadi tidak tenang dan harapannya agar segera meninggalkan rumah Anda. Tapi masalahnya cicak bisa menempel bahkan di atap rumah dan dinding. Jadi mau tidak mau Anda juga harus menggunakan alat-alat tertentu agar bisa mendesak cicak dan tidak memberinya kesempatan untuk tenang menjajah rumah Anda. 

Itukah cara mengusir cicak dari rumah. Apakah Anda sudah pernah mempraktikkan cara-cara di atas? Silahkan tulis di kolom komentar mengenai hasilnya. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

24 komentar untuk "Cara Mengusir Cicak dari Rumah"

  1. Iya nih cicak kok populasinya makin banyaakkk.
    Akupun sering bingung nih gmn ngusirnya.
    Makasi aneka tipsnua ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Semoga salah satu tips di atas berhasil membantu :)

      Hapus
  2. Di rumah lamaku nih, banyak banget cicak dan susah banget membasminya
    mungkin karena rumah tua ya?
    Sekarang saya tinggal di hunian yang baru dibangun
    terkadang nemu cicak sih tapi jarang banget dan gak mengganggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah beruntung kalau ga ganggu, Saya dan istri merasa terganggu banget soalnya mbak. Apalagi kotorannya itu loh.

      Hapus
  3. Baru tau ada obat pengusir cicak. Aku coba tips2 yang lain dulu deh. Bermanfaat banget nih artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok, coba search di toko online mbak, siapa tahu berhasil.

      Hapus
  4. Di rumahku, yang paling sering dijadiin tempat buang kotoran ama cicak adalah di kamar mandi atas, di kamarku. Mungkin karena jarang dipake, dan kondisinya selalu kering, dia betah ya. Soalnya di kamar mandi yang lain, yang sering basah, malah ga pernah dikotorin. Aneh juga sih kalau cicak pilih pilih karena kering atau basah :))

    Selama ini aku belum pernah cari cara biar cicak pergi dari rumah.
    Tfs tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia. Berarti memang harus rajin dibersihkan biar cicak ga mampir.

      Hapus
  5. Baru tahu kalau ada obat khusus pembasmi cicak. Duuuhhnyebelin emang si cicak ini kalau sudah masuk ke dalam rumah. By the way, bahan alami apa aja sih yang cicak nggak suka selain bawang putih, daun jeruk, begitu? Kalo kopi bubuk, cicak suka nggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa mbak. Apalagi kopi kan juga punya aroma menyengat, jadi siapa tahu bisa bikin mereka ga betah. Kalau berhasil, kasih tahu saya ya.

      Hapus
  6. Baru tahu kalau cicak punya misi menembakkan kotoran ke manusia. Jahat banget sih. Pantas saja banyak yang gak suka. Cicak ini binatang yang paling gak disukai Nabi karena tukang ngadu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, cicak kaya punya kebanggaan tersendiri kalau sudah berhasil membuat orang kena kotorannya. Itu sih teori liar saya.

      Hapus
  7. Obat cecak ini kalau jatuh ke makanan minuman bahaya tidak kak? rumah Saya banyak cecak sampai naik ke makanan ish geli deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti harus hati-hati mbak, and jangan lupa baca manual book-nya kalau jadi pakai.

      Hapus
  8. Serem juga ya kalo di rumah banyak cicak. Biasanya mereka suka nongol di dinding teras sambil nangkepin nyamuk. Tapi karena ada tokek di atap rumah, jadi ada predator pemangsa cicak. Bisa nih pakai obat pengusir cicak biar ga pada dateng ke rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo cicak di rumah saya kaya ga guna sih. Nyamuk tetap banyak. Hehehehe.... malah bikin repot.

      Hapus
  9. Kayak apa ya obat pengusir cicak? Soalnya baru engeh ada itu. Yang penting mah usir dan gak ada dalam rumah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerepotan juga ya mbak, sama teror cicak. Ada mbak, coba aja search di toko online.

      Hapus
  10. Hahahaha. Emang gitu ya, cicak itu entah kenapa demeeeeeen banget buang kotoran dekat kita. Sebeeeeeel. Beneran, aku baru tahu ada obat pengusir cicak mas. Sampai sampai kepo cek di marketplace hijau dan nemu beberapa merek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ada mbak. Coba aja di Tokopedia, Shopee atau Lazada. Cukup banyak merknya dan bervariasi tetapi masalah efektif atau nggak, saya ga jamin. Thanks sudah membaca.

      Hapus
  11. Yang paling geli tuh kalau ada cicak kecil kecemplung di tempat cuci piring. Dianya gak bisa keluar, akunya juga jijik mau bantuin. Huhu.. Uda paling lemes juga kalo nemu cicak di dalam bungkus roti yang gak ditutup rapat.

    Makanya kudu teliti dan rajin bebersih gitu ya..
    Biar cicak gak nongal nongol di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sekali mbak, emang harus rajin-rajin bebersih biar cicak ga betah.

      Hapus
  12. bener nih cicak itu mengganggu banget apalagi kalo udah denger bunyi decakan cicak gemes rasanya.
    btw baru tahu kalau cicak punya misi buang kotoran ke manusia hihi

    BalasHapus
  13. Ah iya, cicak ini jadi PR banget untuk membasminya sampai habis. Makan atau minum yang lupa ditutup juga beresiko dihampiri cicak atau malah kena kotoran. Bikin geli juga sih. Tipsnya bisa banget sih ini nanti saya coba..

    BalasHapus