Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ini Cara Menolak Orang yang Ingin Menikahi Kita

Menolak orang yang ingin menikahi kita bisa menjadi situasi yang sulit, terutama jika kita merasa bersalah atau tidak ingin menyakiti perasaan orang tersebut. 

Tetapi jika Kamu merasa bahwa menikahi orang tersebut bukanlah pilihan yang tepat untuk Kamu, maka ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk menolaknya dengan cara yang baik dan tidak menyakiti perasaan orang tersebut

Cara Menolak Orang yang Ingin Menikahi Kita
Cara Menolak Orang yang Ingin Menikahi Kita

Jelaskan Alasanmu 

Sebagai orang yang ditanyai, Kamu memiliki hak untuk memberikan penjelasan yang jelas dan jujur mengenai mengapa Kamu tidak ingin menikah dengan orang tersebut. Jelaskan kepada mereka dengan cara yang tidak menyakiti perasaan mereka.

Tunjukkan Empati 

Menolak seseorang tidak harus berarti Kamu tidak peduli atau tidak menghargai orang tersebut. Tunjukkan kepada mereka bahwa Kamu mengerti bahwa ini mungkin menyakitkan bagi mereka dan bahwa Kamu menghargai perasaan mereka.

Jangan Menunda

Jangan mengelak atau menunda jawaban dengan harapan orang tersebut akan berubah pikiran atau mengubah tawaran pernikahan. Hal ini hanya akan membuat orang tersebut merasa bingung dan tidak pasti, dan dapat menyakiti perasaannya.

Tawarkan Bantuan 

Meskipun Kamu tidak ingin menikahi orang tersebut, itu tidak berarti Kamu tidak peduli atau tidak mendukung mereka. Tawarkan dukungan dan bantuan jika mereka membutuhkannya saat mereka mengalami kegagalan. Atau suruh dia baca cara mudah mendapatkan pacar.

Katakan Di Saat yang Tepat

Jika memungkinkan, sebaiknya kita temui orang tersebut secara pribadi untuk memberikan jawaban. Hal ini akan membuat orang tersebut merasa dihargai dan memperlihatkan bahwa kita menghargai perasaannya.

Jaga Hubungan

Meskipun Kamu tidak ingin menikahi orang tersebut, itu tidak berarti Kamu harus mengakhiri hubungan Kamu dengan mereka. Jika Kamu merasa bahwa Kamu masih bisa menjaga hubungan yang baik dengan orang tersebut, cobalah untuk terus berkomunikasi dan menjaga kontak dengan mereka.

Jangan Beri Janji Palsu 

Jangan membuat janji-janji yang tidak bisa kita penuhi, seperti mengatakan bahwa kita akan berpikir lagi di masa depan atau bahwa kita akan tetap bersahabat. Hal ini hanya akan membuat orang tersebut merasa kecewa dan tidak pasti di kemudian hari.

Jujurlah 

Jangan berusaha untuk mengelabui orang tersebut atau menyembunyikan perasaan Kamu. Ini hanya akan menyebabkan lebih banyak masalah dan memperparah keadaan. Bersikap jujur dan terbuka akan membuat orang tersebut lebih mudah menerima keputusan Kamu.

Minta Dukungan Orang Terdekat

Jika perlu, mintalah bantuan dari orang terdekat untuk membantu Kamu menjelaskan keputusan Kamu, termasuk meminta saran yang terbaik untuk dilakukan.

Pada dasarnya, saat kamu membaca ini, artinya kamu orang baik. Penting untuk diingat bahwa kita berhak atas keputusan yang kita ambil mengenai pernikahan, dan kita tidak harus merasa tertekan atau terpaksa menerima tawaran pernikahan yang tidak sesuai dengan keinginan kita.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

2 komentar untuk "Ini Cara Menolak Orang yang Ingin Menikahi Kita"

  1. Nah, perlu hati2 ya karena gak setiap lelaki siap menerima penolakan

    BalasHapus
  2. Yang penting memang jujur dan bicara baik2. Emosi dan mengeluarkan Kata2 kasar, justru bisa memperburuk keadaan. Bisa jadi orang yang ditolak malah sakit hati dan membalas suatu hari.

    BalasHapus