Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Lolos dari Kemiskinan Akut

Kemiskinan memang menyedihkan. Tapi ada yang lebih parah, yaitu kemiskinan akut dimana orang benar-benar berada dalam kondisi yang sangat miskin. 

Kemiskinan akut atau ekstrem adalah kondisi dimana orang benar-benar tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar secara layak. Mirip dalam film parasite, mereka bahkan teralienasi dan memandang kehidupan mewah seperti layaknya surga. 

Sayangnya sekali orang masuk dalam lubang kemiskinan ekstrem, mereka nyaris tidak akan mungkin bisa lepas. Kenapa? Selain karena tidak ada energi untuk melakukannya (umumnya energi mereka habis untuk memastikan besok masih belum mati kelaparan), ada berbagai kepentingan di sini. Percayalah, ada banyak pihak yang diuntungkan atas hal biadap ini.

Mereka menganggap orang-orang kere sebagai sarana untuk menekan musuhnya, baik itu dengan menjual data statistik, membentuk gerombolan kriminal hingga menyuburkan ideologi-ideologi yang kalau dipikir secara akal sehat tidak masuk nalar sama sekali. 

Orang dengan kemiskinan akut tidak akan punya mimpi yang detail. Mereka mungkin hanya ingin jadi kaya, tetapi seperti apa kekayaan itu, mereka tak mampu menjelaskannya. Akal mereka tak sampai untuk diajak bicara tentang kripto, aset digital, investasi seharga miliaran dolar atau rumah di kawasan elit dengan sederetan merk mobil Jerman, Inggris, Amerika atau Italia.

Imaji mereka terkungkung dan itu yang membuat daya kreativitasnya tidak berkembang. Alhasil meski produktivitasnya mungkin cukup membagongkan tetapi kemampuan soft skill mereka tidak teruji. 

Parahnya lagi, generasi muda anak miskin juga tidak berada dalam lingkungan pendidikan yang memadai. Tidak jarang mereka bersekolah bersama dengan sesama orang miskin. Tentu sekolah model seperti ini adalah cobaan bagi guru-guru muda yang berkualitas dan haus prestasi. Jangan salahkan bapak-ibu guru yang memilih sekolah swasta lainnya daripada harus berurusan dengan hal-hal yang di luar kemampuan mereka. 

kemiskinan ekstrim
kemiskinan ekstrim

Dalam suatu pertemuan dengan seorang teman, orang-orang miskin seperti ini tidak bisa lolos dari roda nasib kecuali melakukan hal-hal yang sama ekstrimnya. Bisa ekstrim kanan atau ekstrim kiri. 

Kalau melihat banyak orang berlatar belakang dunia hitam yang sukses padahal keluarganya adalah penyandang miskin ekstrim, tentu ini tidak mengherankan. Mereka adalah spesies unggul, meski dari kelompok terpinggirkan. 

Mereka mampu menantang kehidupan dan kemudian berhasil sukses, meski tak jauh-jauh dari main tangan, adu otot, baku pukul, rebutan lahan parkir, rebutan ketua ormas atau malah membentuk ormas sendiri. 

Itulah jalan yang dianggap wajar untuk lolos dari kemiskinan, yakni menjadi kriminal yang kemudian memanfaatkan serta memperalat orang miskin lainnya. Entah sebagai tameng hidup, kurir ilegal atau begundal.

Apakah jalan hitam adalah satu-satunya pilihan yang bisa ditempuh untuk lolos dari kubangan kemiskinan absolut?

Tentu tidak. Berterima kasihlah pada reformasi. Berkat darah pejuang reformasi 98 yang berhasil menumbangkan Suharto, ada banyak kesempatan terbuka. 

Saya akan berikan beberapa contoh cara yang bisa diambil yang sebenarnya pilihan ini sudah pernah saya bahas sebelumnya dalam artikel 9 rahasia menjadi kaya.

  • Cara #1 Jadi PNS
  • Cara #2 Jadi TKI
  • Cara #3 Menikah dengan orang kaya

Ketiga cara diatas bisa menjadi pertimbangan. Namun perlu digaris-bawahi bahwa ada banyak sekali kepentingan yang akan terganggu jika masyarakat level miskin akut dihapuskan. Terlebih, karena hidup yang sedemikian keras serta alienasi parah yang mengekang mereka, jadi kaya dan lolos dari kemiskinan bisa jadi tidak ada dalam daftar resolusi hidup mereka. Andaikan dapat uangpun, yang terpikirkan dalam otak mereka adalah wajah garang pada rentenir yang sudah menanti di balik pintu. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Cara Lolos dari Kemiskinan Akut"