Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Merk Mobil Jerman Paling Populer

Mobil-mobil Jerman telah diakui kehandalannya. Selain mesin yang tangguh, bodi yang estetik serta fitur yang menarik. produk otomotif keluaran negeri bundesliga itu tidak pernah main-main. Para pabrikan mobil Jerman selalu total dalam berinovasi maupun mempertahankan kepercayaan publik.

Dengan itu semua, maka tak heran mobil-mobil Jerman selalu laku dan laris di pasaran, meski jelas harganya tidak murah.

 Daftar Merek Mobil Dari Jerman | Catatanadi.com
Daftar Merek Mobil Dari Jerman


Inilah 8 merk mobil Jerman paling populer di dunia sepanjang masa yang harus Anda ketahui.

VW

Volkswagen atau VW merupakan salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia. VW merupakan bagian dari Volkswagen Group yang membawahi banyak perusahaan otomotif lain dari berbaga negara, antara lain Audi, SEAT, SKODA AUTOR, Bentley, Lamborghini dan Bugatti.

VW didirikan tahun 1937 dan kini berkembang dengan luar biasa serta memiliki markas super megah di kota Wolfsburg, Jerman.

Pada masa Adolf Hitler berkuasa di Jerman, VW mendapatkan support penuh dari pemerintah. Namun ketika perang usai, Volkswagen seakan menemui ajalnya. Ia nyaris dijual ke berbagai group pabrikan Amerika Serikat maupun Inggris tetapi tidak ada yang berminat.

Heninrich Nordhoff adalah sosok di balik bangkitnya VW yang kini menjadi salah satu penguasa industri permobilan di jagat raya, bersaing ketat dengan General Motors dan Toyota.


BMW


Bayerische Motoren Werke atau BMW merupakan perusahaan penghasil mobil terkenal asal Jerman dan didirikan pada tahun 1916. Pabrikan ini berbasis di Bayern, Jerman.

Pendiri BMW adalah Frans Joseph Popp. Kini BMW melebarkan sayapnya dan merupakan perusahaan induk bagi merk mobil Roll Royce dan MINI.

Perusahaan BMW punya cabang di tujuh negara dan selalu konsisten menghasilkan produk-produk papan atas dengan kualitas luar biasa.

Porsche 

Porsche merupakan salah satu perusahaan otomotif dari Jerman yang sudah sangat populer di seluruh dunia. Perusahaan ini adalah anak usaha dari Volkswagen Group.

Pendirinya adalah seorang insinyur berwarganegara Austria bernama Ferdinand Porsche. Ia mendirikan Porsche pada tahun 1931.

Hingga saat ini Porsche masih eksis. Pabrikan asal Stuttgart ini juga terus fokus pada produksi mobil berjenis sport, sedan dan SUV.

Audi

Audi adalah  pabrikan mobil Jerman yang didirikan 16 Juli 1909 di Zwickau. Pendirinya bernama August Horch, seorang yang sudah sangat terkenal di kalangan industri otomotif.

Audi sendiri berasal dari bahasa latin yang berarti mendengar. Ini merupakan padanan dari kata Horch dalam bahasa Jerman yang berarti juga mendengar.

August Horch sendiri akhirnya keluar dari Audi karena dipercaya menjadi Menteri Urusan Transportasi untuk Republik Jerman.

Untuk memperkuat dominasi, bersama DKW, Horch dan Wanderer, Audi lalu mendirikan Auto Union. Perusahaan ini terkenal dengan lambang empat cincin yang ternyata mewakili keempat perusahaan penyokongnya.

Keinath 

Keinath merupakan sebuah perusahaan penghasil mobil asal Jerman. Perusahaan ini didirikan oleh Horst Keinath di Reutlingen. Tidak seperti yang lainnya, Keinath dikenal hanya berfokus pada satu produk, yakni mobil balap.

DKW

Damf Kraft Wagen atau yang kemudian biasa dikenal dengan singkatan DKW merupakan sebuah pabrikan mobil yang didirikan pada 1916 dan berbasis di Saxony. Ia didirikan oleh Jurgen Skapte Rasmussen yang ternyata merupakan orang Denmark.

Karena satu dan lain hal, akhirnya DKW memilih untuk bergabung dengan tiga pabrikan otomotif lainnya dan membentuk sebuah grup korporat yang lebih besar bernama Auto Union atau AUDI.

Mercedes Benz

Mercedes Benz atau dikenal juga dengan nama Mercy adalah pabrikan otomotif raksasa dari Jerman yang selain memproduksi mobil juga bus dan truk.

Mercy merupakan hasil merger dari dua perusahaan besar, yakni Daimler milik Gottlieb Daimler dan Benz milik Karl Benz pada tahun 1926. Kini Mercy sukses mengkokohkan dirinya di jajaran pabrikan otomotif kelas dunia. 

EMW

EISENACHER MOTORENWEK atau lebih dikenal dengan singkatan EMW adalah sebuah merk mobil yang berasal dari Jerman Timur. Walau kini sudah tiada, tetapi di jamannya, EMW cukup disegani.

Bagaimana tidak, pabrikan otomotif yang pernah melenggang dari tahun 1945 sampai 1956 itu menghasilkan beberapa merk yang cukup laris di pasaran. Mereka juga punya klub yang ikut meramaikan even Grand Prix.

Namun sayang, pada tahun 1956 pabrikan yang juga menghasilkan sepeda motor disamping mobil itu mengalami bencana finansial yang membuatnya akhirnya tutup dan bangkrut.

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "8 Merk Mobil Jerman Paling Populer"

Berlangganan via Email