Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sekelumit Sejarah Musik Rap

Salah satu musik favorit saya belakangan ini adalah rap, tapi yang dinyanyikan dalam bahasa daerah, misal melayu, Jawa atau dialek-logat Indonesia timur.

Ada yang juga menyukai musik rap? Kalau ada, berarti kita samaan dong. Ohya, ngomong-ngomong apa kalian sudah tahu sejarah musik rap.

Ternyata musik rap punya sejarah panjang dan cukup unik karena berkaitan dengan keadaan sosial dan budaya kelompok kulit hitam di Amerika Serikat.

Sejarah Musik Rap

sejarah musik rap
sejarah musik rap

Musik rap merupakan salah satu genre musik yang muncul di Amerika Serikat pada akhir tahun 1970-an. Genre ini terutama berkembang di komunitas Afrika-Amerika di daerah-daerah perkotaan seperti New York, Los Angeles, dan Chicago. 

Musik rap terdiri dari lirik yang dibacakan atau dinyanyikan dengan irama yang cepat di atas latar belakang musik yang disebut beat. Lirik dalam musik rap biasanya menceritakan tentang kehidupan sehari-hari, masalah sosial, politik, atau personal, yang disampaikan dengan gaya yang lugas dan tanpa basa-basi.

Musik rap berakar dari tradisi orang Afrika yang membawakan lagu-lagu dengan irama cepat yang disebut "griots" di Afrika Barat. 

Di Amerika Serikat, genre ini mulai terkenal setelah munculnya lagu-lagu hip hop pada tahun 1970-an, yang menggabungkan elemen-elemen musik funk dan soul dengan lirik yang dibacakan dengan gaya rap. Pada tahun 1980-an, musik rap mulai menjadi populer di seluruh Amerika Serikat dan kemudian di dunia. 

Saat ini, musik rap merupakan salah satu genre musik yang paling populer di dunia, dengan artis-artis seperti Kanye West, Jay-Z, dan Drake yang merupakan salah satu artis rap terbesar di dunia.

Battle Rap

Rap battle adalah pertandingan lirik rap yang dimainkan oleh dua orang atau lebih, di mana setiap peserta akan saling menyampaikan lirik rap yang mengejek atau mengkritik peserta lainnya. Rap battle biasanya dilakukan di depan audience yang akan memberikan skor kepada setiap peserta sesuai dengan kualitas lirik yang disampaikan. 

Rap battle biasanya dilakukan dengan tujuan untuk menunjukkan kemampuan berkomunikasi dan mengekspresikan diri melalui lirik rap.

Rap battle bisa terjadi secara spontan di lingkungan komunitas hip hop atau diadakan secara formal dalam acara-acara khusus. 

Rap battle biasanya dilakukan dengan tujuan untuk menghibur, namun juga dapat digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan sosial atau politik. Rap battle juga merupakan salah satu elemen dari budaya hip hop yang telah menjadi bagian dari gaya hidup komunitas Afrika-Amerika di kota-kota besar di Amerika Serikat.

Musisi Rap Indonesia

Di Indonesia, sudah banyak rapper keren yang karya-karyanya memang memukau. Selain Iwa K, ada juga Kill the DJ alias Mas Marzuki dari Yogyakarta. 

Selain itu beberapa rapper muncul seiring dengan tumbuhnya pengguna aplikasi Youtube dan Tiktok. Beberapa seperti Kevin Rater dan Ecko Show. Selain itu ada juga Rich Brian yang bahkan sudah menjadi artis rapper internasional. 

Kalau kalian, siapa rapper favorit kalian?

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

1 komentar untuk "Sekelumit Sejarah Musik Rap"

  1. kalo sekarang, aku lagi suka Basboi :D lagunya sangat related dengan kehidupan

    BalasHapus