Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memilih Smartphone dengan Harga Terjangkau

Di era yang teknologi saat ini, ada berbagai jenis ponsel dengan harga yang berbeda. Jenis ponsel itu dikelompokkan menjadi kelas entry level, mid-range, high-end, dan flagship. Empat kategori ini sering dianggap sebagai standar pengelompokkan untuk setiap kelas smartphone berdasarkan spesifikasi dan harganya.

Dari kelompok ponsel diatas, smartphone flagship dianggap sebagai ponsel yang mahal dan canggih. HP flagship adalah salah satu pilihan paling populer di antara para pengguna smartphone. Meski smartphone flagship cukup diminati di pasaran, namun hp dengan kelas entry dan mid-range tidak kalah populer. 

Kelas entry level sendiri adalah kategori smartphone yang harganya lebih ramah di kantong, tidak heran masih banyak pengguna yang memilih ponsel entry level karena harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan ponsel lainnya. Smartphone yang termasuk ke dalam kelas entry level salah satunya adalah Oppo A53. Oppo A53 adalah jenis ponsel kelas entry-level yang dirilis pada pertengahan tahun 2020, yakni pada bulan Agustus 2020 silam.

Harga Oppo A53 termasuk terjangkau di pasaran, namun tetap dengan kualitas yang cukup baik. Jika membeli yang baru harganya bisa berkisar Rp 2,5 juta – Rp 3 juta. Sedangkan harga hp bekasnya berkisar Rp 1,2 juta sampai dengan Rp 1,5 juta. Harga Oppo A53 ini bisa berbeda-beda tergantung harga yang ditawarkan di marketplace.

Namun, memilih hp kelas entry level harus lebih berhati-hati dan butuh ketelitian. Sering kali konsumen membeli hp murah karena percaya pada iklan, padahal produk itu belum tentu sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai Anda mengalami kerugian ketika membeli hp baru.  Berikut ini adalah beberapa cara memilih smartphone agar tidak merugi:

1. Cari Informasi tentang Reputasi Toko atau Seller

Pastikan untuk melakukan pengecekan terkait reputasi toko dan sejauh mana mereka menawarkan layanan purna jual, termasuk bila terjadi kerusakan pada produk hp di kemudian hari. Pilih toko online yang memiliki reputasi positif dari segi pelayanan dan penulisan deskripsi produk.

2. Bertanya Secara Rinci

Saat membeli barang, usahakan untuk bertanya banyak hal secara rinci dan detail. Pastikan online shop tempat Anda membeli barang mengizinkan seller dan pembeli melakukan interaksi. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menyelesaikan komplain bila terjadi kesalahan pada saat pengiriman, atau bila barang yang diterima rusak.

3. Membandingkan Fitur dan Harga

Oppo A53

Anda bisa membandingkan spesifikasi hp di Pricebook yang memang sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan, misalnya gaming, fotografi, kinerja baterai, konektivitas, desain dan layar.

Anda perlu tahu tentang spesifikasi hp murah yang akan dibeli tersebut, terlebih lagi saat pempelian hp dilakukan secara online. Pembelian barang secara online akan membuat Anda tidak bisa melihat langsung produknya, apalagi kadang-kadang foto atau video yang ditampilkan di penjualan online sering diedit agar terlihat bagus.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

10 komentar untuk "Cara Memilih Smartphone dengan Harga Terjangkau "

  1. Daku acap kali sebelum beli gadget, membandingkan harga dulu sih di seller e-commerce biar punya gambaran apakah sesuai bujet hehe

    BalasHapus
  2. Terima kasih tips sangat bermanfaat banget nih bagi yg awam untuk membeli smartphone.. Ternyata kita harus cermat, teliti dalam membeli smartphone

    BalasHapus
  3. Aku dan suamiku termasuk pembeli smartphone di toko online. Entah karena males antri atau karena harganya jadi lebih murah sekali karena banyak potongan, kami masih terbilang nyaman-nyaman saja. Dan kami usahakan, beli di official storenya. Menghindari sekali ada penipuan

    BalasHapus
  4. betul nih.. beli handphone jangan sembarangan comot ikut trend atau gengsi. wajib kenali fitur yang dibutuhkan dan pastinya tau dimana seller yang approve berkualitas.

    BalasHapus
  5. Kalo saya yang utama sesuai budget dulu, abis itu sesuaikan dengan kebutuhan. Musik kah, kamera kah dll. Setelah itu baru deh modelnya.
    Saya juga termasuk pecinta Oppo dan pengguna Oppo sejati sampai dengan hari ini, hehe

    BalasHapus
  6. Hal ter galau memilih dalam hidup saya yang kaum mendang mending ini adalah ketika mau beli HP, hahaha.
    Masalahnya, saya bukan tipe orang yang ngerti kalau nggak liat langsung.
    Jadi, biasanya saya liat dulu kebutuhan saya akan smartphone itu apa? baru deh nyari yang sesuai kebutuhan dan budget

    BalasHapus
  7. Seneng banget, sekarang udah ada smartphone 2-3 jutaan dengan banyak fitur mumpuni
    Dulu sih harus punya 10 jutaan supaya bisa dapetin fitur-fitur tsb
    Walau tentu saja, harga gak bisa bohong
    Dan ngomongin Oppo, saya menggunakan Oppo sejak brand ini masuk Indonesia, kalo gak salah Oppo Find 7

    BalasHapus
  8. Kalau saya sekeluarga, membeli HP sesuai kebutuhan aja. Selain tentu saja budget. Anak-anak, yg notabene belum berpenghasilan sendiri, ya harus menerima batasan harga yang sudah diberikan. Jadi tidak terpaku pada jenama tertentu. Yang penting berfungsi sesuai dengan kebutuhannya.

    BalasHapus
  9. Perputaran teknologi gadget zaman sekarang cepet banget yah..
    Dan pembeli juga kudu teliti ini bener banget. Karena biasanya beli online tuh berasa untung-untungan. Enakan COD sih yaa.. menurutku. Jadi bisa liat barangnya sekaligus transaksi aman. Ada uang, ada barang.

    Naksir banget sama Oppo A53.
    Desainnya cantik, dengan teknologi dan fitur HP terkini.

    BalasHapus
  10. beli apapun, termasuk handphone budget menjadi pertimbangan awal. tetap disesuaikan dengan kebutuhan juga, biar enggak merasa bersalah mengeluarkan duit.

    BalasHapus