Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mendapatkan Sitelink Google [Pengalaman Pribadi]

Cara Mendapatkan Sitelink Google.  Banyak orang bermimpi bisa dapat Sitelink, namun hal itu masih merupakan sebuah misteri. Sampai saat artikel ini ditulis, Google belum memberi panduan resmi tentang bagaimana cara mendapatkannya. Di artikel ini, Catatan Adi akan berbagai cara mendapatkan 'hadiah misterius' dari Google tersebut.

Secara ringkasnya, dalam tulisan ini saya akan berbagi tentang :

  1. Apa itu sitelink?
  2. Apa manfaat mendapatkan sitelink?
  3. Mitos / misteri seputar sitelink.
  4. Fakta seputar sitelink.
  5. Cara mendapatkan sitelink.


cara mendapatkan sitelink blog / catatan adi / catatanadiwriter.blogspot.com
contoh sitelink

1. Apa Itu Sitelink?

Mungkin ada sebagian pembaca masih asing dengan sitelink. Jika iya, silahkan lihat gambar di atas paragraf ini. Sudah terlihat?

Ya, itulah sitelink. Pasti sudah paham, ya....

Jadi secara garis besar, sitelink adalah suatu tampilan yang muncul dalam beranda google ketika seseorang mengetik kata kunci tertentu yang memperlihatkan alamat suatu blog / web ditambah dengan beberapa kategori / postingan / halaman dari web / blog tersebut.

Ada banyak sekali blog / web yang sudah mendapatkan sitelink, salah satunya Catatan Adi, blog personal yang kecil, banyak akal tapi ga nakal.

2. Apa Manfaat Sitelink?

Apakah ada manfaatnya bagi sebuah blog ketika mendapatkan sitelink? Tentu saja. Berikut adalah beberapa manfaatnya : 

  • Branding.
  • Mengarahkan pembaca untuk memilih (klik) postingan / halaman / tag tertentu.
  • Biasanya membuat blog awet berada di papan atas klasmen google.
  • Mempermudah pembaca untuk mengeksplore blog tersebut.

Tentu masih banyak manfaat dari mendapat sitelink. Semoga setelah ini Anda juga mendapatkannya.

3. Misteri / Mitos Seputar Sitelink

Ada banyak blog yang sudah memberi advice tentang bagaimana cara mendapatkan sitelink. Catatan Adi sudah membaca banyak dari antaranya. Apa kesimpulannya? 

Makin banyak membaca makin bingung. Ada blog yang menulis tentang sitelink namun ternyata belum mendapat sitelink. Hal ini wajar saja, karena sitelink bisa saja menghilang tiba-tiba. Catatan Adi sudah mengalaminya.

Lalu apa saja misteri dan mitos yang beredar seputar sitelink?

A. Umur Blog

Ada blog yang mengupas mengenai bagaiamana cara mendapatkan sitelink. Di sana dipaparkan bahwa umur blog sangat penting. 

Beberapa menyarankan 5, 6, 8 bulan hingga beberapa tahun.  Tapi di lain pihak, ada yang mengatakan umur blog tidak penting. Nah, loh! Yang bener yang mana? 

B. Banyak Artikel

Beberapa blog menekankan jumlah artikel. Ada yang 10, 15, 30, bahkan diatas itu. Apa hal ini faktor mutlak yang menentukan?

C. Kualitas Artikel

Ini yang susah. Bagaimana mengukur kualitas artikel? Dari jumlah PV? Traffik? Page one? Comments? Share? Situ ga tau khan? Sama.... heheheh.....

D. Adsense

Ada juga yang menghubungkan adsense dengan kepemilikan sitelink. Nah.... ini mungkin bisa bener bisa nggak, namun perlu penelitian lebih lanjut. Jika pusing berlanjut silahkan bertanya di kolom komentar, hehehee......

E. DA / PA

Ehmmm..... Mungkinkah sitelink juga berhubungan dengan DA dan PA suatu blog?

F. Niche

Niche atau topik, oleh beberapa blogger sering dijadikan faktor yang menentukan munculnya sitelink atau tidak. Ada setuju? 

Ada faktor lainnya yang dibahas, namun kebanyakan berkisar diantara 6 hal di atas. 

Bagaimana menurut Anda? Apakah sebagai blogger Anda juga menemukan beberapa mitos / misteri / bahasan seputar cara mendapatkan sitelink?

5. Fakta Sitelink

Sekarang saatnya kita bahas fakta seputar sitelink. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Fakta #1 

Ada blog yang mendapatkan sitelink di usianya yang menginjak kurang dari 3 bulan. Ada juga yang 2 tahun baru mendapatkannya. Ini pengalaman pribadi Saya. 

Fakta #2

Ada yang baru 20 artikel sudah memiliki sitelink. Ada yang setelah ratusan artikel baru mendapatkannya.

Fakta #3

Blog dengan niche personal, gado-gado, aneka topik juga bisa mendapatkannya. Tidak melulu harus portal berita, web profesional atau blog dengan satu topik.

Fakta #4

DA / PA tidak mempengaruhi suatu blog dalam mendapatkan sitelink. Pun termasuk Alexa rank. 

Fakta #5

Sitelink bisa tiba-tiba berubah, menghilang dan muncul lagi. Ini pendapat pribadi dari pengalaman sendiri, mungkin Anda ada pengalaman lain?

5 Cara Mendapatkan Sitelink Ala Catatan Adi

Sekarang saatnya Catatan Adi membahas cara mendapatkan sitelink. Silahkan menyimak dan semoga bermanfaat.

1. Nama Blog

Pilih nama blog yang bagus. Ada beberapa nama blog yang jika diketik di kolom pencarian google sudah muncul. Tapi ada juga yang engga. Kenapa? Karena tidak unik dan kalah dengan blog yang namanya mirip.

Jangan sampai deh kita bersaing sama kompas, republika, merdeka apalagi tribun. Jangan coba-coba cari nama yang mirip mereka. 

Walau unik, tapi sebisa mungkin mudah diingat dan dilafalkan. Nama ndijfnwiqpbfiwqfuwqbfi memang unik tapi susah dilafalkan terlebih diingat. 

2. Rajinlah Menulis Konten

Semakin sering Anda menulis, semakin cepat Anda mendapatkan sitelink. Ini pengalaman pribadi saya dalam mengelola Catatan Adi dan beberapa blog lainnya. 

3. Buat Navigasi Rapi dan Jelas

Harus ada navigasi yang jelas. Ini bisa membantu Google dalam memberikan sitelink. Buat halaman untuk privacy policy, disclaimer, dll. 

4. Kategori / Label atau Tag

Khususnya Anda pemain blogspot. Hal ini berbeda dengan Wix atau Wordpress. Tag atau kategori atau label juga menentukan. 

Maka cermatlah dalam memberi tag atau kategori pada postingan Anda. Jangan asal ya....

5. Tonjolkan Topik Tertentu

Anda bisa membuat halaman / post / label dan mengeksplornya lebih dalam. Seperti lebih sering mengundang teman untuk blogwalking, men-share ke sosial media, mengoptimasi SEO on page maupun SEO off page, dll. Biasanya rubrik ini yang sering muncul dalam sitelink.

6. Umur Blog

Tidak mungkin blog yang baru berdiri beberapa hari langsung mendapat sitelink. Ini secara logika kasar saja. Webmaster / search console juga butuh waktu untuk meng-crawl satu artikel, apalagi satu blog penuh.  Catatan Adi mendapat sitelink di usia mendekati 3 bulan. Mungkin Anda bisa lebih cepat.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

11 komentar untuk "Cara Mendapatkan Sitelink Google [Pengalaman Pribadi]"

  1. Sumpah. Smpai saat ini sy ga ngeh apa itu sitelink 😁 maklum sy jg ngeblog sekwdar nyalurin hobi aja gak lbh... Sy jg ga tau apa blog sy ada sitelink ato gak... Kyknya mah gak ada ya hi hi...Apalg ga ada tuh sprti about.. disclaimer dsb. Tp artikelnya bermanfaat bgt.

    BalasHapus
  2. Setelah saya baca artikelnya, saya jadi keinget juga, knapa site link kadang ga muncul muncul yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, seiring berjalannya waktu sitelink akan menyesuaikan struktur blog. Begitu sih menurut saya.

      Hapus
  3. Mantap Gan. Bisa dapat sitelink itu hal yg sangat mengembirakan bagi kita narablog. Kapannya ane bisa dapat sitelink? Hehehe

    Artikelnya sangat bermanfaat Gan. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir agan Abdul Madjid. Blog agan juga bagus-bagus tulisannya.

      Hapus
  4. Ciri ciri blog dah dapat site link apa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciri-ciri blog yg dah dapat sitelink kalo dicari di Google kayak ada tampilan kategorinya atau label gitu sih.

      Hapus
  5. Joss ulasan mengenai sitelink nya semoga terus sukses ya bro

    BalasHapus
  6. Thanks bro sudah mampir ya.

    BalasHapus