12 Cara Merawat Laptop Agar Lebih Awet.

Hai Sahabat, kali ini Catatan Adi akan berbagi artikel yang tentang tutorial merawat laptop yang baik., berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Laptop bagi sebagian besar orang adalah sebuah kebutuhan. Sayangnya banyak yang tidak mengetahui cara merawat komputer jinjing ini dengan benar agar lebih awet dan tahan lama.

Meskipun harga laptop sekarang bisa dibilang cukup murah, perawatannya perlu dilakukan agar komponen maupun perangkat yang ada tetap awet dan berumur lebih lama.

Pengalaman Laptop Error Ketika Sedang Dibutuhkan

cara merawat laptop dengan tepat / catatanadi.com
Tips merawat laptop

Jarang sekali mereka memperhatikan kondisi laptop mereka. Padahal, daya tahan laptop berbeda dengan PC yang cenderung kuat dan tahan lama. Melalui artikel berikut ini, saya akan berbagi sedikit pengalaman saya mengenai bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar.

Jadi beberapa hari yang lalu laptop saya bermasalah. Ketika dinyalakan, perlu waktu lama untuk booting. Selain itu suaranya berisik sekali. Memang berhasil nyala dengan baik namun hal ini cukup mengesalkan.

Hal lainnya yang cukup bikin kesel adalah tiba-tiba notebook kesayangan ini berulah lagi ketika diajak kerja. Beberapa program mengalami hang  padahal deadline sudah semakin dekat. Mampus!

Daripada frustasi kerjaan bakalan berantakan, akhirnya saya putuskan backup semua materi yang ada ke flashdisk. Inipun tidak mudah. Proses transfernya memakan waktu berjam-jam hanya untuk data dengan beban 5 GB.

Beberapa hari kemudian, setelah semua kerjaan beres, meluncurlah saya ke salah satu tempat servis yang dijalankan teman kepercayaan. Niat cuma ingin check-up kondisi si laptop namun apa daya ternyata harus nginep. Bukan cuma beberapa program dan software yang kadaluarsa dan perlu di update, namun bagian perangkat keras juga bermasalah.

Terkejut bukan main, akhirnya saya tanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi. Ternyata semua bermula dari hardware yang bermasalah. Bagian sumber daya alias baterai sudah soak dan perlu diganti. Selain itu motherboard juga kotor parah. Banyak debu dan juga ditemukan...... kotoran cicak! Wow sungguh menjijikan.

Cara Merawat Laptop Dengan Benar 

Sambil mengambil lappy yang sudah jadi, saya pun tanya-tanya kepada si kawan yang adalah salah seorang pakar servis laptop handal tersebut. Banyak ilmu baru ternyata seputar cara merawat notebook agar bisa lebih awet dan performanya terjaga.

Untuk sobat Catatan Adi semua, berikut saya buat tips cara merawat laptop agar tetap awet setidak-tidaknya jangan mengalami kejadian seperti saya.

1. Bersihkan Optical Drive Laptop Anda

Beberapa laptop masih memiliki DVD ROM. Perlu anda ketahui, Optical Drive/ DVD ROM laptop sangat rentan terhadap debu. Dikarenakan dapat mengganggu proses pembacaan data dari CD/ DVD.

Bersihkan debu-debu yang menempel pada Optical Drive pada laptop anda secara rutin. Berhati-hatilah ketika memasukkan CD/ DVD pada Optical Drive karena lensa optik pada Optical Drive sangat rentan.

2. Jangan Menggunakan Terlalu Lama

Laptop berbeda dengan komputer yang dapat bekerja selama 24 jam nonstop tanpa istirahat. Gunakan laptop seperlunya saja, jika tidak digunakan sebaiknya anda matikan laptop anda.
Menggunakan laptop terlalu lama juga merupakan faktor yang membuat laptop mengalami overheat.

3.Ketahui Spesifikasi, Jangan Sering Bermain Game Berat

Anda sering bermain game berat? Maka Anda harus mengubahnya. Kebiasaan buruk inilah yang sering dilakukan oleh pemilik laptop yang sangat suka gaming atau gamer.

Menggunakan laptop untuk bermain game berat dalam waktu yang lama dapat menyebabkan komponen di dalam laptop mengalami overheat atau kelebihan panas.

Selain itu, kebiasaan buruk tersebut salah satu penyebab baterai laptop anda bocor. Akhirnya mau
tidak mau Anda harus keluar biaya ekstra. Rugi, bukan?

Baca Juga : 5 Cara Berinvestasi Ala Mahasiswa Nyaris Tanpa Modal

4. Jangan Menggunakan Di Atas Tempat Tidur

Tidak bisa dipungkiri bahwa menggunakan laptop di atas kasur lebih nyaman. Tetapi perlu diperhatikan, bahwa menggunakan laptop di atas kasur menyebabkan panas dari laptop tidak keluar dengan sempurna sehingga laptop pun mengalami overheat.

5. Jangan Sampai Terkena Hujan

Banyak orang lalai dalam hal ini. Mereka membawa laptop di tas lalu bepergian menggunakan motor. Ini berbahaya, apalagi jia air hujan masuk merembes ke komputer jinjing anda tersebut.

Karena air merupakan musuh utama rangkaian elektronik, alangkah baiknya untuk menjauhkan minuman dari laptop anda. Saya sarankan untuk memberi keyboard protector agar dapat mencegah resiko masuknya cairan pada celah-celah keyboard.

6. Jangan Menggunakan Produk Abal-abal

Pernah dengar kabel data seharga lima ribuan? Atau flashdisk supermurah? Hati-hati, barang-barang seperti itu bisa merusak port USB laptop Anda. Termasuk juga charger yang kelewat murmer. Mending beli barang ori namun kualitas terjaga.

7. Jauhkan Makanan Dari Laptop

Lebih berhati-hatilah ketika menaruh makanan atau sedang asyik ngemil di dekat laptop. Pastikan sisa makanan tidak berjatuhan pada celah-celah keyboard. Hal tersebut dapat mengundang semut atau serangga lainnya masuk ke dalam laptop dan nantinya mengganggu kinerja keyboard pada laptop.

8. Jauhkan Laptop Dari Sinar Matahari

Hindari kontak langsung antara laptop kesayangan anda dengan sinar matahari. Dikarenakan beberapa komponen laptop rentan mengalami kerusakan jika terkena sinar matahari secara langsung.

9. Jangan Sembarangan Mengunduh File dari Internet

Mengunduh software sembarangan dari internet dapat memperbesar kemungkinan serangan virus pada laptop.

Saya sarankan untuk menginstal Antivirus pada laptop kesayangan anda dan lebih berhati-hati ketika mengunduh apapun dari internet. Ada beberapa antivirus gratis yang cukup terpercaya yang bisa Anda coba.

Jika memang Anda seorang programer, developer, webmaster atau praktisi IT, menggunakan antivirus berbayar rasa-rasanya adalah hal yang paling tepat.

Baca Juga : Solusi Untuk Anda Yang Susah Tidur

10. Jangan Menaruh Barang Berat di atas Laptop

Kebiasaan ini sering di anggap sepele oleh pemilik laptop, padahal kebiasaan buruk ini akan berakibat fatal. Hindari menaruh barang berat di atas laptop. Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada layar laptop sekaligus komponen lainnya.

Baca Juga : Pengalaman dan Tutorial Mudik Menggunakan Kereta Api

11. Perhatikan Suhu Laptop Anda

Banyak pemilik laptop yang tidak memperhatikan suhu pada laptop mereka. Padahal suhu yang tinggi merupakan salah satu penyebab overheat pada laptop.

Untuk hal ini, suhu ruangan juga akan berpengaruh pada umur laptop Anda. Hindari juga menggunakan laptop terlalu lama yang bisa menaikkan suhu komponen di dalamnya.

12. Bersihkan Layar Secara Rutin

Saya sarankan membeli screen protector atau pelindung layar terlebih dahulu, guna melindungi layar laptop kesayangan anda dari goresan.

Bersihkan pula layar anda dari debu-debu yang menempel secara rutin. Gunakan lap basah secara hati-hati dan lap kering untuk mengeringkan. Gunakan juga kuas halus untuk membersihkan tepi layar.

Kesimpulan : Demikianlah artikel dari Catatan Adi tentang cara merawat laptop Anda agar lebih awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

2 Responses to "12 Cara Merawat Laptop Agar Lebih Awet. "

  1. Saya sekarang lebih berhati2 dalam merawat laptop gan. Karena pernah salah treatment ke laptop lama, yg kurang lebih banyak hal dari poin2 diatas saya lakukan di laptop lama saya.

    Bagus gan informasinya

    ReplyDelete
  2. Terima kasih gan, semoga sukses.

    ReplyDelete

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Mau Kirim Artikel? Atau Tanya-Tanya? Boleh Kok

Name

Email *

Message *

Baca Juga

Labels

Random artikel #opinicatatanadi tutorial blogging politik blog produktivitas #lawas esai motivasi kesehatan Seri Artikel : Catatan Marhaenis curhat misteri menulis sejarah cerita Travelling #lagiviral artikel inggris budaya psikologi #cerpencatatanadi Hantu menjaga kesehatan tips menulis sepakbola #puisicatatanadi Seri Artikel : Ngeblog Personal Ala Catatan Adi artis puisi inspirasi kreatifitas liverpool motivation pendidikan #pesohorduniamaya Fenomena Kristen Supranatural blogger cerpen entrepreneurship gaya hidup mendapatkan uang dari blog pemilu perang sepeda motor tokoh Amerika Serikat bahasa film grace natalie indonesia inspirator investasi jawa jepang kuliner menulis dan dibayar menulis tiap hari profil riddle tetangga berisik topik wisata Alam Andi Arief Ekologi Ghaib Google Adsense Hutan Aokigahara Iran Kuyang Listicle Misteri Darah Perawan Natal PES Partai Demokrat Planned SD Mutiara Persada Bantul Sepeda Surat Teori Gaia The Pursuit Of Happiness Tuyul asam lambung badak berhenti merokok bersyukur bisnis buah buah khas Indonesia bumi manusia catatan baca alkitab cerbung che guevara cina cinta einstein filsafat flying dutchman fokus foto gamelan games gelandangan gerakan mahasiswa gerrard hari buruh hoax hobi hubungan hujan ide jokowi kabinet kapal kejahatan kesuksesan khotbah kristen kisah lalu lintas lowongan kerja lowongan penulis artikel macam-macam artikel mahasiswa makanan mane medium membuat blog personal menjadi pintar menteri menulis artikel yang menarik mesir miskin mistis mitos my nafsu nasi goreng magelangan nasihat hidup news niche november pandangan dunia panduan komunitas parenting pasar malam pecandu politik pelajar sukses peluang usaha pemerintah pengetahuan penyakit percaya diri pola makan pramudya ananta toer resensi film revolusi rokurokubi sains salah santet senja seram serangga smartphone sosial media sukses susah tidur tan malaka tank teknologi trafik writers' block

Artikel Menarik Lainnya

Artikel Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel