Ingin Menjadi Pelajar SMA Yang Sukses? Ini Panduannya

Tutorial- Menjadi pelajar sukses adalah impain semua siswa. Namun sayang sekali banyak yang tidak mengetahui caranya. Padahal caranya sangatlah mudah. Ketahui rahasia untuk menjadi siswa sukses agar masa depan lebih cemerlang.

Cara menjadi pelajar sukses
Menjadi Pelajar Sukses

Halo sahabat, kali ini Catatan Adi ingin berbagai cara jitu untuk menjadi pelajar SMA yang berprestasi dan sukses.

Memang menjadi pelajar berprestasi tidaklah mudah. Ada banyak halangan dan rintangannya. Terlebih jika Anda tidak mengetahui tips dan cara untuk menjadi siswa yang sukses. Padahal untuk menjadi siswa yang berhasil dan penuh presatasi bukanlah hal mustahil.

Seperti Apa Pelajar Yang Sukses Tersebut


Mari kita persempit bahasan kita agar bisa lebih fokus. Jadi, seperti apa pelajar sukses itu? Siswa sukses atau pelajar berprestasi adalah mereka yang memiliki nilai akademis yang baik, mendapat banyak teman, disayang guru, serta mempunyai banyak prestasi lain di luar akademik.

Terlihat terlalu sempurna? Sebenarnya tidak. Asal tahu kuncinya, maka siapapun bisa menjadi pelajar sukses. Oleh karena itu mari kita pelajari cara untuk menjadi siswa yang berprestasi.

Manfaat Menjadi Pelajar Sukses.


Sebelum kita membahas langkah-langkah dan cara untuk menjadi pelajar sma yang sukses dan berprestasi, mari kita lihat manfaatnya terlebih dahulu.

Apa sih manfaat menjadi pelajar yang sukses itu?

1. Dihormati semua orang.

Semua orang akan hormat pada Anda. Setidaknya segan. Mereka akan berpikir dua kali untuk berhadapan dengan para pelajar sukses yang disayang guru, memiliki banyak teman serta terkenal banyak akal. 

2. Memiliki masa depan yang lebih cemerlang.

Pelajar yang sukses cenderung memiliki masa depan gemilang. Ini karena mereka membangun masa depannya bukan setelah lulus melainkan sejak di bangku sekolah. Semakin awal Anda membangun masa depan Anda, semakin besar peluang untuk memperoleh masa depan cemerlang.

3. Berpotensi untuk mendapat beasiswa.

Tentu bukan sembarang orang bisa mendapat beasiswa. Orang yang mendapat bantuan finansial seperti ini tentu adalah orang yang masuk kategori tertentu, salah satunya pelajar berprestasi. Inilah keuntungan menjadi siswa yang memiliki prestasi.

4. Lebih berpeluang besar ketika melamar kerja.

Setiap HRD sekarang memiliki kecenderungan untuk meneliti calon pekerja mereka sedari SMA. Tentu jika Anda adalah seorang pelajar yang berprestasi sejak SMA, maka perusahaan akan lebih memilih Anda dibanding pelamar yang lain.

Cara Menjadi Pelajar Sukses.


Sekarang kita akan membahas cara menjadi pelajar SMA yang sukses dan berprestasi. Bagaimana langkah-langkahnya? Apakah sesulit itu untuk menjadi seorang siswa yang baik dan penuh prestasi? Ternyata tidak.

1. Tingkatkan nilai akademis.

Salah satu jalan untuk menjadi pelajar berprestasi adalah meningkatkan nilai akademis Anda. Rajinlah belajar dan berusaha untuk mendapatkan nilai baik di semua mata pelajaran atau setidaknya jangan terlalu sering mendapat nilai jelek.

Untuk menjadi pintar, sebenarnya tidak perlu melulu harus belajar. Jika benar serius ingin menjadi pelajar sukses, baca artikel rahasia untuk menjadi pintar yang tidak diketahui banyak orang. 

2. Patuhi peraturan sekolah.

Di mana bumi dippijak, di situ langit dijunjung. Latih diri Anda untuk menjadi sosok yang disiplin dan taat pada aturan. Jangan melanggar tata tertib sekolah. Jangan tergoda untuk mengikuti hal-hal konyol yang akan mempersulit diri Anda. Ingat, Anda ingin jadi siswa berprestasi bukan?

3. Tonjolkan salah satu talenta.

Tingkatkan dan temukan talenta Anda. Ini adalah juga salah satu cara untuk menjadi pelajar sukses. Setiap ada kesempatan kembangkan skill dan kemampuan khusus Anda. Entah itu di bidang musik, olahraga atau sastra.

4. Bergabunglah dengan OSIS atau MPK.

Salah satu jalan untuk menjadi pelajar berprestasi dan cukup menonjol adalah dengan menjadi anggota MPK atau OSIS. Ada banyak hal yang bisa dipelajari di sana. Manfaatkan dengan baik supaya Anda bisa menjadi siswa berprestasi.

5. Tunjukkan keramahan pada guru.

Ini adalah juga salah satu cara untuk menjadi pelajar sukses. Setiap ada kesempatan bantu guru-guru Anda. Entah itu menulis soal di papan atau membawakan buku ke kantor guru. Guru perempuan biasanya paling sering memerlukan bantuan. Tawarkan diri Anda dengan penuh keramahan.

6. Seringlah membantu teman.

Pelajar yang berprestasi dan sukses adalah yang dihormati teman dan guru. Jangan ragu untuk membantu teman-teman Anda dalam kebaikan. Hal ini akan menjadi tabungan Anda kelak bertahun-tahun setelah lulus sekolah.

7. Jangan membedakan sahabat.

Ini juga penting Anda perhatikan. Salah satu jalan untuk menjadi pelajar berprestasi adalah bergaul dan bersahabat dengan semua orang. Jangan memilih hanya bersahabat dengan teman yang sama agama atau tingkat sosial saja.

8. Usahakan menjadi pengurus kelas.

Ini adalah upaya atau  cara untuk menjadi pelajar berprestasi. Setiap ada kesempatan tawarkan diri Anda untuk menjadi pengurus kelas. Setidaknya jangan menolak. Ini bisa membantu meningkatkan skill leadership Anda.

9. Jawablah semua pertanyaan guru.

Untuk menjadi pelajar sukses dan berprestasi, maka Anda harus juga menonjol. Usahakan untuk menjawab semua quiz dan pertanyaan dari guru Anda. Untuk hal ini, maka milikilah kebiasaan mencatatat dan membaca dengan baik.

10. Ikutilah beberapa ekstrakurikuler.

Ikuti beberapa ekstrakurikler. Hal ini adalah salah satu jalan untuk menjadi pelajar berprestasi. Ini bisa membantu meningkatkan skill Anda.

11. Ikutilah kompetisi dengan serius.

Rajin mengikuti kompetisi yang bonafid. Ini adalah juga salah satu cara untuk menjadi pelajar sukses. Setiap ada kesempatan cobalah untuk mengikuti lomba atau kompetisi. Dapatkan pengalaman yang berharga.

12. Miliki karakter yang ramah dan menyenangkan.

Untuk menjadi pelajar yang berprestasi, bukan hanya tentang akademik. Nilai Anda memang bagus, namun sikap anda juga harus sopan, ramah dan menyenangkan. Latih dan kembangkan hal ini supaya Anda bisa menjadi pelajar yang sukses.

13. Milikilah lingkaran yang baik.

Salah satu langkah untuk menjadi pelajar berprestasi adalah dengan memiliki sahabat baik yang juga ingin menjadi sosok yang penuh prestasi. Bertemanlah dengan semua orang tetapi milikilah lingkaran pergaulan yang baik. Pasti Anda paham hal ini.

14. Perhatikan cara berpakaian, berjalan dan berbicara.

Ini adalah bagian yang penting sekaligus merupakan salah satu cara untuk menjadi pelajar sukses. Perhatikan cara anda berpakaian, berjalan dan berbicara. Anda bukan anggota TNI jadi tidak perlu sok tegas. Justru tampilkan keramahan dan kehangatan, baik kepada teman maupun ibu guru Anda. 

15. Hormatilah siswa yang berlainan jenis kelamin.

Jangan menjadi siswa yang tidak tahu  diri. Jadilah pelajar yang sopan. Maka Anda akan dihormati oleh banyak orang.

16. Jangan membuat kasus.

Untuk apa sengaja membuat kasus? Melanggar aturan bukanlah langkah terbaik untuk tenar. Nama anda akan jadi taruhannya. Jika ingin jadi siswa yang baik, jangan membuat kasus, terlebih secara sengaja.

17. Rajinlah ke perpustakaan tapi tak perlu setiap hari.

Kunjungi perpustakaan dengan rutin. Ini adalah juga salah satu cara untuk menjadi pelajar sukses. Bangun hubungan yang intens dengan kakak atau ibu guru yang menjaga perpustakaan. Bantu beliau ketika harus membereskan buku ke rak, mencatatan kartu perpustakaan, dan sebagainya. Hal ini akan membuat Anda terbiasa menjadi pelajar yang ramah dan baik.

18. Sapalah para pegawai sekolah dan penjaga kantin.

Jarang ada orang yang mau membangun hubungan intens dengan bapak satpam, TU, tukang kebon maupun ibu kantin. Seringlah menyapa mereka dengan ramah. Hal itu lebih dari cukup untuk menunjukkan keramahan Anda.

19. Seringlah berbagi ilmu dengan teman.

Hal ini juga bisa Anda lakukan. Salah satu jalan untuk menjadi pelajar berprestasi adalah berbagi ilmu kepada sahabat. Anda akan dianggap teman yang baik dan tidak sombong.

20. Manfaatkan kesempatan ketika berbicara di depan umum.

Ini adalah juga cara untuk menjadi pelajar sukses. Setiap ada kesempatan berbicara di depan umum, lakukan dengan baik. Jadilah kreatif. Berbicaralah dengan cara yang mengesankan. Latihlah keterampilan public speaking. Hal ini sangat bermanfaat.

21. Menjadi diri sendiri namun hapus karakter yang jelek.

Terakhir jadilah diri sendiri. Jangan jadi seseorang yang dibuat-buat. Lakukanlah 20 cara untuk menjadi pelajar berprestasi di atas secara alami, natural dan tidak dipaksakan berlebihan. Setiap orang punya sisi baik dan buruk. Tingkatkan karakter baik Anda dan hilangkan secara bertahap hal buruk dalam diri. 

Demikianlah artikel mengenai cara menjadi pelajar sukses dan berprestasi. Semua berpulang kepada Anda masing-masing, mau melakukannya atau tidak. 

Tentu dibutuhkan pengorbanan untuk bisa menjadi pelajar yang penuh prestasi, membanggakan dan dipuji banyak orang. 

Namun pada akhirnya seorang siswa yang berprestasi akan lebih berpotensi untuk meraih cita-cita yang diidamkannya.

Baca dan ikuti terus artikel berkualitas lainnya dari Catatan Adi, seperti cara meningkatkan kepercayaan diri agar bisa dicintai dan dikagumi banyak orang. 

Atau pelajari juga rahasia menjadi orang yang kreatif dan sukses yang belum diketahui banyak orang. Jangan lupa share artikel ini ke media sosial dan whatssap Anda agar semakin banyak orang terinspirasi untuk menjadi pelajar yang berprestasi.

0 Response to "Ingin Menjadi Pelajar SMA Yang Sukses? Ini Panduannya"

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel