5 Cara Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Kamu!

Kepercayaan diri merupakan modal utama untuk meraih kesuksesan. Semakin tinggi kepercayaan diri seseorang, maka semakin besar potensi baginya untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.

5 Cara Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Kamu!  Catatan Adi
sumber : unsplash


Tetapi sayangnya, banyak orang bermasalah dengan kepercayaan diri. Bahkan ada orang yang justru memiliki kepercayaan diri yang rendah yang membuat mereka menjadi minder dan takut untuk melakukan banyak hal : berbicara di depan orang lain, berkenalan dengan relasi baru, dll.

Jika kamu punya kebetulan memiliki permasalahan seputar kepercayaan diri, maka jangan khawatir. Kali ini, Catatan Adi sebagai blog sahabat kamu semua akan memberikan tips dan tutorial untuk membuat kamu bisa meningkatkan rasa percaya dirimu.

Yuk kita bahas bersama, 5 cara sangat mudah yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan rasa percaya dirimu.

milikilah visi yang benar / catatan adi
sumber : pixabay

1. Milikilah visi yang benar.


Apa itu visi yang benar? Mengapa penting bagi kamu untuk memiliki visi yang benar supaya bisa meningkatkan rasa percaya diri?

Jadi gini....

yang dimaksud dengan memiliki visi yang benar adalah kamu harus memandang diri kamu dengan sewajarnya. Banyak orang yang bermasalah dengan rasa percaya diri, ternyata memiliki pandangan yang buruk tentang diri mereka sendiri.

Mereka merasa bahwa diri mereka adalah makhluk yang lemah, tidak berguna, sering melakukan kesalahan dan berbagai pandangan buruk lainnya.

Mungkin sekali hal ini muncul karena traumatis, pengalaman buruk di masa lalu atau akibat perundungan dari orang lain.

Jika kamu ingin memiliki rasa percaya diri yang baik, pertama-tama kamu harus berubah. Kamu harus singkirkan semua cara pandang yang tidak benar. Kamu harus mengubah visi diri yang selama ini kamu miliki.

Bangunlah sebuah visi diri yang benar. Yakinkan diri kamu bahwa kamu adalah orang yang cakap dan siap untuk terus belajar. Singkirkan rasa rendah diri atau pendapat-pendapat yang bisa membuat nyalimu ciut.

Ingat, tidak ada yang sempurna di dunia ini. Satu atau beberapa kesalahan di masa lalu tidak layak membuatmu menjadi pecundang selamanya.

Dan tidak ada yang bisa menolongmu kecuali dirimu sendiri.

Visimu akan mempengaruhi seluruh hidupmu, cara pandangmu dan bahkan bagaimana kamu akan menjalani hari-hari ke depan.

Perhatikan penampilanmu / catatan adi
sumber @royalanwar / unsplash


2. Perhatikan penampilanmu.


Memiliki penampilan yang baik adalah kunci bagi setiap orang untuk meraih kesuksesan. Dengan penampilan yang baik, seseorang akan lebih percaya padamu. Selain itu juga akan membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam dirimu.

Ada perbedaan mendasar antara berpenampilan yang baik dan terlalu berlebihan dalam penampilan. Kamu tidak harus selalu mengikuti mode terbaru, membeli serangkaian asesoris mahal atau terus menerus bercermin setiap dua jam sekali.

Tidak, bukan itu.

Setidaknya kamu tahu pakaian mana yang bersih dan layak kamu pakai untuk aktivitasmu, parfum yang baik namun tak terlalu mahal atau minyak rambut yang membuat dirimu nampak rapi.

Rapi, wangi dan bersih. Tiga kata tersebut sudah lebih dari cukup.

Memang ada banyak orang dengan talenta alami yang mampu menunjukkan aura kepercayaan diri yang kuat, apapun yang mereka pakai. Namun jika kamu tidak memiliki bakat seperti itu, jangan coba-coba. Atau hal konyol akan kamu dapatkan dan rasa percaya dirimu akan makin terpuruk.

Banyak membaca dapat meningkatkan kepercayaan diri / catatan adi
sumber : Min An / pexels

3. Banyaklah membaca. 


Membaca memiliki banyak sekali manfaat. Dengan membaca, maka kamu akan jadi semakin tahu. Bukan hanya tentang urusan kepercayaan diri, namun juga berbagai hal terkini.

Semua orang menyukai berkenalan dengan orang yang pintar. Dan salah satu cara menjadi pintar adalah dengan membaca.

Untuk itu, mulailah membaca. Baca apa saja, termasuk buku, majalah, blog dan buletin online. Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak pengetahuan yang bisa kamu bagi pada orang lain. Dan itu sudah pasti akan meningkatkan rasa percaya dirimu secara otomatis.

memiliki teman yang baik untuk meningkatkan kepercayaan diri
sumber : burst shopify

4. Miliki teman-teman yang baik.


Penting bagi seseorang untuk memiliki lingkaran yang berisi orang-orang yang senantiasa mendukung mereka dalam keadaan apapun. Jika kamu sudah memilikinya, selamat. Sekarang tinggal bagaimana kamu meminta mereka untuk membantumu dengan masalahmu : meningkatkan kepercayaan dirimu.

Minta tolonglah pada mereka untuk selalu mendukungmu dan selalu dengarkan nasihat-nasihat terbaik dari mereka. Katakan dengan spesifik mengenai masalahmu, entah itu rasa rendah diri ketika berbicara di depan orang banyak atau kesulitanmu memperoleh klien baru karena kamu takut berkenalan dengan orang baru.

Yakinlah, sahabat yang baik tidak akan membiarkanmu larut dalam masalahmu. Yang perlu kamu lakukan hanyalah meminta tolong. Mudah, kan?

melatih diri / catatan adi
sumber : unsplash

5. Latihlah dirimu untuk tampil di depan umum. 


Sekarang saatnya kamu untuk beraksi. Latihlah dirimu dengan cara yang paling sederhana. Kamu bisa mulai untuk berbicara di depan cermin yang besar. Setelah kamu yakin dan mendapatkan nuansanya, kamu bisa beralih ke hal yang lebih menantang, berbicara di depan teman-teman baikmu.

Rajinlah juga untuk berkenalan dengan orang baru, berbincang dengan sesama pengguna bus kota atau sekedar berbasa-basi dengan penjual kopi favoritmu.

Beraksilah. Taklukkan rasa rendah diri yang selama ini kamu miliki. Tingkatkan rasa percaya dirimu. Jangan takut.

Tips selanjutnya :

a. Bacalah buku-buku yang bisa membantumu menaikkan kepercayaan diri. Buku dari Dale Carnegie atau Andy F. Noya bisa menjadi inspirasi untukmu.

b. Amatilah trend terkini dan cobalah untuk membuat list topik yang bisa kamu gunakan untuk memulai pembicaraan.

c. Berbagilah. Kamu bisa berbagi pengalamanmu yang mungkin bisa juga membantu orang lain yang berada di posisimu.

Mudah bukan? Tulis ide-ide kamu yang lain di kolom komentar. Catatan Adi akan dengan senang hati membaca komentarmu.

0 Response to "5 Cara Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Kamu! "

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel