10 Keterampilan Dan Pengetahuan Yang Harus Anda Ajarkan Pada Anak Demi Masa Depan Mereka

Catatan Adi – Setiap anak wajib dibekali ilmu pengetahuan dan keterampilan yang cukup agar mereka tidak tergagap-gagap menghadapi dunia.

Tanpa bekal pengetahuan dan keterampilan yang cukup, mereka akan tumbuh secara tidak maksimal dan tentu saja ini patut disayangkan. Anak-anak berhak untuk mengembangkan potensinya secara utuh dan baik.

Lalu bagaimana guru dan orang tua harus bersikap mengenai hal ini? Tidak bisa tidak, Anda harus memberikan apa yang Anak dan murid Anda butuhkan untuk membantu mereka menghadapi dunia ketika mereka beranjak dewasa kelak.

Keterampilan yang harus diajarka pada anak-anak
Keterampilan yang harus diajarkan pada anak-anak


10 Keterampilan Yang Wajib Diajarkan Pada Anak-Anak Untuk Mempersiapkan Mereka Menghadapi Dunia.


Pertanyaannya, keterampilan seperti apa saja yang harus diberikan pada anak-anak agar ketika mereka dewasa kelak, mampu tetap eksis di tengah persaingan dunia yang semakin ketat?

Catatan Adi merangkum 10 keterampilan yang wajib diberikan pada anak-anak untuk membantu mereka kelak ketika dewasa.

1. Basic Life Skill


Bagaimana ayah ibu Anda mengajarkan hal ini di masa lalu? Bukankah mereka mengajarkannya dengan baik? Lalu mengapa tidak diteruskan pada anak Anda sekarang.

Memang sangat bersyukur memiliki anak yang bertalenta menjadi seorang koki hebat, seperti Gordon Ramsey atau Chef Rudy. Namun apapun bakat mereka setidaknya Anda harus mengajarkan cara menanak nasi, memasak air, menumis kangkung, mengupas bawang atau sekedar membuat nasi goreng.

Inilah basic life skill atau kemampuan dasar untuk hidup. Anda harus mengjarakannya pada anak-anak.

Mereka harus tahu cara memasang lampu, membersihkan langit-langit, mengganti busi sepeda motor, memasang LPG, mengurus kran yang macet atau menyapu halaman.

Semua itu bisa Anda berikan sembari melakukan quality time dengan mereka. Tentu hal yang mengasyikkan membersihkan kebun bersama, memandikan anjing kesayangan atau mengecat pagar rumah.

2. Keterampilan Berkomunikasi


Ini juga sangat penting, yaitu kemampuan berkomunikasi. Jika Anda tidak mengajarkan hal ini pada anak Anda, maka mereka terancam tidak akan tumbuh dengan maksimal.

Ajarkan cara bercakap-cakap dengan orang lain. Ajak mereka untuk turut mengobrol dengan teman, keluarga atau tetangga Anda. Perhatikan tutur kata, gesture dan pemilihan diksi mereka. Jika ada yang kurang tepat, segera beritahu mereka.

3. Keterampilan Memahami Nilai dan Norma


Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Tentu Anda paham dengan peribahasa satu ini. Tidak hanya berhenti di sini, Anda harus mengajarkan hal tersebut pada anak-anak.

Pastikan mereka memahami dan mengerti nilai dan norma yang dijunjung tinggi di tengah-tengah masyarakat. Beritahu apa yang baik untuk dikerjakan maupun yang jangan pernah dilakukan.

Tanpa Anda mengajarkan pengetahuan ini, maka anak-anak akan tergagap-gagap ketika mereka dilepas ke dunia nyata yang sebenarnya.

Baca Juga :

Cara Mengusir Serangga 

Panduan Menjadi Pelajar SMA Yang Sukses

Cerpen Ben Dan Senja

Tutorial Membuat Blog Personal Untuk Anda

4. Keterampilan Bisnis


Siapa bilang keterampilan bisnis hanya diajarkan untuk orang dewasa. Justru sedari anak-anak hal ini patut diberikan.

Keterampilan bisnis tingkat dasar setidaknya meliputi dua hal : cara mendapatkan uang dan memutarnya kembali.

mengajarkan bisnis pada anak-anak
Mengajarkan keterampilan bisnis sedari dini


Pastikan mereka paham konsep jual beli dan jika dirasa sudah cukup waktu, Anda bisa menceritakan bagaimana pekerjaan Anda.

Hal ini akan menanamkan kesadaran bahwa dunia berjalan seturut dengan sistem ekonomi dan perdagangan.

Beberapa langkah praktis yang bisa Anda terapkan antara lain adalah mengajarkan Anak untuk bertanya harga suatu barang sebelum membelinya. Hal ini kelihatan sepele namun berdampak besar.

Ajari mereka bagian tubuh yang hanya boleh mereka sentuh, cara sederhana untuk menolak ajakan dari orang tak dikenal ataupun waspada terhadap orang-orang terdekat yang memiliki gelagat mencurigakan.

5. Keterampilan Finansial


Keterampilan finansial terutama berkaitan dengan bagaimana seorang anak harus paham mana yang perlu dibeli dan mana yang tidak mereka butuhkan.

Ajari mereka untuk menabung, membuat daftar keinginan dan kebutuhan serta mengerti bahwa
mencari uang bukan perkara mudah.

6. Keterampilan Pertahanan Diri


Benar, Anda bisa memasukkan mereka ke kursus karate, mendaftar ke klub wushu atau masuk padepokan pencak silat. Hal ini adalah wujud kepedulian Anda terhadap keselamatan anak-anak.

mengajarkan cara melindungi diri dari pelecehan anak
Mengajarkan cara melindungi diri


Namun mengajarkan keterampilan pertahanan dan perlindungan diri tidak sesederhana itu. Ajari mereka bagian tubuh yang hanya boleh mereka sentuh, cara sederhana untuk menolak ajakan dari orang tak dikenal ataupun waspada terhadap orang-orang terdekat yang memiliki gelagat mencurigakan.

7. Pengetahuan Dasar Kesehatan dan Medis


Hal ini sangat penting. Suatu saat mereka pasti akan terserang flu, berdarah karena jatuh dari sepeda atau terkilir saat mengikuti kelas olahraga.

Ajari mereka pengetahuan yang cukup tentang mimisan, cara mengatasi demam maupun siklus haid. Tentu Anda ingin anak-anak tumbuh menjadi insan yang sehat, bukan?

Ini wajib hukumnya untuk Anda tanamkan pada anak-anak. Mereka yang tumbuh dengan kesadaran untuk menolong sesamanya, penuh toleransi pada orang lain serta tak ragu berbagai kebahagiaan kepada orang-orang disekitar akan tumbuh menjadi sosok baik hati, tidak egois serta jauh dari sifat fanatik sempit.


8. Kemampuan Dasar Mengolah Emosi


Mengelola emosi sangat penting dan wajib Anda ajarkan. Jika terlambat maka anak-anak akan tumbuh tanpa memiliki pengetahuan yang cukup tentang bagaimana mereka bersikap ketika emosi mereka berubah.

mengajarkan cara mengelola emosi pada anak
Mengajarkan mengolah emosi


Ajarkan cara yang tepat ketika mereka dilukai atau dibuat marah, bagaimana bersikap ketika bersedih dan sebagainya.

9. Beberapa Keterampilan Khusus Yang Anda Miliki


Apakah Anda seorang pendeta yang sanggup menyampaikan firman Tuhan dengan baik. Atau seorang atlit tinju? Mengapa tidak mengajarkan skill khusus itu pada anak-anak.

Anak-anak yang memiliki suatu kemampuan khusus yang mendalam akan tumbuh jauh lebih baik daripada mereka yang harus membayar orang untuk mengajari mereka kelak di kemudian hari.

mengajarkan anak berenang
Mengajarkan anak berenang


Maka jika Anda mampu berbahasa Latin, pandai memasak masakan Perancis, ahli botani, jago berenang atau memiliki kemampuan khusus di bidang modeling, wariskan itu semua pada anak-anak Anda.

10. Kesadaran Untuk Menolong Sesama


Ini wajib hukumnya untuk Anda tanamkan pada anak-anak. Mereka yang tumbuh dengan kesadaran untuk menolong sesamanya, penuh toleransi pada orang lain serta tak ragu berbagai kebahagiaan kepada orang-orang disekitar akan tumbuh menjadi sosok baik hati, tidak egois serta jauh dari sifat fanatik sempit.

Insan seperti inilah yang akan menjadi sosok yang menyenangkan, dicintai semua orang dan bermanfaat bagi dunia dan orang lain.

Demikianlah 10 keterampilan, kemampuan dan pengetahuan yang harus Anda berikan pada anak-anak untuk mempersiapkan mereka ketika beranjak dewasa kelak.

Apakah Anda setuju? Atau ada beberapa hal yang ingn Anda tambahkan? Silahkan berbagi di kolom komentar.

Untuk referensi lebih lanjut, silahkan baca 10 skill yang harus dikuasai pada tahun 2020 untuk tetap eksis menurut World Economic Forum. 

0 Response to "10 Keterampilan Dan Pengetahuan Yang Harus Anda Ajarkan Pada Anak Demi Masa Depan Mereka"

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Mau Kirim Artikel? Atau Tanya-Tanya? Boleh Kok

Name

Email *

Message *

Baca Juga

Labels

Random artikel #opinicatatanadi tutorial blogging politik blog produktivitas #lawas esai motivasi kesehatan Seri Artikel : Catatan Marhaenis curhat misteri menulis sejarah cerita Travelling #lagiviral artikel inggris budaya psikologi #cerpencatatanadi Hantu menjaga kesehatan tips menulis sepakbola #puisicatatanadi Seri Artikel : Ngeblog Personal Ala Catatan Adi artis puisi inspirasi kreatifitas liverpool motivation pendidikan #pesohorduniamaya Fenomena Kristen Supranatural blogger cerpen entrepreneurship gaya hidup mendapatkan uang dari blog pemilu perang sepeda motor tokoh Amerika Serikat bahasa film grace natalie indonesia inspirator investasi jawa jepang kuliner menulis dan dibayar menulis tiap hari profil riddle tetangga berisik topik wisata Alam Andi Arief Ekologi Ghaib Google Adsense Hutan Aokigahara Iran Kuyang Listicle Misteri Darah Perawan Natal PES Partai Demokrat Planned SD Mutiara Persada Bantul Sepeda Surat Teori Gaia The Pursuit Of Happiness Tuyul asam lambung badak berhenti merokok bersyukur bisnis buah buah khas Indonesia bumi manusia catatan baca alkitab cerbung che guevara cina cinta einstein filsafat flying dutchman fokus foto gamelan games gelandangan gerakan mahasiswa gerrard hari buruh hoax hobi hubungan hujan ide jokowi kabinet kapal kejahatan kesuksesan khotbah kristen kisah lalu lintas lowongan kerja lowongan penulis artikel macam-macam artikel mahasiswa makanan mane medium membuat blog personal menjadi pintar menteri menulis artikel yang menarik mesir miskin mistis mitos my nafsu nasi goreng magelangan nasihat hidup news niche november pandangan dunia panduan komunitas parenting pasar malam pecandu politik pelajar sukses peluang usaha pemerintah pengetahuan penyakit percaya diri pola makan pramudya ananta toer resensi film revolusi rokurokubi sains salah santet senja seram serangga smartphone sosial media sukses susah tidur tan malaka tank teknologi trafik writers' block

Artikel Menarik Lainnya

Artikel Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel