Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Keterampilan Wajib!

Catatan Adi – Setiap anak wajib dibekali ilmu pengetahuan dan keterampilan yang cukup agar mereka tidak tergagap-gagap menghadapi dunia.

Tanpa bekal pengetahuan dan keterampilan yang cukup, mereka akan tumbuh secara tidak maksimal dan tentu saja ini patut disayangkan. Anak-anak berhak untuk mengembangkan potensinya secara utuh dan baik.

Lalu bagaimana guru dan orang tua harus bersikap mengenai hal ini? Tidak bisa tidak, Anda harus memberikan apa yang Anak dan murid Anda butuhkan untuk membantu mereka menghadapi dunia ketika mereka beranjak dewasa kelak.

10 Keterampilan Wajib 

10 skill wajib untuk masa depan
10 skill wajib untuk masa depan

Pertanyaannya, keterampilan seperti apa saja yang harus diberikan pada anak-anak agar ketika mereka dewasa kelak, mampu tetap eksis di tengah persaingan dunia yang semakin ketat?

Catatan Adi merangkum 10 keterampilan yang wajib diberikan pada anak-anak untuk membantu mereka kelak ketika dewasa.

1. Basic Life Skill

Bagaimana ayah ibu Anda mengajarkan hal ini di masa lalu? Bukankah mereka mengajarkannya dengan baik? Lalu mengapa tidak diteruskan pada anak Anda sekarang.

Memang sangat bersyukur memiliki anak yang bertalenta menjadi seorang koki hebat, seperti Gordon Ramsey atau Chef Rudy. Namun apapun bakat mereka setidaknya Anda harus mengajarkan cara menanak nasi, memasak air, menumis kangkung, mengupas bawang atau sekedar membuat nasi goreng.

Inilah basic life skill atau kemampuan dasar untuk hidup. Anda harus mengjarakannya pada anak-anak.

Mereka harus tahu cara memasang lampu, membersihkan langit-langit, mengganti busi sepeda motor, memasang LPG, mengurus kran yang macet atau menyapu halaman.Semua itu bisa Anda berikan sembari melakukan quality time dengan mereka. Tentu hal yang mengasyikkan membersihkan kebun bersama, memandikan anjing kesayangan atau mengecat pagar rumah.

2. Keterampilan Berkomunikasi

Ini juga sangat penting, yaitu kemampuan berkomunikasi. Jika Anda tidak mengajarkan hal ini pada anak Anda, maka mereka terancam tidak akan tumbuh dengan maksimal.

Ajarkan cara bercakap-cakap dengan orang lain. Ajak mereka untuk turut mengobrol dengan teman, keluarga atau tetangga Anda. Perhatikan tutur kata, gesture dan pemilihan diksi mereka. Jika ada yang kurang tepat, segera beritahu mereka.

3. Keterampilan Memahami Nilai dan Norma

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Tentu Anda paham dengan peribahasa satu ini. Tidak hanya berhenti di sini, Anda harus mengajarkan hal tersebut pada anak-anak.

Pastikan mereka memahami dan mengerti nilai dan norma yang dijunjung tinggi di tengah-tengah masyarakat. Beritahu apa yang baik untuk dikerjakan maupun yang jangan pernah dilakukan.

Tanpa Anda mengajarkan pengetahuan ini, maka anak-anak akan tergagap-gagap ketika mereka dilepas ke dunia nyata yang sebenarnya.

4. Keterampilan Bisnis

Siapa bilang keterampilan bisnis hanya diajarkan untuk orang dewasa. Justru sedari anak-anak hal ini patut diberikan.

Keterampilan bisnis tingkat dasar setidaknya meliputi dua hal : cara mendapatkan uang dan memutarnya kembali.

Pastikan mereka paham konsep jual beli dan jika dirasa sudah cukup waktu, Anda bisa menceritakan bagaimana pekerjaan Anda.

Hal ini akan menanamkan kesadaran bahwa dunia berjalan seturut dengan sistem ekonomi dan perdagangan.

Beberapa langkah praktis yang bisa Anda terapkan antara lain adalah mengajarkan Anak untuk bertanya harga suatu barang sebelum membelinya. Hal ini kelihatan sepele namun berdampak besar.

Ajari mereka bagian tubuh yang hanya boleh mereka sentuh, cara sederhana untuk menolak ajakan dari orang tak dikenal ataupun waspada terhadap orang-orang terdekat yang memiliki gelagat mencurigakan.

5. Keterampilan Finansial

Keterampilan finansial terutama berkaitan dengan bagaimana seorang anak harus paham mana yang perlu dibeli dan mana yang tidak mereka butuhkan.

Ajari mereka untuk menabung, membuat daftar keinginan dan kebutuhan serta mengerti bahwa

mencari uang bukan perkara mudah.

6. Keterampilan Pertahanan Diri

Benar, Anda bisa memasukkan mereka ke kursus karate, mendaftar ke klub wushu atau masuk padepokan pencak silat. Hal ini adalah wujud kepedulian Anda terhadap keselamatan anak-anak.

Namun mengajarkan keterampilan pertahanan dan perlindungan diri tidak sesederhana itu. Ajari mereka bagian tubuh yang hanya boleh mereka sentuh, cara sederhana untuk menolak ajakan dari orang tak dikenal ataupun waspada terhadap orang-orang terdekat yang memiliki gelagat mencurigakan.

7. Pengetahuan Dasar Kesehatan dan Medis

Hal ini sangat penting. Suatu saat mereka pasti akan terserang flu, berdarah karena jatuh dari sepeda atau terkilir saat mengikuti kelas olahraga.

Ajari mereka pengetahuan yang cukup tentang mimisan, cara mengatasi demam maupun siklus haid. Tentu Anda ingin anak-anak tumbuh menjadi insan yang sehat, bukan?

Ini wajib hukumnya untuk Anda tanamkan pada anak-anak. Mereka yang tumbuh dengan kesadaran untuk menolong sesamanya, penuh toleransi pada orang lain serta tak ragu berbagai kebahagiaan kepada orang-orang disekitar akan tumbuh menjadi sosok baik hati, tidak egois serta jauh dari sifat fanatik sempit.

8. Kemampuan Dasar Mengolah Emosi

Mengelola emosi sangat penting dan wajib Anda ajarkan. Jika terlambat maka anak-anak akan tumbuh tanpa memiliki pengetahuan yang cukup tentang bagaimana mereka bersikap ketika emosi mereka berubah.

Ajarkan cara yang tepat ketika mereka dilukai atau dibuat marah, bagaimana bersikap ketika bersedih dan sebagainya.

9. Beberapa Keterampilan Khusus Yang Anda Miliki

Apakah Anda seorang pendeta yang sanggup menyampaikan firman Tuhan dengan baik. Atau seorang atlit tinju? Mengapa tidak mengajarkan skill khusus itu pada anak-anak.

Anak-anak yang memiliki suatu kemampuan khusus yang mendalam akan tumbuh jauh lebih baik daripada mereka yang harus membayar orang untuk mengajari mereka kelak di kemudian hari.

Maka jika Anda mampu berbahasa Latin, pandai memasak masakan Perancis, ahli botani, jago berenang atau memiliki kemampuan khusus di bidang modeling, wariskan itu semua pada anak-anak Anda.

10. Kesadaran Untuk Menolong Sesama

Ini wajib hukumnya untuk Anda tanamkan pada anak-anak. Mereka yang tumbuh dengan kesadaran untuk menolong sesamanya, penuh toleransi pada orang lain serta tak ragu berbagai kebahagiaan kepada orang-orang disekitar akan tumbuh menjadi sosok baik hati, tidak egois serta jauh dari sifat fanatik sempit.

Insan seperti inilah yang akan menjadi sosok yang menyenangkan, dicintai semua orang dan bermanfaat bagi dunia dan orang lain. Ingat surat dari Bantul yang ditulis oleh seorang guru yang pernah viral itu? Kira-kira itu juga poin yang ingin disampaikan.

Demikianlah 10 keterampilan, kemampuan dan pengetahuan yang harus Anda berikan pada anak-anak untuk mempersiapkan mereka ketika beranjak dewasa kelak.

Apakah Anda setuju? Atau ada beberapa hal yang ingn Anda tambahkan? Silahkan berbagi di kolom komentar.

Adi
Adi Saya adalah seorang blogger yang sudah menulis di blog sejak 2010. Blog ini terbuka untuk berbagai kerjasama, seperti sewa banner, content placement ataupun review produk.

Posting Komentar untuk "10 Keterampilan Wajib!"