Cara Mendapatkan Ide Untuk Menulis Blog

Apakah kadang Anda merasa sulit mendapatkan ide untuk menulis artikel blog? Susah dan tidak mampu memperoleh inspirasi membuat konten blog? Jika ya, maka kami tahu jawabannya.

Dalam postingan kali ini, Catatan Adi akan berbagi mengenai cara mencari inspirasi untuk menulis. Perlu diketahui bahwa ide adalah segalanya bagi seorang blogger. 

sumber ide menulis artikel
Mencari Inspirasi Menulis Artikel


Namun sayang terkadang inspirasi tidak datang semudah itu. Ada kalanya seseorang merasa sangat kesulitan dalam menggali ide-ide untuk menulis artikel.

Padahal ada banyak sekali sumber inspirasi untuk membuat konten blog. Beberapa diantaranya malah sangat dekat dengan kita. 

Lalu apa saja sumber inspirasi untuk menulis? Kemana kita harus mencari hal-hal baru yang bisa dituangkan ke dalam artikel? Berikut Catatan Adi akan berbagi beberapa ide untuk bisa membuat postingan blog.

Ada banyak sumber inspirasi yang bisa digali dari hal-hal kecil di sekitar kita. Hanya saja selama ini mungkin itu semua tidak pernah kita sadari. 

Pengalaman Sendiri

Ini adalah sumber inspirasi terbaik dan harusnya tidak akan pernah habis. Bukankah ada tertulis bahwa guru terbaik adalah pengalaman? Ternyata bukan hanya sebagai guru, tetapi juga ide.

Catatan Adi sendiri sering melahirkan artikel-artikel yang berasal dari kehidupan sehari-hari, bisa bertemu tetangga baru yang menyebalkan hingga pengalaman makan bakmi.

Saya yakin Andapun juga memiliki berton-ton pengalaman yang bisa menjadi sumber inspirasi dalam menulis blog. 

Ada dua jenis pengalaman, yang baik dan buruk. Yang mana yang bisa menjadi sumber menulis artikel? Tentu saja semuanya. 

Justru pengalaman buruk Anda bisa jadi akan menyelamatkan banyak orang untuk terhindar dari hal-hal apes. Dan jangan kaget kalau nantinya mereka berterima kasih dengan cara memviralkan tulisan ataupun blog Anda.

Memang ada baiknya seorang blogger memiliki sebuah buku pribadi, semacam diary yang bisa membantu mendokumentasikan semua pengalaman berkesan Anda. Tentu ini hal yang memudahkan Anda bukan?

Jika berkenan silahkan kunjungi tautan berikut yang berisi artikel-artikel tentang pengalaman saya membangun Catatan Adi dari nol. 

Cobalah untuk membuka-buka arsip lama. Pilih artikel yang kurang powerful lalu modifikasi lagi sesuai dengan keadaan terbaru. 

Pengalaman Orang Lain

Lalu apa sumber inspirasi berikutnya yang bisa dieksplorasi untuk dapat dijadikan ide menulis? Mengapa tidak mencoba bertanya kepada teman atau saudara Anda?

Ngobrollah dengan mereka. Rekam di dalam pikiran Anda pengalaman dan kisah-kisah menarik yang bisa dituangkan ke dalam tulisan blog Anda 

Pasti selalu ada hal menarik yang bisa Anda dapatkan. Mungkin bagi mereka itu hal yang biasa, tetapi insting blogger Anda bisa saja mengatakan kebalikannya. 

Untuk itu, jika sedang mengalami kebuntuan, cobalah mengobrol dan berbincang dengan teman, keluarga maupun tetangga Anda. Merekalah sumber inspirasi yang mungkin bisa memberikan ide-ide tak terduga. 

Cobalah untuk menonton tv, mendengarkan radio atau membaca majalah. Cari apa yang menarik dan tuangkan itu kedalam tulisan lalu tayangkan di situs Anda. 

Blog Orang Lain

Blogwalking juga merupaka salah satu aktivitas yang bisa dilakukan ketika sedang sepi ide. Siapa tahu dari kegiatan saling kunjung itu, inspirasi segar untuk menulis artikel bisa muncul. 

Postingan Lama

Jangan disepelekan, postingan lama Anda bisa memberi ide ketika suntuk. Catatan Adi juga sering melakukan tips ini.

Cobalah untuk membuka-buka arsip lama. Pilih artikel yang kurang powerful lalu modifikasi lagi sesuai dengan keadaan terbaru. Maka hasilnya adalah sebuah artikel baru yang siap untuk ditayangkan di blog. 

Media Massa

Apa lagi yang bisa menjadi sumber ide untuk menulis artikel blog? Tentu saja media massa. Cobalah untuk menonton tv, mendengarkan radio atau membaca majalah. Cari apa yang menarik dan tuangkan itu kedalam tulisan lalu tayangkan di situs Anda. 

Masyarakat 

Masyarakat juga bisa menjadi sumber inspirasi, khususnya bagi Anda yang tinggal ditenggah kelompok yang majemuk. Akan ada banyak inspirasi untuk menulis artikel unik dan original. 

Memang ada baiknya seorang blogger memiliki sebuah buku pribadi, semacam diary yang bisa membantu mendokumentasikan semua pengalaman berkesan Anda. 

Hal Baru 

Jangan-jangan Anda kehabisan ide karena memang sedang bosan dan lelah dengan lingkungan maupun kondisi saat ini. 

Jika itu yang terjadi, mengapa tidak melakukan terobosan-terobosan yang lain, melakukan beberapa hal baru yang belum pernah terpikirkan misalnya.

Cobalah sesekali makan di restoran padang yang berbeda, pulang kerja naik angkot padahal biasanya naik motor, atau iseng menyapa seseorang yang tidak Anda kenal di jalan.

Semua itu bisa memancing pikiran dan imajinasi baru lalu dengan hanya sedikit sentuhan, maka lahirlah artikel-artikel berkualitas dari diri Anda.

Imajinasi 

Imajinasi Anda juga merupakan sebuah sumur ide yang harusnya tidak bisa kering. Bayangkan saja, semua peradaban manusia berasal dari imajinasi. Untuk itu, mari kita sadari ternyata mengkhayal juga merupakan hobi yang menguntungkan bukan? Tentu saja jika dibarengi dengan tindakan produktif. 

Proyek 

Berbagai proyek yang ditawarkan oleh klien, jika Anda adalah seorang penulis profesional atau membuka jasa copywriter, bisa menjadi sumber inspirasi yang baik. 

Tetapi untuk yang ini, Anda harus berhati-hati. Pastikan artikel anda lolos copyscape dan tidak terkena tuduhan plagiasi, termasuk jika itu sebenarnya adalah tulisan buatan Anda sendiri juga. 

Forum Blogger 

Forum blogger juga bisa menjadi sumber inspirasi bagi Anda yang sedang haus ide. Coba scrolling dan stalking saja status ataupun diskusi di sana. Cari apa yang sedang hot maupun menjadi bahan pembicaraan.

Beberapa temann blogger, menurut pengalaman Catatan Adi, juga bersedia untuk saling berbagi ide. Mereka adalah sumber inspirasi segar yang sayang jika tidak dimanfaatkan. 

Walau begitu tetaplah hati-hati bila Anda ingin membagikan link blog. Jangan sampai nanti situs milik Anda menjadi korban AGC maupun copas dari oknum blogger yang tidak bertanggung jawab. 

Kesimpulan

Ketika sedang haus ide atau mengalami writers' block, janganlah menyerah. Yang perlu dilakukan adalah bekerja lebih giat lagi dan menjadi lebih peka untuk menggali inspirasi dari sekitar kita. 


Ada banyak sumber inspirasi yang bisa digali dari hal-hal kecil di sekitar kita. Hanya saja selama ini mungkin itu semua tidak pernah kita sadari. 

Beberapa sumber ide yang bisa dieksplorasi antara lain : 

1. Pengalaman sendiri

2. Pengalaman orang lain

3. Blog orang lain

4. Postingan lama

5. Media massa

6. Masyarakat

7. Hal yang baru

8. Imajinasi

9. Proyek 

10. Forum blogger. 

Ada banyak jenis blog, namun nampaknya hanya sedikit yang ingin main di ranah  blog personal. Apakah sesulit itu berkomptesi di niche tersebut? Baca ulasan dan tutorial membuat blog personal ala Catatan Adi. 

Demikianlah tulisan kali ini tentang 10 sumber inspirasi untuk membuat artikel blog. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan memberikan solusi bagi yang sedang mencari ide

0 Response to "Cara Mendapatkan Ide Untuk Menulis Blog"

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel