Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Mesin Pencari Selain Google

Kita mengetahui bahwa Google adalah mesin pencari paling populer saat ini. Terlebih Google memiliki banyak kelebihan, antara lain terkoneksi Gmail, Blogger, Drive, dan masih banyak lagi. 

Meski demikian, ternyata masih ada mesin pencari lainnya di samping Google. Walaupun kalah tenar, tetapi mereka tetap memiliki penggunanya masing-masing. 

25 search engine selain Google | catatanadi.com


Berikut adalah 25 search engine populer yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif untuk Google. 

1. Bing 

Bing adalah sebuah mesin pencari yang performanya diakui sangat baik, lengkap dan ringan. Banyak orang ternyata lebih memilih Bing daripada Google.

Selain itu, Bing adalah mesin telusur bawaan dari Microsoft, sehingga pada umumnya laptop atau komputer yang menggunakan operation system dari Microsoft pasti mempunyai search engine itu.

Tampilan Bing yang elegan dan bersih dinilai sangat baik dan menjadi poin plus. Selain itu Bing juga punya webmaster sendiri yang sering dimanfaatkan para internet marketer, blogger maupun web owner untuk meningkatkan performas situs, khususnya dari teknik SEO. 

2. Yahoo

Yahoo sempat sangat populer dan menjadi mesin pencari nomor satu di dunia sebelum akhirnya digeser oleh Google. 

Nama Google kian berkibar seiring dengan melorotnya popularitas Yahoo. Berbagai kesalahan kebijakan dan kelambanan dalam berinovasi akhirnya membuat perusahaan yang juga menyediakan jasa pembuatan e-mail tersebut kolaps. 

Kini Yahoo masih berjuang untuk bangkit. Beberapa orang dari generasi tertentu lebih menyukai menggunakan Yahoo. Selain itu, situs ini juga menyediakan daily news yang cukup menarik dari seluruh dunia dengan berbagai macam topik.  

3. Yandex

Rusia nampaknya juga bangkit dan ingin berkontribusi lebih jauh dalam urusan dunia digital. Ini terbukti dengan lahirnya Yandex, mesin telusur asal Rusia. 

Yandex punya tampilan yang memukau dengan banyak sekali kueri-kueri bernuansa lokal khas wilayah tertentu. Selain itu, search engine ini juga dilengkapi tools pendukung yang cukup menarik.

Meski software ciptaan Larry Page dan Sergey Brin menguasai dunia, namun faktanya 45% lebih penduduk Rusia lebih menyukai Yandex. Selain itu, Yandex juga sangat populer di Turki, Belarusia, Asia Tengah dan Eropa Timur. 

4. Naver

Sebenarnya Naver adalah sebuah portal berita yang kemudian berkembang menjadi tools yang mirip mesin pencari pada umumnya.

Naver benar-benar mencerminkan sebuah perlawanan atas dominasi dari Google. Software ini cukup mampu mendominasi beberapa negara khususnya Korea.

Algoritma Naver yang sangat mumpuni untuk bahasa Korea adalah salah satu fitur yang tidak mampu disangi oleh search engine manapun. 

5. Baidu

Jika Naver menjadi favorit warga Korea, maka di Cina masyarakat lebih condong untuk memakai Baidu sebagai mesin telusur internet yang utama. 

Baidu adalah search engine utama di Cina, dan nampaknya hal ini sulit untuk digeser hingga waktu yang cukup lama.

Beberapa alasan yang membuat Baidu begitu populer adalah karena pemerintah Cina melarang aktivitas dari Google. Selain itu Baidu juga terintegrasi dengan berbagai layanan lainnya seperti di bidang keuangan, media sosial dan surat elektronik. 

6. Safari

Safari sebenarnya adalah sebuah web browser yang tertanam secara otomotis di semua produk keluaran dari Apple, seperti Macbook, IMac dan IPhone. 

Meski demikian, para pengguna IMac masih bisa mendownload Google Chrome maupun Opera sebagai web browser pilihan. 

Dengan Safari, pengguna IMac, IPad maupun IPhone bisa leluasa untuk memilih search engine mana yang mereka ingin gunakan. tentu ini berbeda dengan Chrome yang langsung terkoneksi dengan Google. 

7. Duck Duck Go

Semakin lama dapat dilihat bahwa performa Duck Duck Go semakin baik. Hal ini berakibat bagi semakin banyaknya orang yang mulai melirik mesin pencari internet berlambang bebek ini sebagai favoritnya.

Duck Duck Go sangat mengutamakan keamanan dan kenyamanan pengguna saat berselancar di dunia maya. Salah satu fitur yang sangat dipuja dan menjadi andalan adalah clear all tab yang sangat mudah untuk digunakan. 

Dengan menggunakan fitur itu, history dan cache akan langsung terhapus, baik di PC maupun smartphone. Selain itu Duck Duck Go juga memiliki algoritma yang jauh lebih dinamis sehingga bisa digunakan untuk mengeksplorasi kata kunci tertentu. 

8. Opera

Opera adalah web browser sekaligus search engine yang sangat populer dari dulu hingga sekarang. Software ini bisa digunakan di berbagai operasi system, seperti Windows, Android, Apple bahkan Linux. 

Sebagai mesin telusur, Opera memiliki beberapa fitur andalan yang membuat penggunanya sangat nyaman, antara lain adalah VPN. 

9. Mozilla

Mozilla bersama dengan Firefox sempat mendominasi ceruk di bidang tools pencarian kueri dan web browser. 

Software berlambang panda api yang melingkar di sebuah objek seperti bola dunia ini juga adalah andalan bagi para programmer maupun pegiat internet. Mereka merasa lebih mampu mengeksplorasi keywords tertentu menggunakan opera. 

10. Internet Explore

Berbeda dengan Chrome yang dimiliki Google, Internet Explore yang berada di bawah naungan Microsoft dianggap kurang peka terhadap perkembangan teknologi.

Lambatnya inovasi membuat banyak penggunanya akhirnya memiliki menginstall web browser lain semisal Mozilla atau Chrome daripada menggunakan Internet Explorer. 

11. Swisscows

Apa karena namanya Swisscows lantas Anda mengira alat pencari data ini berasal dari Swiss? Jika iya, maka Anda benar. 

Swisscows memang berpusat di negara Alpen itu dan bahkan katanya server utamanya terletak di sebuah bunker. Sangat aman. Selain itu, para pengguna juga akan mendapatkan kenyamanan karena data mereka tidak akan diberikan kepada pihak ketiga. 

12. Yippy

Yippy menjadi search engine berikutnya yang akan kami bahas. Dengan Yippy, Anda bisa terbebas dari penawaran advertorial alias iklan ketika akan mencari informasi atau kueri.

Yippy juga memungkinkan pengguna mencari konten dalam bentuk tulisan, foto, video, blog, ataupun penawaran lowongan kerja. 

13. Start Page

Mirip dengan search engine bernama Duck Duck Go yang sudah kita bahas di atas, Start Page bisa menyediakan mode anonim untuk para pengguna.

Hal ini tentu saja adalah sesuatu yang penting bagi mereka yang tidak ingin mengalami gangguan seputar privasi ketika berselancar di dunia maya. 

14. Search Encrypt

Google nampaknya harus segera berbenah dengan berbagai masukan yang disuarakan oleh para netizen dari seluruh dunia, khususnya seputar enkripsi data. Jika tidak, maka search engine lain akan segera ambil peranan.

Salah satu mesin pencari yang berfokus pada isu itu adalah Search Encrypt. Ini adalah sebuah mesin telusur yang katanya mengandalkan kueri lokal untuk bisa memberikan pengalaman berselancar di dunia internet dengan lebih baik. 

15. Wiki

Wiki berkembang secara luar biasa, dari sebuah situs ensiklopedia menjadi sumber pengetahuan, informasi dan bahkan hiburan.

Wiki memiliki banyak sekali keunggulan, antara lain kaya akan konten, akurasi informasi, update yang konsisten, mengekspolarasi berbagai ragam topik dan tersedia dalam banyak bahasa. Bahkan sebenarnya mesin telusur seperti Google juga sering menampillkan kueri dari Wiki di top page one result. 

16. OneSearch

Jika Google punya Google Chrome, Microsoft memiliki Bing maka Verizon mengandalkan One Search. Ini adalah mesin pencari yang dianggap akan mendapatkan banyak pengguna di masa depan. 

Tidak ada sistem berbagi informasi pribadi adalah salah satu andalan dari mesin telusur ini. Tampilannya juga keren, mirip dengan Google Search. 

17. Wolfram Alpha

Wolframalpha.com adalah salah satu situs yang cukup unik dan lengkap. Anda juga bisa menggunakannya sebagai referensi untuk mencari data dan informasi yang Anda cari.

Kelebihan dari Wolfram Alpha adalah adanya banyak konten yang menunjang seseorang untuk mengeksplorasi dunia pengetahuan dan teknologi. Anda bisa mencobanya lalu menjelajah berbagai hal menarik di bidang matematika, sains dan sebagainya. Anda juga bisa melakukan kalkulasi langsung di berandanya. Keren sekali. 

18. Boardreader

Ini merupakan situs sekaligus search engine yang luar biasa, khususnya bagi Anda yang ingin berkomunikasi dengan berbagai user di forum-forum terkenal, seperti Reddit contohnya. 

Fungsi yang demikian di atas sebenarnya sangat potensial untuk Anda yang berprofesi sebagai penulis atau blogger dalam hal mencari ide menulis. 

19. Ecosia

Ide yang menjadi landasan untuk mesin telurus bernama Ecosia ini sangat unik. Anda bisa mendapatkan pengetahuan, informasi atau hal yang dibutuhkan sambil sekaligus berkontribusi bagi kelestarian planet bumi.

Ecosia memanfaatkan keuntungannya untuk menanam pohon dan menyelamatkan bumi. 45 aktivitas pencarian akan dikonversi menjadi ongkos untuk menanam satu pohon. 

20. Qwant

Jika Swisscows berbasis di Swiss, maka Qwant bermarkas di Perancis, sebuah negeri indah yang berada di benua Eropa. 

Qwant tidak akan melakukan perekaman terhadap jejak pencarian para penggunanya. Anda juga bisa mengakses sebuah situs langsung melalui Qwant. Cukup canggih, bukan?

21. SearX

SearX mencoba menawarkan hal yang berbeda kepada para pengguna dan pegiat internet. Sebagi mesin pencari, SearX menggunakan sistem meta informasi. 

Software ini mengaku ingin menyediakan informasi yang kompatibel, tidak bias dan tentu saja gratis bagi siapa saja yang menggunakannya. Untuk para programer, seharusnya Anda familiar dengan ini. 

22. Ask

Sebenarnya Ask adalah sebuah situs tanya jawab paling populer di dunia, bersaing dengan Quora dan Yahoo Answer.

Meski demikian, Anda bisa menggunakan Ask sebagai mesin pencarian data, khususnya yang mungkin tidak didapatkan dari search engine lainnya. 

23. Gibiru

Mungkin sebagai seorang pengguna internet di Indonesia, Anda kurang familiar dengan tools pencari informasi yang satu ini, Gibiru.

Gibiru adalah search engine yang mulai cukup terkenal. Moto mereka adalah memberikan layanan pencarian pribadi yang tidak terfilter. Cukup menarik, bukan? 

24 Lukol

Sangat mengutamakan kenyamanan ketika berselancar. Itulah salah satu kelebihan Lukol. Pengguna akan menjadi anonimus ketika mencari kueri di sini.

Meski demikian, bisa dikatakan Lukol tetap mencari dan mendapatkan hasil pencarian dari search engine lainnya. 

25. Disconnect Search

Bisa dibilang ini adalah yang paling unik. Disconnect Search lebih dari sekedar mesin telusur biasa. Untuk Anda yang benar-benar memikirkan isu keamanan, maka cobalah yang satu ini.

Disconnect Search memungkinkan pengguna untuk menjadi anonim ketika akan mengakses jasa alat penelusuran apapun di internet. 

Itu dia 25 search engine yang juga masih digunakan untuk menelusuri berbagai kebutuhan akan informasi. Namun tentu saja Google masih menjadi yang paling populer, setidaknya hingga saat ini.

Terima kasih sudah membaca. Nikmati terus berbagai topik seputar teknologi hanya di blog kesayangan Anda semua, Catatan Adi. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "25 Mesin Pencari Selain Google"

Berlangganan via Email