Apakah Anda sedang mencari cara agar bisa menulis artikel yang berpotensi viral? Ingin postingan Anda dibagikan banyak orang? Jika ya, maka konten kali ini adalah jawabannya.

Membuat artikel menjadi viral gampang-gampang susah. Meski demikian semua tetap bisa dipelajari. Terlebih bila Anda serius dan pantang menyerah.

Ingat tulisan dari Afi, gadis asal Jawa Timur yang berjudul warisan yang sempat viral secara heboh beberapa tahun lalu? Inilah yang akan kita pelajari, yakni bagaimana cara agar artikel yang Anda tulis bisa seperti itu.

Berikut kami akan berikan 30 tips untuk membuat artikel menjadi viral dan mendominasi sosial media maupun dunia maya.

cara menulis artikel viral | catatanadi.com


Cari Judul yang Menarik

Ini adalah bagian yang pertama dan utama. Cari kalimat yang baik, menarik, mengundang keingintahuan dan mengaduk-aduk emosi sebagai judul.

Beberapa orang mampu membuat artikelnya menjadi sangat viral karena berhasil menemukan kalimat yang tepat sebagai judul. Ini menandakan bagaimana hebatnya sebuah judul.

Tidak ada formula yang baku mengenai hal ini, tetapi cobalah baca-baca trending konten di Hipwee, UC News, Line Today, atau Mojok lalu cari rumus sendiri. Ingat, warga Indonesia masih muda terpancing oleh judul bombastis walau sering berujung kekecewaan.

Tulis Lebih dari 1000 Kata

Jika artikel Anda berbentuk curahan hati atau berbagai pengalaman, maka wajib untuk menulis berpanjang-panjang. Ini akan membuat rasa keingintauan menjadi besar.

Pastikan Anda memposisikan inti cerita di tengah atau akhir, jangan di awal. Jika tidak, maka pembaca akan menyudahi di awal-awal.

Gunakan pembukaan yang mampu memancing rasa penasaran pembaca untuk kemudian sajikan konflik di bagian tengah.

Buat Simpel Saja

Jikalau ternyata artikel Anda termasuk dalam golongan how-to, maka ada baiknya untuk dibuat ringkas dengan langsung  membahas ke poin-poin utama.

Gunakan teknik menulis listicle karena inilah artikel yang sedang populer. Sekarang Listicle adalah salah satu jenis konten yang paling disukai pembaca.

Selain itu, listicle memiliki daya tarik tersendiri di mata algoritma mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex atau Weibo.

Beri Penjelasan Sebaik Mungkin

Jika Anda membuat artikel berbentuk tutorial atau tips, maka pastikan kalimat yang ditulis benar-benar jelas serta tidak berpotensi mengundang pemaknaan ganda.

Untuk itu ada baiknya membaca dengan seksama dan mereview ulang sebelum memencet tombol publish.

Pastikan Ada Nilai Manfaat

Artikel yang viral tentu saja yang bermanfaat. Ingat konten tentang beberapa tips dalam menulis di microsoft excel yang sempat viral beberapa tahun lalu dan bisa terus viral?

Kenapa artikel tersebut terus dibagikan oleh netizen? Karena tentu saja ada manfaat besar di balik itu semua, sehingga masyarakat tertarik untuk membagikannya.

Artikel yang Viral Biasanya Mengaduk Emosi

Apakah Anda ingat artikel berjudul layangan putus? Banyak orang akhirnya terlibat secara emosional karena memang konten itu secara psikologis sangat luar biasa besar efeknya.

Pelajari bagaimana menulis artikel dengan diksi dan struktur yang baik sehingga pesan yang disampaikan mampu dipahami oleh netizen. Gunakan bahasa yang mampu memancing sisi emosional dan psikologis pembaca. Ini sulit tetapi masih bisa dipelajari.

Masyarakat Indonesia Menyukai Politik

Topik politik selalu nikmat untuk digali karena masyarakat Indonesia benar-benar menyukainya, terlepas apakah mereka memahaminya dengan baik.

Coba lihat hebatnya artikel di Seaword ataupun Tempo yang nyaris selalu dibagikan berulang-ulang oleh pembaca? Mayoritas adalah tulisan dengan topik politik.

Cari Gambar yang Emosional

Ini juga adalah poin yang krusial, yakni mencari gambar yang mengundang klik dari netizen. Gambar berperan sangat besar.

Ada yang berpendapat memasang gambar pemanis dari artis dan tokoh terkenal namun kurang berkorelasi dengan artikel adalah hal yang wajar. Anda bisa mencobanya atau memilih untuk berjuang sedikit lebih keras, yakni membuat gambar sendiri yang tetap mengundang minat pembaca.

Pelajari SEO

SEO tetaplah penting, karena ini adalah sarana untuk bisa bersahabat dengan algoritma dari search engine.

Ada banyak sekali macam search engine, namun rasa-rasanya Google tetaplah yang utama. Anda bisa mempelajari SEO untuk mendukung viralitas artikel dan konten yang diciptakan.

Bagikan di Facebook

Membagikan konten yang sudah di buat di Facebook juga merupakan cara yang ampuh dalam upaya agar tulisan bisa populer.

Facebook memiliki puluhan juta pengguna aktif. Mereka akan senang membaca artikel yang menurut mereka bagus serta bermanfaat.

Bagikan di Fanspage atau Grup Facebook

Ingin memanfaatkan kemampuan Facebook dalam membuat suatu konten menjadi populer? Maka bagikan juga di fanspage atau grup yang ramai pengguna.

Beberapa fanspage memiliki follower hingga puluhan ribu. Tentu ini sangat berpotensi dalam mempopulerkan apa yang sudah Anda buat agar semakin besar jangkauannya.

Beri Tagar yang Populer

Tagar atau hashtag bisa sangat besar kekuatannya dalam membuat suatu status, unggahan ataupun konten menjadi berlipat jangkauannya di sosial media.

Tag atau tagar harus benar-benar dimanfaatkan sedemikian rupa, namun hati-hatilah agar algoritma Facebook atau mesin telusur tidak menganggap unggahan Anda adalah spam.

Mention Banyak Orang

Jangan hanya menampilkan status atau konten saja, tetapi coba juga untuk mencolek atau mention akun pengguna lainnya.

Ini adalah strategi cerdas, karena teman atau follower dari mereka yang Anda mention juga pasti akan melihat unggahan Anda.

Buat Thread di Twitter

Ini adalah panduan untuk membuat artikel menjadi viral selanjutnya. Bagikan konten Anda di Twitter yang merupakan sosial media populer di Indonesia.

Strategi di Twitter tentu berbeda dengan di Facebook. Buatlah thread yang menarik sehingga anak Twitter menyukai lalu me-retweetnya.

Bagikan di Quora

Quora juga mulai muncul sebagai media sosial papan atas. Penggunanya sudah mulai banyak dan ini bisa menjadi sarana yang baik dalam menyebarluaskan tulisan Anda.

Bagikan karya Anda di Quora. Medsos itu memiliki DA / PA dan ranking Alexa yang sangat baik sehingga benar-benar berpotensi membantu artikel tersebar dengan masif.

Manfaatkan Tautan Balik

Ada banyak blogger maupun SEO expert yang mampu menyulap tulisan biasa-biasa menjadi sangat viral tanpa perlu memaksimalkan langkah-langkah sebelumnya. Mereka hanya mengandalkan satu teknik, yakni tautan balik.

Teknik ini sangat besar resikonya namun potensinya juga luar biasa. Jangan mencobanya jika Anda belum menemukan panduan yang tepat dalam blogging. Eksplorasi dan baca semua artikel di Catatan Adi untuk menemukan gambaran mengenai metode ini.

Buat Caption Instagram yang Menarik

Instagram juga ternyata bisa jadi sarana membuat artikel. Media sosial ini sudah merambah menjadi sebuah tools microblogging yang baik.

Untuk memanfaatkan Instagram, pastikan Anda tahu cara memilih dan membuat caption yang menarik. Ini akan menjadi unggahan yang potensial untuk tersebar secara masif dengan cepat. Terlebih foto pendukungnya sangat menarik.

Manfaatkan Newsletter
Beberapa blogger dan content writer di Indonesia mulai menyadari manfaat dari newsletter. Namun untuk melakukan ini, Anda harus membuat calon pembaca mendaftar ke situs Anda.

Dengan newsletter, maka konten Anda secara otomotasi akan masuk ke email para pembaca. Jika memang dianggap baik, tentu akan diviralkan sedemikian rupa.

Tingkatkan Potensi Viral dengan Iklan Berbayar

Beberapa perusahaan ingin produk dan jasa mereka laku di pasaran. Untuk itu mereka merekrut para SEO expert, copywriter dan penulis.

Tidak hanya itu, dengan modal yang cukup, merek juga memanfaatkan Tiktokads, Google Ads, Word Ads, Facebook Ads, dll sehingga iklan tersampaikan ke masyarakat luas. Ini juga bagian dari panduang membuat artikel viral yang efektif, yakni menggunakan metode berbayar.

Broadcast Menggunakan Whatsapp

Whatsapp juga merupakan suatu aplikasi yang sudah sejak lama digunakan para buzzer dalam menyebarkan konten mereka.

Anda bisa menggunakan fitur broadcasting sehingga dengan sekali pencet maka konten akan tersebar ke semua orang yang ada di daftar kontak.

Bagikan di Status Whatsapp

Satu lagi fitur yang cukup baik dimanfaatkan dalam menyampaikan pesan kepada banyak orang dengan waktu dan cara yang singkat adala status.

Unggah url ke status WA agar teman, saudara dan orang-orang yang ada di daftar kontak Anda bisa mengkliknya dengan mudah.

Bagikan di Line

Ini juga adalah bagian penting dalam panduang cara bikin artikel supaya viral, yaitu membagikannya di Line.

Dengan Line, Anda tidak hanya bisa berbagi video, foto, tulisan atau stiker, namun juga tautan. Gunakan ini dengan bijak. Algoritma Line sangat baik dan ramah pada tautan yang menuju konten berfaedah.

Bagikan di Open Chat Line

Salah satu kelebihan Line adalah adanya beragam fitur yang tidak dimiliki instant messaging lainnya, seperti Line Job, Line Today, Line Shopping hingga Open Chat.

Khusus untuk Open Chat, ini adalah sarana yang bagus dalam membuat artikel mampu viral dengan sempurna.

Menulis di Media Populer

Ingin tulisan di baca banyak orang. Jika blog Anda skor SEO dan ranking Alexanya belum bagus, ada baiknya untuk mempertimbangkan menulis di media populer.

Anda bisa mencoba menulis di Kompasiana, Digstraksi, Terminal Mojok atau Detik. Media tersebut sudah memiliki pembaca loyal yang banyak.

Daftarkan Blog ke Line Today, Google News atau Miscrosoft Feed

Jikalau ingin menulis di blog, pastikan Anda paham cara blogging yang benar agar artikel dapat viral dengan baik.

Cobalah untuk mendaftar ke Line Today, Google News atau Microsoft Feed agar konten Anda bisa langsung direkomendasikan ke para pengguna aplikasi tersebut.

Bagikan Link di Forum Terbuka

Ini adalah sebuah teknik kuno agar suatu konten bisa mencapai banyak pembaca dan berpotensi dinikmati oleh banyak orang.

Sesudah menulis cobalah untuk membagikan tautannya ke forum terbuka. Beberapa forum yang baik untuk dimaksimalkan antara lain adalah Kaskus dan Yahoo Answer.

Submit di Google Search Console

Jika menulis di blog atau situs sendiri, jangan lupa untuk submit ke webmaster mesin pencari, seperti Google Search Console atau GSC.

GSC akan membantu mengindeks artikel agar segera bisa dirayapi dan ditampilkan di hasi pencarian dengan kata kunci yang terkait.

Ketahui Momen yang Tepat

Kenapa artikel politik yang mengulas hal-hal seperti dinasti politik, Piala Dunia atau Asian Games bisa viral? Karena berbarengan dengan even tertentu di dunia nyata.

Cobalah untuk menerapkan hal ini. Cari momen yang tepat agar artikel yang Anda tulis memiliki korelasi yang besar dengan apa yang sedang trending di dunia nyata.

Menulis Dengan Bertanggung Jawab

Pahami panduan menulis di internet agar artikel Anda tidak melukai perasaan pihak-pihak tertentu. Jangan nodai kebebasan berpendapat dengan mengunggah ujaran kebencian.

Sebaliknya, berkontribusilah dalam membentuk dunia yang lebih baik melalui karya-karya Anda. Jika ini konsep yang selalu Anda pegang, niscaya Anda akan terhindar dari masalah yang mempersulit hidup.

Terus Berlatih

Jangan mudah berpuas diri. Teruslah berlatih dalam membuat artikel yang mumpuni, bagus dan bermanfaat. Pelajari semua panduan dan tutorial.

Memang dalam hal ini faktor keberuntungan memegang peranan penting, namun juga pastikan Anda memang punya teknik dan kemampuan yang baik dalam membuat konten yang bagus dan berpotensi viral.

Demikian tulisan sederhana kali ini. Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.