Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pasangan Ganda Putra Terbaik Dunia, Indonesia Mendominasi

Setelah pada kesempatan sebelumnya Catatan Adi memuat artikel tentang 5 pebulutangkis putra terbaik sepanjang masa, kali ini kami akan sajikan 10 pasangan ganda putra sektor pria paling hebat. Seperti biasa, Indonesia masih sangat mendominasi. 

Ganda putra sendiri memang adalah sektor yang sangat populer setelah tunggal pria. Dalam cabang ini, kedua pasangan dituntut untuk saling mengimbangi serta memiliki kolaborasi yang pas. Tanpa itu semua, strategi yang dipakai pasti akan berantakan.

Daftar 10 ganda putra terbaik dunia
Ganda Putra Terbaik Dunia


Dari semua even bulutangkis, akhirnya Catatan Adi memberanikan diri untuk merangkum daftar pemain ganda putra cabang bulutangkis yang berisi atlet-atlet hebat sepanjang masa. 

Lantas siapa saja 10 pasangan tersebut? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda. 

1. Cai Yun / Haifeng

Haram mengaku sebagai penggila olahraga bulutangkis tetapi tidak mengenal duet paling tersohor di dunia, Cai Yun dan Haifeng. 

Pasangan asal Cina itu adalah monster yang haus kemenangan. Berkali-kali mereka menyulitkan semua atlet dari Indonesia, Malaysia maupun Denmark. 

Cai Yun lahir di Jiangsu, Cina pada 19 Januari 1980. Ia bertubuh 181 cm dengan berat 67 kg. Sedang Haifeng lahir di Guangdong pada 23 Agustus 1983. Tingginya 181 cm dengan berat 72 kg. 

Berdua mereka sungguh mematikan. Cai Yun memegang raket dengan tangan kanan, sedang Haifeng adalah seorang kidal. Sebuah kombinasi yang sangat jarang ditemukan. 

Keduanya benar-benar ambisius, namun dibarengi oleh skill yang mumpuni. Dua kali gelaran Olimpiade, Haifeng dan Cai Yun menyabet emas dengan penuh percaya diri. Cina akhirnya terus mendominasi olahraga ini bersama Indonesia dan Denmark. 

2. Ricky Subagja / Rexy Mainaky

Dominasi Indonesia di sektor ganda putra terus berlanjut. Salah satu pasangan yang pernah menorehkan tinta emas adalah Ricky dan Rexy. 

Ricky Ahmad Subagja adalah pahlawan Indonesia kelahiran Bandung, 27 Januari 1971. Melupakan jasanya bisa berakibat kualat tujuh turunan. Pasanya atlet tampan satu ini adalah peraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996, 4 kali gelaran Thomas Cup, 4 kali Asian Games, dan 4 kali Sea Games. 

Duet mautnya adalah dengan Rexy Ronald Mainaky, putra terbaik Indonesia kelahiran Ternate, Maluku Utara. Ricky dan Eky tidak begitu saja meninggalkan badminton. Mereka melanjutkan karir dan dipuja publik dalam dan luar negeri. 

3. Matias Boe / Carsten Moegensen

Pasangan Denmark paling mengerikan yang pernah dilahirkan, Matias Boe dan Carsten Moegensen. Keduanya adalah mimpi buruk bagi siapa saja. 

Duet raksasa ini berkali-kali menyulitkan para pebulutangkis Asia serta merupakan benteng terakhir Eropa dalam bersaing di ranah ganda putra. 

Mathias Boe lahir di Frederikssund, Denmark pada 11 Juli 1980. Ia adalah atlet dengan tinggi 180 cm. Serangannya ganas dan smash kerasnya mematikan. 

Beberapa kali Boe berganti pasangan, namun duetnya dengan Moegensen adalah yang terkuat. Berdua mereka diganjar BWF sebagai pasangan ganda putra ranking 1 pada tahun 2010. 

4. Koo Kien Kiat / Tan Boo Heong

Banyak orang mengatakan bahwa duet Malaysia yang terdiri dari Koo Kien Kiat dan Tan Boo Heong merupakan pasangan ganda putra terbaik yang pernah ada dalam sejarah. 

Koo Kien Kiat / Tan Boo Heong merupakan pemain yang saling setia serta penuh kejutan. Kolaborasi keduanya membawa Malaysia saat itu begitu disegani. Buktinya pada tahun 2007, BWF mengganjar keduanya sebagai pemain terhebat dengan peringkat 1. 

Keduanya juga berhasil mempersembahkan emas untuk negeri Jiran, antara lain dari even Commonwealth Games, Sea Games, Asian Games, dan lainnya. Siapapun yang bertemu keduanya akan merasa mendapatkan nasib sial. 

5. Sigit Budiarto / Candra Wijaya

Meski pernah meraih peringkat 1 versi BWF, Sigit belum pernah meraih medali Asian Games dan Olimpiade, tetapi beberapa kali berprestasi di ajang Thomas Cup, Sudirman Cup, Grand Prix dan World Championship.

Sedang rekan duetnya Candra Wijaya nampaknya jauh lebih banyak dalam hal mengkoleksi gelar. Atlet kelahiran Cirebon ini adalah peraih emas Olimpiade Sydney dan Asian Games Bangkok. Sederet prestasi mentereng lainnya juga pernah ia sabet. 

6. Lee Young Dae / Jun Jae Sung

Pada even Olimpiade Beijing 2008, dunia terkejut. Pasangan Korea berhasil merebut medali emas cabang ganda campuran. Dan salah satu dari atlet tersebut ternyata adalah Lee Young Dae.

Atlet tampan kelahiran Jeolla itu merupakan andalan negeri ginseng. Ia lebih dikenal sebagai pemain ganda putra yang berduet dengan Jun Jae Sung. Berdua mereka pernah mencicipi manisnya label pemain terbaik dunia peringkat 1 versi BWF. 

7. Markis Kido / Hendra Setiawan

Markis Kido dan Hendra Setiawan adalah duet menakutkan dari Indonesia. Mereka berhasil meraih banyak gelar, antara lain emas di Olimpiade Musim Panas tahun 2008 dan juara 1 World Championship di tahun 2007. 

Di ajang Asian Games 2010, mereka juga berhasil mempecundangi pasangan Malaysia, yakni Koo Kien Kiat / Tan Boo Heong yang sangat diunggulkan. 

Lahir pada 11 Agustus 1984, prestasi Markis Kido sebagai atlet bulutangkis memang sangat fenomenal. Dunia akhirnya mengakui kehebatannya khususnya saat berpasangan dengan Hendra Setiawan. 

Hendra sendiri adalah atlet bulutangkis asal Pemalang, Jawa Tengah. Di bawah asuhan Christian Hadinata sang legenda hidup tanah air, Hendra mampu meningkatkan kemampuannya dengan pesat. 

8.  Tony Gunawan / Candra Wijaya 

Akhirnya Tony Gunawan menemukan sosok yang pas untuk menjadi duetnya dalam mengarungi persaingan dunia ganda putra yang ketat. 

Pria kelahiran 9 April 1975 yang sudah menjadi warga negara Amerika Serikat itu pernah berpasangan dengan banyak pemain hebat, seperti Victor Wibowo, Halim Haryanto dan Bob Malaythong. Namun duetnya dengan Candra Wijaya adalah yang terbaik. 

Tony-Candra berhasil menjadi duet putra terbaik pada gelaran Olimpiade Sydney. Mereka berhasil menyumbang medali emas untuk Indonesia.

Meski sudah bubar, Tony dan Candra tetap akan dikenang sepanjang masa sebagai salah satu pasangan ganda putra terhebat dunia. 

9. Kevin Sanjaya Sukamulyo / Marcus Gideon

Kevin dan Gideon merupakan ganda putra terbaik Indonesia saat ini, jauh di atas Muhammad Ahsan maupun Hendra Setiawan. Perolehan prestasi, medali, gelar dan piala mereka adalah bukti yang cukup baik. 

Pasangan badminton dengan julukan The Minions ini juga sukses mencuri perhatian publik dengan aksi-aksi nakalnya. Kevin Sanjaya sukses melanjutkan tradisi yang dimulai oleh Liem Swie King, yaitu menyajikan hiburan menarik sekaligus memanen juara. 

Asal diketahui, selain fokus di ganda putra, Kevin Sanjaya juga bermain untuk sektor mix double. Ia penah berjuang bersama Masita Mahmudin. Walau begitu prestasinya melonjak kala menemukan duet yang tepat, yakni dengan Marcus Gideon. 

Pasangan Kevin dan Gideon adalah pemain ganda putra terbaik dunia versi BWF edisi tahun 2017. Kita tentu berharap Kevin dan Gideon dapat setidaknya menyamai kehebatan Candra dan Sigit atau Markis Kido serta Hendra Setiawan. 

10. Kenichi Hayakawa / Endo Hiroyuki

Walau hingga tahun 2020 ini Kenichi dan Endo belum pernah duduk sebagai peringkat satu dunia versi BWF, namun keberhasilan keduanya meraih medali emas di gelaran Thomas Cup 2014 New Delhi, India berhasil menyita banyak perhatian.

Sebagai pemain Jepang, Kenichi dan Endo harus berjuang keras melawan dominasi Indonesia dan Denmark di sektor ini. 

Perjuangan mereka cukup membawa hasil ketika pada tahun 2014 berhasil menduduki peringkat dua terbaik dunia versi BWF. 

Itulah daftar 10 pemain ganda pria terbaik cabang olahraga badminton. Mereka semua adalah legenda. Seiring dengan berjalannya waktu, bisa saja urutannya berubah dan muncul atlet-atlet baru yang juga fenomenal. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "10 Pasangan Ganda Putra Terbaik Dunia, Indonesia Mendominasi"

Selebritas

Recent Posts Label

Artikel Bisnis

Recent Posts Label

Artikel Kesehatan

Recent Posts Label

Artikel Misteri

Recent Posts Label

Artikel Sejarah

Recent Posts Label

Seputar Pendidikan

Recent Posts Label

Berlangganan via Email