Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Solusi untuk Handphone Kemasukan Air

Agar smartphone tidak terlanjur rusak karena korsleting, terdapat beberapa tips apabila hp kemasukan air. Seperti yang diketahui, barang elektronik yang terkena air akan sangat mudah mengalami hubungan pendek arus listrik, apalagi bila terendam. Termasuk juga pada hp atau smartphone.

Bila didiamkan, tidak menutup kemungkinan air akan masuk ke perangkat di dalam smartphone dan membuat mesinnya terbakar. Jadi, anda perlu segera melakukan langkah - langkah untuk mengeringkan air di smartphone agar tidak terlanjur masuk ke bagian paling dalam. Nah, berikut ini kita punya tips bila hp kemasukan air yang bisa dilakukan.

hape kemasukan air
Tips Mengatasi Smartphone Tercebur


Bila HP Kemasukan Air, Inilah yang Harus Dilakukan

Hal terpenting yang harus langsung anda lakukan ketika hp kemasukan air adalah mematikan smartphone tersebut. Baik itu bila terkena air karena hujan, terendam, atau kena tumpahan air. Dengan sebagian besar aliran listrik di dalam smartphone akan terhenti. Setelah itu, baru bisa melakukan tips - tips di bawah ini yaitu

1. Segera Cabut Baterai HP

Meskipun dengan mematikan hp sebagian besar listrik sudah terputus, beberapa smartphone ada yang tetap beroperasi dalam keadaan mati. Umumnya smartphone akan terus mengupdate jam, alarm, dan panggilan darurat meskipun sudah dimatikan.

Untuk memastikan semua aliran listrik di dalam hp terhenti, sekarang bisa mencabut baterainya. Dan bila baterai tersebut ikut basah, taruh baterai di handuk kering atau tisu supaya airnya terserap.

Namun jika Anda tidak mampu mencabut baterai tanam yang ada di smartphone, jangan lakukan. Berikan pada yang sudah ahli. 

2. Gunakan Vacuum Cleaner Untuk Menyerap Air

Bila memiliki vacuum cleaner atau penghisap debu, gunakan mesin tersebut untuk menyerap semua air yang ada di dalam smartphone. Caranya adalah dengan membuka casing belakang smartphone, kemudian arahkan vacuum dari belakang dan hisap dalam keadaan smartphone mati.

Jangan gunakan hair dryer atau menjemur hp di bawah matahari langsung. Sebab panas dari kedua cara ini bisa melelehkan timah di dalam motherboard smartphone. Selain itu, menjemur smartphone di bawah sinar matahari juga bisa merusak layar LCD - nya.

3. Masukan HP Ke Dalam Zip Lock Berisi Silica Gel

Tips selanjutnya yang dapat dilakukan jika smartphone kemasukan air adalah dengan menaruh hp di tumpukan silica gel di dalam zip lock. Baik zip lock maupun silica gel ini bisa dengan mudah temukan di toko elektronik maupun di toko online dengan harga yang terjangkau.

Fungsi silica gel adalah untuk menyerap semua kelembaban yang ada di dalam smartphone. Selain itu silica gel juga mencegah layar smartphone berembun bila masih ada sisa air di dalamnya. Sedangkan zip lock ini digunakan sebagai wadah agar silica gel dan hp bisa tetap berdekatan dan gelnya bisa menyerap air dengan lebih efektif.

4. Gunakan Beras Bila Tidak Ada Silica Gel

Dan tips mengatasi masalah hp kemasukan air yang terakhir adalah dengan menggunakan cara yang sama seperti sebelumnya. Hanya saja bedanya bahan yang digunakan lebih mudah digunakan yaitu beras.

Bila tidak ada zip lock, anda juga bisa menggunakan wadah lain yang sama - sama rapat. Contohnya seperti tempat bekal. Jadi langsung rendam saja hp anda di dalam beras dalam keadaan hp mati dan baterainya sudah dicabut. Lalu diamkan minimal selama 2 hari agar smartphone benar - benar kering.

Jadi tak perlu bingung dan khawatir jika ponsel sampai kemasukan air. Ikuti saja tips-tips di atas dan jangan nyalakan hp hingga benar - benar tidak ada air di dalamnya.
Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Ini Solusi untuk Handphone Kemasukan Air"

Berlangganan via Email