Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ingin Punya Banyak Visitor Loyal, Jawab Pertanyaan Ini!

Membangun blog memang bukan hal yang mudah, terlebih dengan visi mendapatkan banyak visitor. Untuk itu diperlukan strategi jitu serta teknik optimasi yang tepat. 

Meski demikian, rasa-rasanya setiap blogger sering melupakan satu hal, yakni alasan kenapa orang harus mengunjungi website atau blog mereka. Apa yang membuat para pengguna internet ataupun orang harus membaca konten mereka?

Pertanyaan sederhana tersebut sering terlupakan dan blogger tenggelam dalam aneka istilah SEO. Sebenarnya andaikan dicermati, formula pertanyaan di atas pada dasarnya adalah fondasi bagi upaya membangun blog.

Ada pengunjung yang mampir ke blog karena konten dari blog tersebut direkomendasikan oleh mesin pencari. Ada juga yang berkunjung karena tertarik dengan ringkasan artikel maupun gambar thumbnail dari artikel tersebut yang berseliweran di media sosial macam Facebook dan Twitter. 

Walau begitu, ada pula pengunjung yang kemudian tetap rutin mengunjungi blog tersebut, meski bukan karena rekomendasi mesin pencari. Mereka datang dengan kerelaaan dan memang mengetikkan alamat atau nama blog, bukan kata kunci dalam artikel. 

Tipe pengunjung yang kedua inilah yang sebenarnya juga harus diincar. Mereka adalah tipe yang loyal dan sudah tertarik dengan artikel-artikel lain yang disajikan oleh web tersebut. 

Mendapatkan visitor loyal
Mendapatkan visitor loyal

Masalahnya bagaimana cara mendapatkan tipe pengunjung seperti itu? Benar, yakni dengan memberikan konten-konten berkualitas sehingga mereka mendapatkan ilmu, hiburan atau hal lain yang bermanfaat. Bisa jadi mereka kagum dengan topik-topik yang diulas karena tergolong unik, atau memang ingin terus membaca konten-konten yang ada karena serasa ada kaitannya dengan hidup dan kepentingan mereka. 

Salah satu blog yang pernah (dan bahkan hingga sekarang masih) mendapatkan pembaca setia karena kualitas konten mereka adalah suatu blog yang rutin mengunggah cerpen-cerpen yang diterbitkan beberapa surat kabar tiap Sabtu atau Minggu. 

Ada juga blog yang mengulas tentang ulasan sepakbola atau pertikaian politik para politikus terbaru. Para pembacanya akan selalu penasaran, bagaimana sang penulis nantinya menyampaikan opininya. 

Tentu masih banyak lagi contoh blog yang demikian dengan aneka niche lainnya. Mereka terkenal, memiliki basis visitor yang loyal dan mungkin sekali alamat url-nya di-bookmark di kolom browser karena memang orang-orang selalu penasaran dengan konten-konten mereka. 

Jadi, apa jawaban Anda dari pertanyaan di atas, mengenai alasan orang-orang harus mengunjungi blog Anda? Jawablah dengan tindakan nyata, yakni segera memperbaiki atau meningkatkan kualitas konten. Jika berhasil, niscaya orang akan berulang kali mengunjungi blog Anda dan tak sabar membaca karya-karya Anda selanjutnya. Alhasil tujuan Anda untuk meningkatkan trafik blog bisa tercapai dan berhasil dengan baik. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

1 komentar untuk " Ingin Punya Banyak Visitor Loyal, Jawab Pertanyaan Ini!"

  1. Ternyata agar dapat pengunjung royal itu harus membuat artikel yang berkualitas ya kang.

    Memang sih, dengan artikel bagus dan berkualitas maka orang akan datang dengan sukarela, lain dengan pengunjung dari mesin pencari yang datang karena mencari informasi.

    BalasHapus