Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengelola Blog Agar Trafik Stabil

Mengelola blog bisa menjadi hal yang sangat melelahkan. Namun ketika sudah memutuskan menjadi seorang blogger, maka hal itu harus tetap dijalani. 

Banyak blogger yang bermunculan dewasa ini karena alasan ingin mendapatkan uang. Mencari blogger yang memang ingin membangun blog personal karena mau membagikan pengalaman, ide maupun ceritanya semakin langka. 

Jika tidak bukan karena mengincar cara menjadi publisher AdSense, mereka pada umumnya ingin mendapatkan pemasukan dari content placement ataupun affiliate

Apakah itu salah? Tentu saja tidak salah. Namun pendekatan yang diambil dalam rangka mengelola blog tentu saja berbeda. Blog personal seharusnya tidak perlu memikirkan SEO. Sedang mereka yang merupakan penerbit iklan CPM atau CPA, SEO adalah hal wajib karena dari sanalah sumber trafik. 

Dalam kesempatan kali ini, Catatan Adi akan berbagi cara umum untuk mengelola blog sehingga Anda mendapatkan trafik yang stabil. Semuanya akan dijelaskan secara runtut dan dengan bahasa yang sederhana. 

Pada umumnya ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Apa saja itu? Berikut ulasannya untuk Anda. 

Konten

Riset Konten

Buatlah konten yang berkualitas dan memang mengandung kata kunci yang dicari oleh pengguna internet. Jadi Anda harus melakukan riset keyword sebelum menulis konten. 

Konten yang lahir dari upaya riset mencari kata kunci akan jauh berpotensi menghasilkan banyak trafik daripada yang asal-asalan. 

Konsisten Menulis Konten

Dalam rangka untuk terus mempertahankan eksistensi blog dari persaingan dengan kompetitor, maka Anda wajib untuk terus menulis konten. Anda bisa menggunakan fitur penjadwalan penerbitan konten, sehingga bisa mengatur apakah akan menerbitkan artikel setiap hari, seminggu sekali atau sebulan sekali. 

Coba juga untuk melakukan ODOP alias one day one post. Ini juga cukup baik untuk menjaga agar semangat ngeblog tetap terjaga. 

Menjaga Kualitas Tulisan

Jangan kecewakan pembaca. Perbaharui skill menulis dan tingkatkan kemampuan Anda dengan membaca aneka tips menulis artikel yang keren. Ini adalah kunci utama yang penting. 

Cara Mengelola Blog Agar Trafik Stabil
mengelola blog

Promosi Konten

Media Sosial

Untuk bisa eksis dan terus mendapatkan trafik stabil, Anda juga harus melakukan promosi konten melalui sosial media. Sekarang hanya mengandalkan On Page SEO saja tidaklah cukup. Kompetisi semakin ketat.

Dengan melakukan promosi konten, maka trafik yang datang juga berpotensi semakin banyak. Tentu ini yang Anda harapkan bukan?

Blogwalking

Meski mungkin sudah semakin tidak efektif tetapi tidak ada salahnya Anda tetap melakukan blogwalking. Ini merupakan teknik lama yang bisa dipertimbangkan untuk dilakukan. Baca artikel kami tentang panduan lengkap cara blogwalking yang benar. 

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan. Selain itu Anda juga harus rutin menjaga agar hosting dan domain blog aman, karena jika tidak maka akan jadi bencana yang mengerikan. 

Terima kasih sudah membaca. 

Adi
Adi Saya adalah seorang penulis dan blogger yang sudah mendalami dunia blog sejak 2010. Saya menulis tentang banyak hal, seperti games, teknologi, filsafat, pendidikan, politik, fashion, olahraga, buku, kuliner, dll. Pernah mengikuti berbagai pelatihan dan kursus dari NGO maupun pemerintah.

Posting Komentar untuk "Cara Mengelola Blog Agar Trafik Stabil"