Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Permasalahan yang Sering Dialami Ketika Membangun Blog

Membangun blog sama halnya dengan membangun sebuah perusahaan, harus punya perencanaan yang bagus serta strategi yang tepat. Meski terlihat simpel, namun nyatanya ada banyak masalah yang dialami oleh para bloger dalam upayanya mengelola blog. 

Menganalisa setiap masalah yang mungkin akan datang adalah tindakan bijak, karena dengan hal itu nantinya bisa didapatkan solusi yang pas sehingga kemampuan dalam mengelola blog juga meningkat.

Permasalahan-permasalahan ketika membuat blog dari awal sampai menghasilkan ini bisa saja berbeda antara satu orang dengan yang lain, meski demikian tetap saja mengetahui berbagai jenis problematika dalam menjalankan sebuah situs tetaplah hal yang penting. 

masalah dalam mengelola blog
masalah dalam mengelola blog


Pengetahuan Dasar Bloging

Masalah utama adalah terkait pengetahuan dasar dalam menjalankan blog. Hal ini biasa terjadi untuk mereka yang memang benar-benar bloger pemula sehingga kesulitan dalam mengatur setting blog supaya bisa berjalan dengan maksimal.

Kesalahan ini meliputi : 

  • pemilihan template
  • pengaturan robot txt, ads txt, visibilitas
  • memahami beberapa istilah dasar bloging

Sebenarnya permasalahan di atas sangat mudah untuk dipecahkan. Satu hal yang diperlukan adalah menambah jam terbang dengan cara langsung praktek menulis blog serta mempelajari berbagai panduan yang tersebar di internet.

Permasalahan Pengaturan Tampilan Blog

Semua blog membutuhkan template. Seorang bloger bisa saja menggunakan template versi gratis yang sudah disediakan ataupun membelinya. Jika memang memahami bahasa pemrograman, membuat template sendiri juga adalah pilihan yang tepat.

Namun untuk bloger pemula, mereka bisa saja terjebak dalam tiga hal berikut ini : 

  1. Memilih template asal-asalan dan gagal dalam mengatur tampilan template sehingga blog terlihat berantakan. Blog yang terlihat jelek, meski tulisan bagus, tetap akan mengurangi potensi untuk bisa berkembang dengan baik. 
  2. Menghabiskan waktu dalam memilih dan mengatur template, sehingga melupakan hal yang jauh lebih penting yakni memproduksi konten. 
  3. Bergonta-ganti template yang jelas akan membuat mesin pencari kesulitan melakukan crawling. Alhasil blog menjadi sepi pembaca karena banyak artikel yang bernilai SERP rendah. 

Itulah tiga hal utama yang paling sering dialami oleh para bloger pemula. Fase seperti ini wajar namun andai sudah membaca banyak literatur tentang membuat blog, problematika seperti di atas tentu bisa dihindari. 

Terburu-buru Mendaftar Google AdSense

Tentu saja membuat blog menjadi lahan uang adalah sesuatu yang diidam-idamkan oleh semua narablog. Namun karena terpacu dan terpengaruh oleh tutorial abal-abal, akhirnya banyak yang tidak membaca panduan komunitas resmi maupun syarat menjadi publisher yang sudah dikeluarkan oleh Google. Alhasil yang didapat adalah penolakan semata. 

Mencari Alternatif Google AdSense

Harus diakui bahwa Google AdSense adalah cara menghasilkan uang paling legit diantara yang lain. Meski demikian, jika karakter dan strategi dari seorang bloger ternyata tidak cocok dengan rules yang sudah ditetapkan Google, harusnya bisa mencari alternatif lainnya. 

Ada banyak cara menghasilkan uang dari blog selain AdSense. Inilah jebakan terbesar para bloger. Mereka terlalu terpaku pada AdSense dan ketika gagal akhirnya memilih mundur dari dunia blog. 

Writer's Block

Permasalahan lainnya adalah tentang proses menulis blog. Seorang narablog harusnya menulis blog, bukan hanya membeli artikel. Karena pada dasarnya itulah inti dari bloging.

Namun dalam perjalanan selanjutnya menjaga konsistensi menulis bukan hal yang mudah. Sering sekali otak menjadi buntu dan pada akhirnya kesulitan menulis artikel berkualitas.

Jika memang mengalaminya, semua ada solusinya. Baca artikel tentang cara mengatasi writer's block yang memang menghantui para penulis produktif, baik pemula maupun yang sudah profesional. 

Gagal Memenuhi Ekspektasi

Seorang bloger kadang memiliki ekspektasi berlebihan namun tidak dibarengi dengan usaha nyata yang tepat. Misal, ingin membangun blog yang sukses seperti Panduan IM, tetapi malas membuat konten bermutu, enggan melakukan SEO Off Page dan bahkan sering melakukan hal-hal yang tidak diperbolehkan Google.

Ekspektasi yang tinggi harus dibarengi dengan usaha nyata. Lelah sudah pasti tetapi kesuksesan setelahnya adalah hal yang akan didapatkan. 

Optimasi Berlebihan

Ini yang mengerikan. Melakukan optimasi berlebihan karena terpaku pada tutorial yang tidak bertanggung jawab namun akhirnya blog menjadi tenggelam dan terkena banned Google. 

Jangan lakukan hal tersebut. Menulis tanpa mempelajari kaidah SEO adalah buruk tetapi masih jauh lebih baik daripada melakukan optimasi berlebihan yang tentu menguras energi, uang, waktu namun hasilnya mengecewakan. Alhasil blog menjadi jelek dan karir blogerpun berpotensi tamat. 

Optimasi berlebihan meliputi spam ke sosial media, membeli jasa menaikkan skor metrik tertentu hingga membeli tools-tools yang sebenarnya tidak dibutuhkan. 

Bloging Berlebihan

Segala yang berlebihan itu tidak baik. Termasuk ngeblog. Jangan sampai mengorbankan hal-hal berharga di dunia nyata hanya karena terpancing ingin kaya dari blog. Sebuah artikel berjudul jangan korbankan 4 hal ini akan memberi wawasan yang cukup baik mengenai hal ini. 

Masalah Teknis

Ada juga berbagai masalah seputar hal teknis, seperti mengatasi related post tidak muncul, blog lambat loading, navigasi kacau hingga thumbnail kecil. Semua itu bisa diatasi asal telaten membaca berbagai referensi dari internet. 

*****

Banyak orang yang akhirnya gagal dan berhenti ngeblog. Ini biasanya terjadi di kalangan bloger yang mengelola blog karena semata ingin kaya mendadak. Namun setelah semua kerja mereka tidak mendapatkan hasil instan, merekapun banting stir. Ada bloger yang pindah menjadi youtuber ataupun menjual blognya. 

Semoga semua itu tidak terjadi pada Anda, pembaca setia Catatan Adi. Atau anda juga bisa membaca perjalanan dan perkembangan Catatan Adi sebagai sebuah blog personal. Sukses selalu untuk Anda. Salam perjuangan!

Adi
Adi Saya adalah seorang penulis dan blogger yang sudah mendalami dunia blog sejak 2010. Saya menulis tentang banyak hal, seperti games, teknologi, filsafat, pendidikan, politik, fashion, olahraga, buku, kuliner, dll. Pernah mengikuti berbagai pelatihan dan kursus dari NGO maupun pemerintah.

Posting Komentar untuk "Permasalahan yang Sering Dialami Ketika Membangun Blog"