Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Hal yang Harus Segera Dilakukan Sedari Dini

Penyesalan selalu datang di akhir, karena kalau di awal namanya pendaftaran. Dalam rangka menghindari penyesalan berkepanjangan, ada beberapa hal dalam hidup ini yang harus segera dilakukan.

Adapun latar belakang penyesalan bisa bermacam-macam, misalnya menyesal karena tidak merencanakan keuangan dengan baik, menyesal karena selama ini memiliki gaya hidup tidak sehat atau menyesal karena terjebak dalam hubungan toksik yang menyiksa hati.

Supaya tidak menyesal, ada 10 hal yang harus dilakukan sesegera mungkin dalam hidup ini. Apa sajakah itu? 

tips agar tidak menyesal
tips agar tidak menyesal


Berinvestasi

Sering sekali orang baru menyadari pentingnya investasi ketika sudah tua atau pensiun. Padahal investasi sangat terkait dengan waktu. Semakin awal berinvestasi maka semakin baik.

Meski demikian, melakukan investasi tidak boleh sembarangan. Ada ilmu dan panduan yang harus diikuti, misalkan memilih instrumen dan jangka investasi yang tepat. 

Mulailah untuk berinvestasi sedari dini agar hasil atau keuntungan yang didapatkan bisa lebih maksimal. Tentu saja sebelum berinvestasi, bacalah panduan melakukan investasi dengan benar agar memiliki hasil yang optimal. 

Menyusun Rencana Jangka Panjang

Setiap orang seharusnya punya rencana jangka panjang terkait karir, keuangan, hubungan asmara, pendidikan atau yang lainnya. Dengan adanya rencana ini, hidup jadi lebih terarah. 

Misalkan sepuluh tahun ke depan ingin menikah, lima tahun dari sekarang harus sudah menjadi manager dan memiliki rumah sendiri. Rencana-rencana ini, terlebih bila dibuat dengan detail dan dilengkapi strategi yang tepat, akan membuat hidup jauh lebih tertata. 

Berolahraga

Olahraga adalah sesuatu yang penting. Banyak orang baru menyesal ketika sakit atau punya masalah berat badan. Untuk itu penting sekali mulai menumbuhkan kebiasaan berolahraga sedari dini dan mempertahankannya menjadi sebuah gaya hidup. 

Menjalin Relasi

Salah satu faktor penunjang kesuksesan adalah relasi yang baik. Mulai membangun jaringan sejak dini tentu akan membuat fondasi yang bagus, baik untuk karir ataupun hubungan sosial. Sebaliknya, meremehkan pentingnya jejaring sosial dan relasi akan berakibat pada penyesalan. 

Membuat Personal Branding Via Media Sosial

Media sosial adalah sesuatu yang sudah melekat dalam diri masyarakat modern. Namun sayangnya banyak orang belum mengetahui pentingnya kekuatan dari media sosial. Membangun branding atau citra yang positif melalui media sosial sejak dini akan menunjang kesuksesan di banyak bidang, termasuk mencegah hadirnya penyesalan di masa depan. 

Menjauhkan Diri Dari Lingkungan Toksik

Manusia adalah makhluk sosial. Hal tersebut adalah sebuah fakta yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun sayangnya, banyak orang tidak sadar dirinya terjebak dalam lingkungan sosial yang toksik, seperti bergabung dengan kelompok yang suka menghamburkan waktu dan uang. 

Sebelum semua terlambat dan penyesalan berkepanjangan datang, maka sangat penting untuk segera keluar dari lingkungan yang toksik dan mulai berkumpul dengan orang-orang yang positif. 

Menabung

Menabung adalah salah satu bentuk kecerdasan di bidang finansial. Semua orang butuh dana darurat. Semua orang butuh tabungan untuk mewujudkan mimpinya. Mulailah menabung sebelum menyesal. Sedailah payung sebelum hujan. 

Belajar Lebih Tekun

Banyak orang menyesal karena menyia-nyiakan waktu ketika usia muda, salah satunya karena malas belajar. Apapun itu, belajar adalah tindakan positif yang akan memberikan keuntungan besar di masa depan, baik secar akademis maupun non-akademis. 

Melakukan Impian dan Obsesi 

Jangan sampai menyesal karena tidak punya waktu untuk melakukan hal yang dari dulu ingin dilakukan. Apapun itu, termasuk melancong ke luar negeri, membeli mobil baru, mengukuti kelas dansa ataupun membangun kebun impian. 

Manusia tidak selamanya dianugerahi fisik yang kuat. Ketika tua, akan banyak sekali tantangan untuk melakukan hobi maupun cita-cita. Sebelum semua terlambat, lakukan selagi bisa. 

Berkontribusi Bagi Kemanusiaan

Ingin menyumbang tapi selau menunda? Jangan lakukan itu atau nantinya akan datang penyesalan. Lakukan kebaikan selagi bisa dan mampu. Menunda melakukan hal baik sekarang sama saja menambah penyesalan di masa depan. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "10 Hal yang Harus Segera Dilakukan Sedari Dini"

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pilihan Hari Ini