Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Negara Berpenduduk Buddha Terbesar di Dunia

Buddha adalah salah satu agama tertua dan masih bertahan hingga hari ini. Bahkan di beberapa belahan dunia terdapat negara-negara dengan populasi penduduk penganut Buddha yang cukup banyak. 

Meski berkembang luas, khususnya di Asia Timur dan Indocina, namun sejatinya agama Buddha lahir di India. Di negeri itu juga lahir agama-agama dharmik lainnya, seperti Hindu dan Sikh.

Saat ini ada cukup banyak umat Buddha di seluruh dunia. Namun sebagian terkonsentrasi di beberapa negara sehingga seolah-olah terbentuk apa yang disebut negara Buddhis.

10 Negara Berpenduduk Buddha Terbanyak

Agama Buddha
Agama Buddha

Cina 

Meski merupakan salah satu negara komunis terakhir di dunia, nyatanya ada ratusan juta orang Cina yang menganut berbagai agama. Salah satu yang terbesar tentu saja Buddha.

Ajaran Buddhisme telah mengakar kuat di Cina dan mengalami akulturasi dengan ajaran filsafat serta budaya lokal. Saat ini ada sekitar 244 juta lebih warga Tiongkok yang menjadi pengikut ajaran Siddharta Gautama. 

Thailand

Di Asia Tenggara, Buddhisme juga berkembang cukup pesat, salah satunya di Thailand. Di negeri ini, ajaran yang lahir di India tersebut diterima luas oleh khalayak termasuk juga leluhur raja-raja Thailand. Ada sekitar 64 juta penganut Buddha, khususnya dari mazhab Theravada.

Jepang

Selain Shinto dan kini Kristen, masyarakat Jepang juga sangat terbuka terhadap ajaran Buddha, yang kemungkinan mereka dapatkan dari hubungan dengan Cina di masa lalu. Jumlah penduduk Buddha di Jepang mencapai 45 juta lebih penduduk. 

Myanmar

Myanmar juga bisa dibilang sebagai salah satu negara dengan pengaruh Buddha yang kuat, meski negeri itu pada hakikatnya memiliki komposisi penduduk yang beragam secara etnis dan agama. 

Srilanka 

Ada dua suku besar di Srilanka, yakni Sinhala dan Tamil. Mayoritas orang Sinhala beragama Buddha Theravada yang menjadikan negeri tetangga India itu menjadi negara dengan 70% penduduknya menganut Buddhisme. 

Vietnam

Vietnam adalah sebuah negara sosialis yang menjunjung tinggi nilai-nilai marxisme. Meski demikian, ajaran Buddha juga sudah tertanam cukup dalam di sana. Ada sekitar 16% penduduk negeri itu yang menjadi penganutnya. 

Kamboja

Daftar ini kembali diisi oleh negara dari kawasan Indocina, yakni Kamboja. Tidak hanya pemerintahannya, rakyat Kamboja juga menganut ajaran dari Siddharta Gautama tersebut. 

Korea Selatan 

Meski hanya ada 11 juta umat Buddha di Korea, tetapi itu berarti di atas 20 persen total penduduk. Maka jangan heran negeri ini mendapat pengaruh kuat dari ajaran yang lahir di Asia Selatan itu. 

India 

India adalah negara dengan populasi Hindu terbesar di dunia. Meski demikian, ada sekitar 9 juta lebih warga yang menjadi pemeluk Buddha. 

Malaysia

Negara dengan jumlah penduduk Buddha terbanyak di dunia nomor 10 adalah Malaysia. Jumlah orang Buddha di negeri Jiran itu sekitar hampir 20%, atau lima juta penduduk lebih. Mayoritas memang dari etnis Cina. 

Tabel Negara Berpenduduk Buddha Terbesar 


Negara Berpenduduk Buddha Berdasarkan Persentase

Sedangkan jika dilihat dari persentase total jumlah penduduk, maka urutan dan daftarnya akan sedikit berbeda. 

  1. Kamboja ( 96.9%)
  2. Thailand (  93.2%)
  3. Myanmar ( 87.9%)
  4. Bhutan ( 74.7%)
  5. Srilanka ( 69.3%)
  6. Laos ( 66.1%)
  7. Mongolia ( 55.1%)
  8. Jepang ( 36.2%)
  9. Singapura ( 33.9%)
  10. Korea Selatan ( 22.9%)

Sumber : 

  • Budhazine
  • Wikipedia
  • World Population Review

*******

Indonesia pernah menjadi negara dengan jumlah penduduk Buddha yang sangat besar, terbukti dengan adanya kerajaan-kerajaan bercorak Buddha, seperti Sriwijaya atau Melayu Dharmasraya. Di Cina, jumlah orang yang menganut agama maupun tidak juga sama besarnya. Sedangkan di Barat, jumlah orang yang tidak percaya Tuhan juga semakin besar. Baca ulasannya di Mengapa orang memilih untuk menjadi ateis?

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Negara Berpenduduk Buddha Terbesar di Dunia"

Artikel Pilihan Hari Ini

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label